Resmi! IOC Sudah Tentukan Jadwal Baru Olimpiade di Tahun 2021!

Walau main di tahun 2021, Olimpiade nanti tetap pakai 2020

wikimedia.org

Jakarta, IDN Times - Komite Olimpiade Internasional (IOC) secara resmi mengumumkan jadwal baru Olimpiade Tokyo 2020 pada Senin (30/1) kemarin. Keputusan tersebut diambil setelah sama-sama sepakat dengan Tokyo 2020 Organizing Committee (TOCOG).

Jadwal baru Olimpiade Tokyo nanti bakal digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2021. Sedangkan, Paralimpiade digelar dua pekan usai Olimpiade, tepatnya pada 24 Agustus-5 September 2021. Namun demikian, tak ada perubahan nama ajang tersebut, karena IOC dan panitia sepakat masih menggunakan nama Olimpiade Tokyo 2020.

1. Keputusan jadwal baru Olimpiade pada 2021 dihasilkan melalui rapat telekonferensi

Ilustrasi logo olimpiade. pixabay.com/diego_torres-1118992

Keputusan tersebut diambil melalui rapat yang digelar melalui telekonferensi. Para petinggi masing-masing organisasi, seperti Presiden IOC, Thomas Bach, Ketua Olimpade Tokyo, Mori Yoshiro, Gubernur Tokyo Koike Yuriko, dan Menteri Olimpiade dan Paralimpiade Jepang Seiko Hashimoto pun hadir untuk mendiskusikan keputusan itu.

Ada beberapa pertimbangan kenapa pesta olahraga terakbar empat tahunan ini dihelat pada tanggal tersebut. Kesehatan atlet dan orang-orang yang terlibat jadi prioritas utama agar terhindar dari bahaya virus corona. Selain itu, pertimbangan lainnya adalah mengenai kepentingan atlet itu sendiri dan kalander olahraga dunia.

Baca Juga: Olimpiade 2020 Tokyo Ditunda Setahun, Kemenpora Pun Merespons

2. IOC buktikan jika mereka komitmen bisa menggelar ajang tunda Olimpade

Semua berita yang kamu suka #AdadiIDN

Baca berita sesuai topik yang kamu pilih dan
lebih nyaman di IDN app

Download Yuk!
wtop.com

Dalam pernyataannya, IOC sengaja memberikan waktu maksimal kepada otoritas kesehatan dan semua yang terlibat dalam organisasi Olimpiade fokus terlebih dahulu pada kondisi saat ini. Sebab, mereka harus melewati situasi yang tak menentu dan gangguan akibat pandemik tersebut.

"Tanggal tersebut tepat dengan jadwal satu tahun sebelumnya yang direncanakan digelar pada 2020. Ini juga membuktikan jika gangguan seperti apa pun yang harus ditunda, kalender olahraga global bisa dijaga dengan baik," tulis pernyataan resmi IOC tersebut.

Sebagai mana diketahui, sejatinya gelaran Olimpiade Tokyo bakal dihelat pada 24 Juli-9 Agustus 2020 nanti dan Paralimpiade digelar pada 25 Agustus-9 September 2020. Namun, hal itu urung terlaksana lantaran virus corona yang terus meluas ke berbagai belahan dunia.

3. IOC yakin Olimpade bisa jadi titik penerang di saat masyarakat di seluruh dunia sedang dalam bencana virus corona

malaymail.com

Penentuan jadwal tunda Olimpade ini memang terbilang cukup singkat. Sebab, baru sepekan ajang tersebut resmi ditunda. Hal itu membuat rasa optimitis Thomas Bach selaku ketua IOC jika dunia bisa menyelesaikan bencana virus ini dengan baik dan Olimpade 2021 nanti bakal jadi obat penghibur.

"Saya yakin kita (masyarakat dunia) bisa melewati cobaan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Saat ini, masyarakat sedang berjalan dalam sebuah terowongan yang begitu gelap. Dan, gelaran Olimpiade nanti bisa menjadi cahaya di ujung terowongan," ujarnya terkait jadwal baru Olimpiade Tokyo tahun depan.

Baca Juga: [BREAKING] Digempur Virus Corona, Olimpiade 2020 Akhirnya Ditunda!

Berita Terkini Lainnya