Comscore Tracker

Manajemen Arema FC Siap Tiru Kesuksesan JDT FC   

Ingin jadikan Arema FC kebanggaan Indonesia   

Malang, IDN Times - Manajemen Arema FC sangat serius untuk melakukan pembenahan pengelolaan klub. Secara khusus perbaikan pengelolaan memang mulai terasa semenjak Gilang Widya Pramana ditunjuk sebagai presiden klub. Bahkan secara terbuka, Gilang mengaku terinspirasi dari Johor Darul Ta'zim (JDT) salah satu klu sepakbola Malaysia yang kini menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. 

1. JDT jadi klub modern di Asean

Manajemen Arema FC Siap Tiru Kesuksesan JDT FC   Jersey home terbaru Arema FC untuk kompetisi Liga 1 2021/2022. IDN Times/Alfi Ramadana

Dalam beberapa tahun terakhir JDT memang menjelma menjadi salah satu klub kaya raya dengan financial yang sehat di Asean. Beragam fasilitas modern mulai dari pusat latihan, stadion sendiri hingga pengembangan sisi bisnis yang mumpuni membuat JDT menjadi kekuatan baru di Asia Tenggara. Hal itulah yang coba diadopsi oleh Presiden Klub Arema FC, Gilang Widya Pramana dalam mengelola tim Singo Edan.

"Saya tidak menampik bahwa memang JDT menjadi salah satu role model pengelolaan Arema FC. Bagaimana klub dikelola secara profesional dan mandiri dari semua sisi. Hal itu yang coba kami lakukan di Arema FC agar tidak hanya menjadi kebanggaan arek Malang saja tetapi juga Indonesia," kata Gilang Widya Pramana, Rabu (18/8/2021). 

Baca Juga: Arema FC Luncurkan Jersey Musim 2021, Ada Relief Candi Badut

2. Terhalang kompetisi yang tak pasti

Manajemen Arema FC Siap Tiru Kesuksesan JDT FC   Perkenalan skuat Arema FC untuk musim 2020 di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Diakui Gilang, tidak mudah melakukan pembenahan secara mendasar pada pengelolaan klub sepakbola. Terlebih sejauh ini sepak bola Indonesia juga kerap mengalami ketidakpastian. Hal itu juga mempengaruhi minat sponsor yang ingin masuk. 

"Sebagai pengusaha yang sudah keluar uang juga untuk Arema FC, tentu saya sedih dan miris juga melihat sepakbola Indonesia sekarang. Tetapi karena sudah terlanjur masuk juga, saya tidak ingin setengah-setengah," tambahnya. 

3. Patok target tinggi Arema FC harus juara

Manajemen Arema FC Siap Tiru Kesuksesan JDT FC   Arema FC menyiapkan dua uji coba lagi sebelum Liga 1. IDN Times/ Alfi Ramadana

Meskipun di tengah ketidakpastian, Gilang tetap berani mematok target tinggi untuk Arema FC. Baginya ketika klub bisa meraih hasil positif, maka hal lain akan juga ikut terdongkrak. Termasuk kemungkinan masuknya banyak sponsor yang bisa menjadi sumber penghidupan klub. Untuk itu dirinya mematok target tinggi yakni Arema FC harus juara. "Kami juga sudah berikan fasilitas yang luar biasa untuk pemain. Tentu itu semua harus dibayar dengan prestasi saat kompetisi nanti," sambungnya. 

4. Gilang fakus ke Arema FC

Manajemen Arema FC Siap Tiru Kesuksesan JDT FC   Jersey home terbaru Arema FC untuk musim 2021/2022. IDN Times/Alfi Ramadana

Meskipun sudah terjun ke sepakbola, Gilang mengakui masih belum mau berfikir terlalu jauh. Termasuk kemungkinan melangkah untuk masuk ke PSSI. Saat ini fokus utamanya adalah bagaiamana membenahi Arema FC agar bisa sesuai dengan yang ia tetapkan.

"Belum terfikir sejauh itu. Saya masih fokus membenahi Arema FC agar ke depan bisa semakin baik secara pengelolaan," tandasnya. 

Baca Juga: Arema FC Target Bisa Jual 15 Ribu Jersey dalam Semusim

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya