6 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Sejak 2020, Ederson Terbaik!

Berkontribusi signifikan di lini belakang

Penjaga gawang merupakan aktor utama di balik kekuatan lini belakang sepak bola. Mereka punya tugas yang cukup berat. Sebab, jika kebobolan, biasanya para kiper yang paling bertanggung jawab. Untuk itu, setiap klub punya lebih dari satu kiper.

Kiper terbaik akan jadi pemain utama, bukan sekadar pelapis semata. Mereka mengemban tugas berat di bawah kepercayaan pelatih. Ederson masih yang terbaik, berikut lima kiper dengan clean sheet terbanyak sejak 2020.

1. Ederson Moraes (37 Clean Sheet)

6 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Sejak 2020, Ederson Terbaik!potret Ederson (twitter.com/edersonmoraes93)

Liga Inggris bukan sembarang kompetisi, melainkan ajang pembuktian setiap pemain berbakat. Ederson Moraes salah satunya. Meskipun berasal dari luar Inggris, yakni kelahiran Brasil, ia bisa masuk dalam persaingan dengan mudah. 

Ederson datang dari Benfica ke Manchester City pada tahun 2017. Terhitung sejak 2020, dirinya menguasai statisik dengan mengumpulkan 47 clean sheet dari 88 penampilan di semua kompetisi, termasuk di laga internasional bersama Timnas Brasil.

2. Edouard Mendy (43 Clean Sheet)

6 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Sejak 2020, Ederson Terbaik!potret Edouard Mendy (twitter.com/chelseafc_indo)

Kiper lainnya, saingan Ederson di Liga Inggris, Edouard Mendy, juga muncul dalam statistik ini. la berhasil menyapu bersih 43 pertandingan dari 79 penampilan untuk Stade Rennais, Chelsea, dan tim nasional Senegal di semua kompetisi, termasuk laga internasional sejak 2020.

Kiper yang sebenarnya kelahiran Prancis ini diboyong oleh The Blues pada musim panas 2020 lalu. Mendy bersaing ketat dengan Kepa Arrizabalaga dalam memperebutkan posisi utama di Stamford Bridge. Namun, awal musim ini, ia tampil lebih apik dengan torehan 9 clean sheet dari 13 penampilan di Liga Inggris dan Liga Champions.

Baca Juga: 5 Pemain Top Premier League yang Belum Pernah Main di Liga Champions

3. Jan Oblak (43 Clean Sheet)

6 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Sejak 2020, Ederson Terbaik!potret Jan Oblak (twitter.com/atletienglish)

Jan Oblak punya karisma yang luar biasa sebagai kiper utama untuk Atletico Madrid. Dia telah mengabdi selama kurang lebih tujuh tahun sejak bergabung pada 2014 silam. Oblak disebut sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di dunia saat ini.

Dihitung sejak 2020, Oblak telah menorehkan 43 clean sheet dari 97 penampilan di semua kompetisi. Dan faktanya, pemain berusia 28 tahun ini merupakan salah satu kiper termahal di dunia, yang memiliki harga mencapai 70 juta euro atau sekitar Rp1,16 triliun.

4. Bono (42 Clean Sheet)

6 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Sejak 2020, Ederson Terbaik!potret Bono (instagram.com/bounouyassine_bono)

Yassine Bounou atau yang lebih dikenal dengan nama Bono, merupakan pemain asal Maroko yang saat ini berkarier di Spanyol. Setelah menjalani semusim masa pinjaman di Sevilla, ia baru menandatangani kontrak permanen pada musim panas 2020.

Mantan pemain Atletico Madrid dan Girona ini telah mengumpulkan 42 clean sheet terhitung sejak 2020. Semua dilakukannya di semua kompetisi dalam 76 penampilan untuk Sevilla dan tim nasional Maroko.

5. Thibaut Courtois (42 Clean Sheet)

6 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Sejak 2020, Ederson Terbaik!potret Thibaut Courtois (twitter.com/thibautcourtois)

Bakat asal Belgia, Thibaut Courtois, juga mampu mengumpulkan 42 clean sheet selama hampir dua tahun terakhir. Ia menorehkan catatan tersebut untuk Real Madrid dan Timnas Belgia di semua kompetisi, termasuk laga internasional. 

Pemain 29 tahun ini bergabung dengan El Real pada 2018. Statistiknya cukup apik sejauh ini. Courtois telah berhasil menyapu bersih 57 pertandingan dalam 144 penampilan di semua kompetisi.

Itu dia para kiper jagoan Eropa, yang telah mengumpulkan banyak clean sheet selama hampir dua tahun terakhir. Ada jagoanmu di sini?

Baca Juga: 5 Pemain Top Premier League yang Belum Pernah Main di Liga Champions

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya