Comscore Tracker

5 Rekrutan Liga Inggris Termahal dalam Sejarah, Ada Tiga Rekor Anyar!

Grealish, Lukaku, dan Sancho pecahkan rekor baru! 

Meskipun pandemi tak kunjung usai, jual beli pemain di musim panas 2021/2022 tetap gencar dilakukan. Musim transfer memang selalu menarik untuk diikuti, terlebih di Liga Inggris yang merupakan kompetisi paling banyak disorot. Mengejutkan, beberapa transfer terjadi tanpa diduga dan menambah catatan baru dalam sejarah sepak bola. Dan berikut lima rekrutan Liga Inggris termahal dalam sejarah.

1. Jack Grealish dari Aston Villa ke Manchester City (117,5 Juta Euro atau Rp1,98 Triliun)

5 Rekrutan Liga Inggris Termahal dalam Sejarah, Ada Tiga Rekor Anyar!Jack Grealish (manchestereveningnews.co.uk)

Dalam beberapa musim terakhir, Jack Grealish menjadi salah satu pemain yang paling banyak diincar oleh klub-klub besar. Dari persaingan ketat, akhirnya Manchester City yang berhasil meminang sang pemain dari Aston Villa dengan nilai yang fantastis.

Grealish direkrut dengan harga 117,5 juta euro (Rp1,98 triliun) oleh The Blues. Pemain kelahiran 10 September 1995 tersebut langsung memecahkan rekor transfer. Ia menjadi pembelian termahal Man City, sekaligus rekrutan termahal dalam sejarah Liga Inggris menggeser rekor Paul Pogba saat kembali ke Manchester United dari Juventus.

2. Romelu Lukaku dari Inter Milan ke Chelsea (115 Juta Euro atau Rp1,94 Triliun)

5 Rekrutan Liga Inggris Termahal dalam Sejarah, Ada Tiga Rekor Anyar!Romelu Lukaku resmi kembali ke Chelsea (theguardian.com)

Romelu Lukaku pertama kali berkarier di Chelsea pada musim 2011/2012 sampai dengan 2013/2014. Ia sempat berseragam Everton (2014/2015 - 2017/2018) dan Manchester United (2017/2018 - 2019/2020). Kemudian dirinya berpetualang ke Inter Milan pada musim 2019/2020.

Usai merasa puas berkarier selama dua musim di Serie A bersama Inter Milan, kini Lukaku kembali menginjakkan kaki di Liga Inggris. Pemain asal Belgia tersebut pulang ke klub lama, yakni Chelsea dengan nilai transfernya mecapai 115 juta euro (Rp1, 94 triliun). Ia sepakat menandatangani kontrak berdurasi lima tahun atau sampai 30 Juni 2026.

Baca Juga: 5 Klub Liga Inggris Paling Boros Selama Bursa Transfer Musim 2021/22

3. Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United (105 Juta Euro atau Rp1,77 Triliun)

5 Rekrutan Liga Inggris Termahal dalam Sejarah, Ada Tiga Rekor Anyar!Paul Pogba bermain untuk Manchester United (independent.co.uk)

Paul Pogba terus jadi perbincangan hangat. Musim transfer tak lengkap tanpa rumor tentang status Paul Pogba di Manchester United. Meski begitu, hingga saat ini Pogba masih berseragam Setan Merah, dan masih menjadi gelandang andalan di tengah banyaknya idola baru di dalam klub.

Biacra soal transfer, Paul Pogba merupakan pembelian termahal Manchester United, sekaligus termahal ketiga dalam sejarah Liga Inggris usai digeser Grealish dan Lukaku. The Red Devils bersedia membawa pulang bintang Prancis tersebut dengan mahar 105 juta euro (Rp1,77 triliun) pada musim 2016/2017 silam.

4. Harry Maguire dari Leicester ke Manchester United (87 Juta Euro atau Rp1,47 Triliun)

5 Rekrutan Liga Inggris Termahal dalam Sejarah, Ada Tiga Rekor Anyar!Harry Maguire (manchestereveningnews.co.uk)

Bek termahal di dunia jatuh pada Harry Maguire, yang dibeli Manchester United dari Leicester City senilai 87 juta euro (Rp1,47 triliun) pada musim panas 2019/2020 lalu. Meskipun banyak mendapat kritik pedas dari banyak kalangan, hingga kini Maguire masih dipercaya mengenakan ban kapten di lengannya.

Bek berusia 28 tahun tersebut telah tampil dalam 105 pertandingan bersama The Red Devils. Untuk torehan gol, Harry Maguire hanya mampu mencetak 5 gol dan lima assist. Ia diharapkan bisa memberikan lebih dengan labelnya sebagai bek termahal di dunia.

5. Jadon Sancho dari Dortmund ke Manchester United (85 Juta Euro atau Rp1,43 Triliun)

5 Rekrutan Liga Inggris Termahal dalam Sejarah, Ada Tiga Rekor Anyar!Solskjaer dan Jadon Sancho (theguardian.com)

Usai dirumorkan dalam beberapa musim terakhir dan tak kunjung deal, akhirnya Jadon Sancho resmi dibeli oleh Manchester United. Borussia Dortmund sukses menjual pemain muda kelahiran Inggris tersebut dengan harga 85 juta euro (Rp1,43 triliun).

Jadon Sancho menjadi salah satu pemain bintang yang telah menorehkan 50 gol dan 64 assist dalam 137 penampilan untuk Die Borussen. Pemain berusia 21 tahun ini telah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun (30 Juni 2026). Ia dipercaya mengenakan nomor punggung 25 di Old Trafford.

Musim transfer di Liga Inggris memang sangat menarik. Dari lima rekor pembelian Liga Inggris di atas, ada jagoan kamu?

Baca Juga: Harry Maguire: Jadon Sancho Bakal Jadi Bintang di Liga Premier Inggris

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya