Arema FC Raih AFC Club Licensing Kelima Kalinya

Arema FC mampu pertahankan 5 aspek yang dipersyaratkan   

Malang, IDN Times - Arema FC kembali berhasil mempertahankan status sebagai klub profesional versi AFC. Tim Singo Edan sukses lolos verifikasi AFC Club Licensing 2021 karena memenuhi lima aspek yang menjadi indikator utama klub profesional. Keputusan pemberian lisensi ini dikeluarkan oleh Club Licensing Committee (CLC) yang memiliki kewenangan untuk membuat keputusan pemberian lisensi berdasarkan pasal 3 PSSI club licensing regulation.

1. Mampu pertahankan 5 aspek persyaratan

Arema FC Raih AFC Club Licensing Kelima KalinyaArema FC saat pemusatan latihan di Kota Batu. Instagram/aremafcofficial

CLC sendiri juga sudah melakukan verifikasi faktual terkait 5 aspek klub, yakni meliputi sporting, infrastructure, personel and administrative, legal dan aspek finansial. Sebagai bukti, klub harus mengirimkan dokumen yang melalui AFC Club Licensing Administration  System (AFC CLAS).

Berdasarkan surat Keputusan (CLC) bernomor 001/clc-pssi/x/2021 yang diterima oleh manajemen Arema FC, memutuskan bahwa diterimanya permohonan Lisensi Klub Profesional AFC dari klub Arema FC dan memberikan Lisensi Klub Profesional AFC kepada klub Arema FC.

Usai mendapatkan lisensi klub profesional, CLC juga memberikan Lisensi Klub Profesional National kepada Arema FC. Selanjutnya, masih dalam surat tersebut memerintahkan kepada CLD (Club Licensing Department) untuk memberikan salinan keputusan ini ini kepada komite eksekutif PSSI untuk dipastikan pelaksanaanya.

Baca Juga: Gol Tunggal Fortes Bawa Arema FC Putus Rekor Buruk Manahan

2. Bersyukur kembali lolos club licensing

Arema FC Raih AFC Club Licensing Kelima KalinyaMedia Officer Arema FC, Sudarmaji (tengah) menyerahkan jersey kepada GM Malang Strudel sebagai simbol pembukaan official store cabang. IDN Times/Alfi Ramadana

Atas keberhasilan tersebut, manajemen Arema FC mengaku sangat bersyukur atas keputusan bahwa Arema FC kembali dinyatakan lolos club licensing. Terlebih ini merupakan kelima kalinya Arema FC lolos club licensing. Belum lagi tahun ini adalah tahun kedua di masa pandemi  bahwa Arema FC harus berjuang untuk mendapatkan club licensing.

"Kalau di 2020 lalu adalah fase tersulit untuk bertahan, kini di 2021 klub harus berjuang untuk bangkit dan berproses ditengah kompetisi karena masih berada dalam situasi pandemi. Proses pelaporan kondisi klub adalah sebuah rutinitas tahunan yang harus disampaikan kepada AFC. Semoga dengan lolosnya Arema FC  ini memberikan tambahan pemahaman lebih kepada semua pihak, baik Aremania, partner Arema di pemerintahan, serta mitra kerja, bahwa Arema FC on the track dalam pengelolaannya," ungkap manager club Licensing Arema FC, Sudarmaji, Rabu (20/10/2021). 

3. Perlu kerja keras untuk lolos

Arema FC Raih AFC Club Licensing Kelima KalinyaKushedya Hari Yudo berusaha melewati bek Persipura, Muhammad Tahir. Instagram/aremafcofficial

Club Licensing sendiri tidak didapatkan dengan mudah oleh Arema FC. Untuk tahun 2021, tim Club Licensing harus bekerja keras dalam kurun waktu 6 bulan lebih  terhitung sejak Maret 2021 mempersiapkan kebutuhan yang menjadi persyaratan wajib. Arema FC berharap bahwa club licensing ini tidak hanya berdampak pada Arema FC, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perkembangan sepak bola profesional di Indonesia. 

"Harapannya tentu saja karena ini sebagai indikator klub profesional maka diharapkan Club Licensing menjadi pemacu semangat klub-klub yang ada di Indonesia untuk memenuhi setidaknya 5 aspek yang diwajibkan, ini tentunya akan sangat berdampak pada perkembangan sepak bola Indonesia kedepannya," kata pria asal Banyuwangi itu. 

4. Ukir prestasi tersendiri

Arema FC Raih AFC Club Licensing Kelima KalinyaMuhammad Rafli saat berlatih bersama Arema FC. Instagram/aremafcofficial

Usai dipastikan kembali lolos AFC Club Licensing pada 2021, maka sejauh ini Arema FC sudah lima kali mencatatkan diri sebagai klub yang memenuhi standar AFC. Tercatat Arema lolos sejak tahun 2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021. Tentu saja keberhasilan ini menjadi prestasi tersendiri bagi Arema FC. Pasalnya sejauh ini, Arema FC merupakan salah satu klub paling konsisten di Indonesia. 

Baca Juga: Kala Persija Jakarta Terbius Gol Indah Arema

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya