Comscore Tracker

7 Pencetak Gol Terbanyak di 5 Liga Top Eropa dan Ajang UEFA Tahun Ini

Geser Ronaldo dan Messi, Lewandowski teratas

Mencetak gol menjadi rutinitas para pemain sepak bola, terutama bagi striker. Maka dari itu, setiap gol yang tercipta dari kaki para bintang moncer akan dicatat di papan top skor. Persaingan antar pemain pun semakin ketat.

Setiap musim dan setiap tahun kalender, selalu ada yang menarik dalam daftar top skor. Nah menuju akhir tahun, siapa yang sekarang memuncaki daftar tersebut? Berikut tujuh nama bintang pencetak gol terbanyak di lima liga top Eropa dan di ajang UEFA tahun 2021.

1. Robert Lewandowski (35 Gol)  

7 Pencetak Gol Terbanyak di 5 Liga Top Eropa dan Ajang UEFA Tahun IniPotret Robert Lewandowski saat melakukan selebrasi (eurosport.com)

Robert Lewandowski terus membayang-bayangi rekor legena hidup, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Tahun ini pun ia suskes jadi raja gol di papan top skor. Pemain berdarah Polandia satu ini berhasil membungkus 35 gol dari 26 penampilan.

Lewandowski juga baru memecahkan rekor, di mana ia mampu mencetak gol di setiap pertandingan Bundesliga yang dijalaninya (13 laga) secara berturut-turut. Rekor tersebut didapat saat dirinya menyumbang satu gol dalam kemenangan 7-0 menghadapi Bochum.

Tidak hanya itu, Robert Lewandowski baru saja dianugerahi sepatu emas. Itu karena ia telah mencetak 41 gol musim lalu, menjadi yang terbanyak di sepanjang musim 2020/2021.

2. Erling Haaland (29 Gol)  

7 Pencetak Gol Terbanyak di 5 Liga Top Eropa dan Ajang UEFA Tahun IniErling Haaland (fourfourtwo.com)

Bocah ajaib asal Norwegia, Erling Haaland, menjadi ancaman baru di sepak bola Eropa. Di Bundesliga awal musim ini, Haaland sudah mencetak 7 gol dan 4 assist hanya dalam 5 pertandingan saja. Ia menyaingi Lewandowski untuk jadi top skorer di kompetisi kasta teratas Jerman tersebut.

Bahkan Haaland berada di urutan kedua sebagai pencetak gol terbanyak tahun ini. Pemain berusia 21 tahun tersebut telah mengumpulkan 29 gol yang dihitung dari bulan Januari dengan 30 penampilan di semua kompetisi. Dan sampai bulan Desember, tentu saja ia akan terus menambah catatan golnya.

Baca Juga: 5 Pemain yang Sudah Mendekati Total Seribu Pertandingan, Ada Messi!

3. Lionel Messi (25 Gol) 

7 Pencetak Gol Terbanyak di 5 Liga Top Eropa dan Ajang UEFA Tahun IniPotret Lionel Messi (90min.com)

Lionel Messi belum juga tampil maksimal di Paris Saint-Germain seperti yang diharapkan oleh para penggemar. Baru-baru ini namanya berada di halaman depan media masa. Itu disebabkan oleh kejadian ketika dirinya memasang wajah kesal saat ditarik keluar oleh Mauricio Pochettino di tengah berlangsungnya pertandingan.

Namun Messi enggan menyerah. Nama La Pulga tetap ada di daftar top skor sepanjang tahun 2021. Ia telah menorehkan 25 gol dari 26 laga yang semuanya untuk Barcelona, sebab dirinya sama sekali belum mencetak gol untuk Les Parisiens sejak debut pada 29 Agustus lalu.

4. Kylian Mbappe (25 Gol) 

7 Pencetak Gol Terbanyak di 5 Liga Top Eropa dan Ajang UEFA Tahun IniPotret gaya selebrasi Kylian Mbappe di lapangan (90min.com)

Sama dengan Messi, Kylian Mbappe, yang sudah menjadi mesin gol Paris Saint-Germain sejak 2018 juga tercatat telah menorehkan 25 gol tahun ini. Mbappe mencetak gol tersebut dalam 31 penampilan di semua kompetisi bersama Les Parisiens.

Tak mau tergeser oleh keberadaan Messi di tim, awal musim ini Mbappe tampil moncer. Bintang muda berusia 22 tahun tersebut jadi top skorer Ligue 1 dengan koleksi 4 gol dan 3 assist dari 7 laga yang dilakoninya bersama Paris Saint-Germain.

5. Karim Benzema (25 Gol) 

7 Pencetak Gol Terbanyak di 5 Liga Top Eropa dan Ajang UEFA Tahun IniPotret Karim Benzema di tengah lapangan (twitter.com/MirrorFootball)

Karim Benzema merupakan salah satu pemain berusia matang yang masih moncer di lapangan. Di usianya yang sudah menginjak 33 tahun, tahun ini Benzema sudah mengoleksi 25 gol dari 32 penampilan dengan rata-rata 115 menit per gol.

Pemain asal Prancis tersebut sudah membela Real Madrid sejak Juli 2009, dan kontraknya masih bertahan hingga Juni 2023 mendatang. Catatan awal musim yang luar biasa, di mana Benzema telah mencetak 8 gol dan 7 assist hanya dalam 6 pertandingan di La Liga untuk El Real.

6. Gerard Moreno (22 Gol) 

7 Pencetak Gol Terbanyak di 5 Liga Top Eropa dan Ajang UEFA Tahun IniPotret Gerard Moreno di final Liga Eropa (twitter.com/EuropaLeague)

Gerard Moreno merupakan penyerang tengah termoncer milik Villarreal. Selain itu, ia juga tampil bagus bersama Timnas Spanyol. Bintang berusia 29 tahun tersebut jadi pusat perhatian saat mencetak gol di partai final Liga Eropa musim lalu saat menghadapi Manchester United, Kamis (27/5/2021).

Moreno mengakhiri musim 2020/2021 dengan sangat baik, ia jadi pencetak gol terbanyak di Villarreal dengan raihan 30 gol. Untuk tahun ini sendiri, pemain asli Spanyol tersebut telah mengoleksi 22 gol yang dicetaknya dari 32 penampilan.

7. Cristiano Ronaldo (21 Gol) 

7 Pencetak Gol Terbanyak di 5 Liga Top Eropa dan Ajang UEFA Tahun IniPotret Cristiano Ronaldo saat debut bersama Manchester United (bbc.com)

Raja gol, Cristiano Ronaldo, kali ini berada cukup jauh dari yang lain. Tahun 2021 ini ia berada di posisi ke tujuh dengan torehan 21 gol yang dicetaknya dari 30 pertandingan. Namun ini baru bulan September, CR7 bisa menambah koleksinya hingga Desember untuk mengejar ketertinggalan.

Bukan sekadar omong kosong, sejauh ini tampil bersama Manchester United, Ronaldo sudah mencetak 4 gol dari 4 penampilan di Liga Inggris dan Liga Champions. Jadi bukan tidak mungkin, di akhir tahun dirinya bisa menguasai papan top skor.xx

Itu dia tujuh pencetak gol terbanyak di 5 liga top Eropa dan di ajang UEFA, yang meliputi Liga Champions dan Liga Eropa tahun ini. Daftar di atas dihitung dari bulan Januari sampai sekarang. Kira-kira siapa yang akan finish dengan gol terbanyak di akhir tahun?

Baca Juga: Hujan Gol! 6 Laga Premier League dengan Jumlah Gol Terbanyak

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya