Comscore Tracker

5 Transfer Pemain Termahal Sejak Pandemi Covid-19, Sancho Memimpin!

Didominasi oleh pemain-pemain muda!

Pandemi Covid-19 yang mulai merebak di akhir tahun 2019 lalu mengubah banyak hal. Aktivitas manusia dibatasi dan beragam sektor kehidupan terkena dampaknya. Industri sepak bola juga merasakan hal tersebut. Bahkan, kompetisi di Eropa sempat tak digelar selama 2 bulan di pertengahan tahun 2020.

Efek domino yang timbul akibat pandemi terhadap sepak bola juga berpengaruh signifikan. Digelarnya laga tanpa penonton membuat pendapatan setiap klub menurun dratis. Akibatnya, perekrutan pemain juga ikut menurun tajam dibarengi usaha tiap tim untuk membatasi pengeluarannya.

Meskipun begitu, ternyata tak membuat sederet pemain ini pindah dengan harga murah. Kelima pemain berikut sukses didatangkan dengan biaya fantastis sejak pandemi Covid-19. Penasaran siapa saja? Berikut daftarnya.

1. Jadon Sancho - 85 juta euro

5 Transfer Pemain Termahal Sejak Pandemi Covid-19, Sancho Memimpin!Jadon Sancho (goal.com)

Misi Manchester United mendaratkan Jadon Sancho akhirnya berhasil. Setelah proses negosiasi yang tak kunjung tercipta, The Red Devils dan Borussia Dortmund menyepakati harga di angka 85 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun. Ini menjadikan Sancho sebagai rekrutan termahal sejak pandemi Covid-19 berlangsung.

Pesona Sancho memang telah membuat United terpikat selama setahun terakhir. Performa pemain berusia 21 tahun itu yang impresif bersama Die Borussen sukses menjadikannya sebagai properti panas di jendela transfer. Kedatangan Sancho diharapkan mampu mendongkrak lini depan United yang kerap bermasalah musim lalu.

2. Kai Havertz - 80 juta euro

5 Transfer Pemain Termahal Sejak Pandemi Covid-19, Sancho Memimpin!Kai Havertz (90min.com)

Dipuji media sebagai superstar masa depan Jerman, Kai Havertz menjadi incaran sejumlah klub papan atas. Tawaran demi tawaran mendatanginya, tetapi Havertz memutuskan Chelsea sebagai klub baru yang akan ia bela. Kepindahannya ke Stamford Bridge terealisasi dengan banderol 80 juta euro atau setara Rp1,3 triliun.

Tingginya nilai transfer itu menjadi tekanan besar yang wajib Havertz tunaikan selama berseragam The Blues. Alhasil, musim debutnya di Inggris tak berjalan mulus karena Havertz yang masih beradaptasi. Ia tampil di 45 laga dengan koleksi 9 gol dan 9 assist di semua ajang. Salah satu gol yang ia buat tercipta di final Liga Champions dan memastikan Chelsea meraih titel Si Kuping Besar untuk kedua kalinya.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Timnas Jerman di Era Joachim Low, Ada Kai Havertz!

3. Arthur Melo - 72 juta euro

5 Transfer Pemain Termahal Sejak Pandemi Covid-19, Sancho Memimpin!Arthur Melo (90min.com)

Barcelona melakukan manuver mengejutkan dengan melepas gelandang mudanya, Arthur Melo, ke Juventus. Kendati dicap sebagai kesepakatan pertukaran dengan Miralem Pjanic yang gantian membela La Blaugrana, Juventus harus mengeluarkan kocek sebesar 72 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun untuk mendaratkan Arthur.

Kesepakatan itu dinilai lebih menguntungkan Bianconeri lantaran Arthur masih bisa berkembang di musim-musim mendatang. Namun, awal perjalanannya untuk Si Nyonya Tua justru tak sesuai ekspektasi. Arthur kurang mendapatkan kepercayaan dan sempat menerima sanksi akibat tindakan indisipliner. Ia hanya membuat 32 penampilan di musim lalu.

4. Victor Osimhen - 70 juta euro

5 Transfer Pemain Termahal Sejak Pandemi Covid-19, Sancho Memimpin!Victor Osimhen (goal.com)

Napoli rela memecahkan rekor transfernya untuk menggaet Victor Osimhen dari Lille pada awal musim lalu. Pemain berpaspor Nigeria itu diboyong Partenopei dengan banderol 72 juta euro atau setara Rp1,2 triliun. Keputusan Napoli  tersebut mendapatkan tanya besar karena kualitas Osimhen yang dinilai belum teruji.

Osimhen hanya berkarier selama semusim di Lille, klub terakhir yang ia bela sebelum berseragam Napoli. Performa Osimhen di musim debutnya untuk Partenopei juga belum maksimal. Dipercaya mengisi ujung tombak, Osimhen acap kali absen karena cedera dan baru mengoleksi 10 gol di semua kompetisi.

5. Ruben Dias - 68 juta euro

5 Transfer Pemain Termahal Sejak Pandemi Covid-19, Sancho Memimpin!Ruben Dias (90min.com)

Angin segar menyelimuti lini pertahanan Manchester City. Usai gagal juara Premier League di musim 2019/2020, manajer Pep Guardiola bergerak cepat dengan merombak komposisi pemain di sektor pertahanan. Nicolas Otamendi dilepas dan digantikan oleh bek anyar asal Portugal, Ruben Dias, dari Benfica.

Untuk menebus Dias, The Cityzens harus mengeluarkan kocek sebesar 68 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. Harga yang sempat dianggap kemahalan itu sukses dibayar tuntas Dias lewat performa impresif di musim debutnya. Dias menjadikan gawang City sukar dibobol dan merengkuh titel Premier League dan Carabao Cup.

 

Pandemi Covid-19 memaksa setiap klub harus mengatur pengeluarannya dengan hemat. Dari para pemain di atas, adakah pemain yang kamu idolai?

Baca Juga: Mengenal Ruben Dias, Bintang Muda Portugal Penerus Christiano Ronaldo

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya