Comscore Tracker

6 Gelandang Serang Termahal di Liga Inggris, De Bruyne Teratas!

Jadi aset berharga di lini tengah!

Gelandang serang merupakan salah satu posisi yang cukup penting di dalam sebuah formasi sepak bola. Mereka bertugas membantu para penyerang dalam memberi umpan jitu guna mencetak gol. Itu sebabnya, mereka biasanya mampu mengumpulkan lebih banyak assist dibandingkan pemain lain dalam tim. 

Bicara mengenai posisi tersebut, Liga Inggris punya banyak gelandang serang yang hebat berkelas dunia. Maka tak heran, enam teratas dari daftar gelandang serang paling berharga saat ini dipenuhi oleh para pemain dari kompetisi kasta teratas di Inggris. Daripada penasaran, berikut ulasan lengkap enam daftarnya.

1. Kevin De Bruyne (Rp1,68 Triliun)

6 Gelandang Serang Termahal di Liga Inggris, De Bruyne Teratas!Potret gelandang serang termahal saat ini, Kevin De Bruyne (premierleague.com)

Manchester City punya gelandang serang berkelas internasional, siapa lagi kalau bukan Kevin De Bruyne. Pemain asal Belgia satu ini memiliki ketajaman insting yang kuat. Itulah mengapa ia menjadi salah satu pemain kepercayaan Pep Guardiola di lini depan.

Kevin De Bruyne sudah mengumpulkan 107 assist dari 263 pertandingan untuk The Citizen di semua kompetisi yang dilakoninya. Untuk keseluruhan dalam kariernya, pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut telah menorehkan 191 assist. Jadi sangat pantas De Bruyne dihargai 100 juta euro (sekitar Rp1,68 triliun) di pasar transfer saat ini.

2. Bruno Fernandes (Rp1,5 Triliun)

6 Gelandang Serang Termahal di Liga Inggris, De Bruyne Teratas!Potret Bruno Fernandes (manchestereveningnews.co.uk)

Beruntung Manchester United merekrut Bruno Fernandes di tengah kekacauan klub. Talenta asal Portugal satu ini menggila usai bergabung dengan Setan Merah pada musim dingin 2020 lalu. Bagaimana tidak, hanya dalam 84 penampilan, Bruno sudah mampu mencetak 44 gol dan 25 assist untuk Setan Merah.

Saat ini, Fernandes ber-market value sebesar 90 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun. Hal itu sebanding dengan kelihaiannya dalam menciptakan peluang di lapangan. Terlebih kini ia bermain bersama rekan setimnya di Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. Mereka bisa jadi duo maut paling menakutkan di Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Rumor Transfer yang Tak Kunjung Terjadi hingga Akhir Bursa Transfer

3. Mason Mount (Rp1,26 Triliun)

6 Gelandang Serang Termahal di Liga Inggris, De Bruyne Teratas!Potret pemain muda Chelsea, Mason Mount (thesun.co.uk)

Mason Mount merupakan talenta muda jebolan dari akademi Chelsea. Di usianya yang masih 22 tahun, bakat Mount terus berkembang tajam. Di awal September lalu, dirinya ikut dipanggil Gareth Southgate untuk tampil dalam tiga laga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 membela Timnas Inggris.

Gelandang serang berdarah Inggris tersebut menjadi salah satu pemain berharga mahal. Ia bernilai 75 juta euro atau sekitar Rp1,26 triliun di pasar transfer saat ini. Untuk statistik, Mount telah menorehkan 17 gol dan 16 assist dari 111 laga yang dijalaninya bersama The Blues sejak debut di tim utama pada 2019 lalu.

4. Kai Havertz (Rp1,26 Triliun)

6 Gelandang Serang Termahal di Liga Inggris, De Bruyne Teratas!Kai Havertz bermain untuk Chelsea (twitter.com/LDNFootbalI)

Satu lagi gelandang serang milik Chelsea, Kai Havertz, yang juga masih berusia 22 tahun. Beda dengan Mount, Havertz justru datang dari Jerman ke Liga Inggris pada musim panas 2020. Saat itu ia memecahkan rekor transfer sebagai rekrutan termahal Chelsea (80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun).

Havertz berkarier cukup sukses di klub sebelumnya, Bayer Leverkusen dengan 46 gol dan 31 assist dari 150 penampilan. Namun ia belum bisa memberikan hasil yang maksimal untuk The Blues, bahkan setelah 50 laga yang dilakoninya di semua kompetisi.

5. Bernardo Silva (Rp1,26 Triliun)

6 Gelandang Serang Termahal di Liga Inggris, De Bruyne Teratas!Bernardo Silva (eurosport.com)

Memang tak sedikit pemain berdarah Portugal yang sukses merumput di Liga Inggris. Selain Bruno Fernandes, Bernardo Silva juga merupakan gelandang serang yang saat ini bernilai mahal. Sama dengan Havertz, pemain berusia 27 tahun ini dibanderol senilai 70 juta euro (sekitar Rp1,26 triliun) di pasar transfer.

Bernardo Silva sudah cukup lama berada di Inggris. Ia pertama kali datang pada 2017 dari Monaco ke Manchester City. Selama empat tahun berkarier, Silva telah menyumbangkan 36 gol dan 44 assist dalam 205 pertandingan yang ia jalani bersama The Citizen.

6. James Maddison (Rp925 Miliar)

6 Gelandang Serang Termahal di Liga Inggris, De Bruyne Teratas!James Maddison (forbes.com)

James Maddison berada di posisi ke-6 dalam daftar top valuable gelandang serang saat ini. Ia bernilai pasar mencapai 55 juta euro (sekitar Rp925 miliar).

Menilik statistiknya di Leicester City, Maddison punya koleksi 27 gol dan 20 assist dari 123 yang telah ia lakoni sejak bergabung pada 2018. Rumor terbaru yang mengaitkannya dengan Arsenal secara tegas telah ditepis oleh manajer klub, Brendan Rodgers.

 

Sebagai kompetisi paling penomenal, Liga Inggris memang dipenuhi banyak bintang bernilai mahal. Jadi gak heran, 6 teratas dari top valuable gelandang serang saat ini dipenuhi oleh para talenta di Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Bek yang Bisa Bermain sebagai Gelandang, Ada Pemain Baru Real Madrid

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya