Comscore Tracker

Diprakarsai Pangeran Harry, Ini 5 Fakta tentang Invictus Games

Ajang pertandingan olahraga bagi para prajurit yang cedera

Pangeran Harry mengejutkan dunia saat dia memutuskan untuk mundur dari tugas kerajaannya bersama istrinya, Meghan Markle, tetapi dia tetap berkomitmen pada amal dan inisiatif yang didirikan sejak dia masih menjabat sebagai kerajaan resmi.

Salah satu tanggung jawab yang masih diemban sang pangeran adalah Invictus Games, sebuah kompetisi olahraga internasional untuk veteran yang mengalami cedera akibat perang atau sakit, yang didirikan oleh Harry pada tahun 2014.

Invictus Games dibuat untuk mempererat persahabatan dan menunjukkan bahwa olahraga dapat menyembuhkan seseorang secara fisik, psikologis dan sosial. Empat edisi permainan telah berlangsung, masing-masing menarik para pemimpin dunia, berita utama, ribuan penonton, dan ratusan pesaing dari lebih dari dua belas negara, termasuk Inggris, Yordania, hingga Selandia Baru.

Meskipun pertandingan yang dijadwalkan baru-baru ini ditunda karena krisis kesehatan global, kompetisi tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan, dan begitu pula antusiasme Pangeran Harry meskipun status sipilnya telah disematkan kepadanya. Lalu, apa sebenarnya Invictus Games?

1. Pertandingan olahraga Invictus Games pertama dibiayai berkat denda

Diprakarsai Pangeran Harry, Ini 5 Fakta tentang Invictus GamesPangeran Harry pada pergelangan Invictus Games 2020 yang diadakan di Den Haag, Belanda. (youtube.com/Defense Flash News)

Seperti yang dilansir laman Royal, Pangeran Harry dan badan amalnya berkoordinasi dengan Kementerian Pertahanan untuk menjadi tuan rumah Invictus Games perdana di London.

Nama itu berasal dari kata Latin yang berarti "tak terkalahkan," terinspirasi oleh puisi yang ditulis oleh William Ernest Henley yang pernah diamputasi. Nama tersebut konon melambangkan semangat juang para personel yang terluka yang bertanding dalam permainan tersebut.

Olahraga ini di tahun 2014 memiliki lebih dari 400 pesaing dari 13 negara dalam sembilan acara olahraga selama empat hari. Oleh sebab itu, acara dan logistik ini membutuhkan dana yang besar. Pangeran Harry dan stafnya mensubsidi biayanya dengan denda bank.

Mengutip laman Mental Floss, bank-bank yang memanipulasi nilai tukar mata uang akan didenda 1 juta pound atau setara Rp18 miliar yang ditujukan untuk biaya penyelenggaraan Invictus Games pertama.

2. Pertandingan Invictus Games yang terus berkembang

Diprakarsai Pangeran Harry, Ini 5 Fakta tentang Invictus Gamespertandingan bola voli duduk dalam Invictus Games (magazines.defensie.nl/Ministerie van Defensie/sergeant-1 Eva Klijn)

Pertandingan berikutnya diadakan dua tahun kemudian di ESPN Wide World of Sports Complex di Walt Disney World, di Orlando, Florida. Cakupan pertandingannya pun sudah melebar, yakni 487 atlet dari 14 negara yang berbeda, yang melakukan perjalanan ke Sunshine State untuk bersaing di Invictus Games kedua, sekali lagi menarik banyak orang dan minat perusahaan, dengan penampilan dari para pemimpin dunia dan tokoh politik seperti ibu negara Michelle Obama.

Acaranya pun disesuaikan dengan cedera dan kecacatan para veteran yang berpartisipasi. Mesin dayung dalam ruangan digunakan sebagai pengganti perahu dayung yang sebenarnya, dan bola voli duduk sebagai pengganti versi olahraga bola voli berdiri yang asli.

3. Barack Obama, Joe Biden, hingga Bruce Springsteen menghadiri acara ini

Diprakarsai Pangeran Harry, Ini 5 Fakta tentang Invictus GamesPangeran Harry dan mantan Presiden Barack Obama menonton bola basket kursi roda antara AS dan Prancis pada Invictus Games 2017. (magazines.defensie.nl/Ministerie van Defensie/sergeant-1 Eva Klijn)

Pertandingan Invictus Games berikutnya melibatkan 540 veteran dari 17 negara, mereka berkumpul untuk bersaing di Invictus Games ketiga, kali ini diadakan di Toronto. Acara ini diadakan selama delapan hari. Dua belas acara olahraga diadakan untuk pertandingan ini, salah satunya debut lari estafet.

Sebagai simbol berkembangnya kompetisi, sebuah organisasi baru bernama Invictus Games Organizing Committee didirikan setelah kesuksesan dua edisi pertama pertandingan olahraga tersebut. Komite baru ini membantu mempersiapkan turnamen Toronto, yang bertepatan dengan ulang tahun Kanada yang ke-150, menjadikan Invictus Games sebagai perayaan dan peringatan atas jasa laki-laki dan perempuan Kanada.

Ruang lingkup kompetisi juga diperluas ke para tamunya, seperti hadirnya Barack Obama dan Joe Biden, dan upacara penutupan menampilkan pertunjukan musik dari Bruce Springsteen.

4. Pandemi COVID-19 sempat menunda pertandingan Invictus Games 

Diprakarsai Pangeran Harry, Ini 5 Fakta tentang Invictus GamesKaki palsu di samping lapangan bola voli saat tim bola voli berlatih untuk kompetisi Invictus Games. (dvidshub.net/Joshua Sheppard)

Pertandingan di Sydney pada tahun 2018 mengalami sedikit penurunan pesertanya, dengan hanya 491 pesaing yang bertarung di 11 acara, seperti yang dilaporkan Invictus Games Foundation. Akan tetapi, kumpulan pesaing lebih beragam dari sebelumnya meskipun jumlahnya sedikit berkurang, dengan 18 negara melakukan perjalanan Down Under.

Edisi berikutnya dari pertandingan itu berlangsung di Belanda, dengan dua negara baru yang memulai debutnya membawa peserta, tetapi pandemi COVID-19 memaksa kompetisi ditunda hingga 2021, dan tertunda lagi hingga tahun 2022.

Pertandingan dilangsungkan di Den Haag. Kota ini dipilih karena simbolismenya, setelah mengalami pertumbuhan pesat setelah Perang Dunia Kedua, membuat Pangeran Harry setuju memilih kota ini. Meskipun pernah tertunda karena pandemi, Invictus Games tidak mengalami tanda-tanda perlambatan, apalagi dengan diumumkannya pertandingan Invictus Games 2023 yang akan dilaksanakan di Düsseldorf.

5. Netflix mengangkat Invictus Games dalam serial dokumenter 

Diprakarsai Pangeran Harry, Ini 5 Fakta tentang Invictus Gamestenis dalam Invictus Games 2017 (defensie.nl)

Sebagaimana dicatat Deadline, perusahaan produksi Harry dan Meghan, Archwell Productions, akan merasakan sorotan pertama Netflix dengan garapan Heart of Invictus, sebuah serial dokumenter yang akan mengikuti para atlet dari seluruh dunia menjelang persiapan mereka mengikuti pertandingan Invictus Games 2020.

Pangeran Harry juga akan terlibat, baik di layar kaca maupun sebagai produser eksekutif dalam serial tersebut. Acara ini akan mengulik perjuangan dan keberanian mereka kepada khalayak yang lebih luas, yang mungkin tidak mengetahui adanya pertandingan Invictus Games. Proyek ini diharapkan bisa memberikan sedikit inspirasi bagi dunia dan masyarakat luas.

Bagaimana informasi tentang Invictus Games sejauh ini? Apakah kamu baru tahu tentang pertandingan olahraga ini?

Baca Juga: 9 September Hari Olahraga Nasional: Sejarah Haornas

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Write to communicate. https://linktr.ee/ameliasolekha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya