Comscore Tracker

5 Kiper yang Tampil Impresif di Klub Barunya Musim Ini

Aaron Ramsdale dan Donnarumma termasuk yang tampil apik

Kiper merupakan salah satu terpenting di dalam dunia sepak bola. Kiper merupakan pemain terakhir yang dapat menghalau bola untuk masuk ke gawang timnya. Bukan perkara mudah untuk menghalau bola dari gawangnya, apalagi jika melawan tim dengan intensitas serangan tinggi seperti Manchester City, Liverpool, hingga Paris Saint-Germain. 

Bukan perkara mudah pula bagi seorang kiper baru di sebuah klub yang pastinya harus menyesuaikan dengan karakter para pemain belakang di timnya. Menariknya, terdapat beberapa kiper yang berhasil tampil memuaskan sejauh ini di klub barunya. Berikut lima kiper yang berhasil tampil impresif di klub barunya sejauh musim ini. 

1. Aaron Ramsdale - Arsenal

Aaron Ramsdale merupakan pemain baru Arsenal yang didatangkan dari Sheffield United. Pada musim lalu, dia harus mengakui bahwa dirinya tak bisa mengeluarkan Sheffield United dari zona degradasi. Walau sempat diragukan untuk bersaing dengan Bernd Leno di Arsenal, Ramsdale berhasil tampil impresif bersama Arsenal sejauh ini. 

Dari 4 laga yang dijalaninya, dia sudah menorehkan 3 clean sheets dan baru kebobolan 1 gol. Tak heran jika nama Ramsdale masuk dalam pilihan Gareth Southgate di kualifikasi Piala Dunia 2022 kemarin.

2. Mike Maignan - AC Milan

Berstatus sebagai pemain baru, penampilan Mike Maignan dapat dikatakan cukup meyakinkan. Mike Maignan memang belum bisa berbicara banyak bersama AC Milan di Liga Champions musim ini. Walau begitu, Maignan berhasil menjadi salah satu kiper yang kerap melakukan penyelamatan di ajang Serie A.

Secara statistik, kiper asal Prancis itu sudah berhasil menorehkan clean sheets sebanyak 3 kali dari 7 laga yang dijalaninya. Dia juga masuk dalam skuad Prancis asuhan Didier Deschamps pada tahun ini walau belum bisa menggeser posisi Hugo Lloris.

Baca Juga: 6 Kiper Premier League yang Jadi Kiper Utama di Timnas, Ada Alisson

3. Pierluigi Gollini - Tottenham

Pierluigi Gollini merupakan pemain pinjaman Tottenham dari Atalanta. Memang, dia hanya mendapatkan jatah bermain di UEFA Conference dan Carabao Cup sejauh ini. Walau begitu, penampilannya di kedua ajang tersebut patut diapresiasi. 

Gollini kerap melakukan penyelamatan penting walau belum mampu meraih clean sheet sejauh ini. Walau begitu, penyelamatan-penyelamatan yang dilakukan Gollini menjadi penentu keberhasilan Tottenham dalam meraih 3 poin di UEFA Conference League atau lolos ke babak selanjutnya di Carabao Cup. 

4. Gianluigi Donnarumma - Paris Saint-Germain

Sempat kalah bersaing dengan Keylor Navas, Donnarumma berhasil menjadi pilihan utama di skuad PSG saat ini. Penampilan gemilangnya saat melawan Manchester City di laga kedua Liga Champions cukup membuktikan bahwa dia merupakan salah satu kiper top saat ini. Apalagi statusnya yang merupakan kiper jawara Piala Eropa 2020 bersama Italia. 

Di Ligue 1, Donnarumma memang baru menorehkan 1 clean sheet dari 4 laganya. Walau begitu, dia berhasil melakukan cukup banyak penyelamatan penting bersama PSG sejauh ini. 

5. Rui Patrício - AS Roma

Secara mengejutkanm Rui Patrício memutuskan untuk pindah klub dari Wolverhampton ke AS Roma. Dia dibeli dengan harga 11,5 juta euro atau setara 187 miliar rupiah. Berstatus sebagai pemain barru, kiper utama Timnas Portugal ini berhasil melakukan berbagai penyelamatan di Serie A maupun UEFA Conference League. 

Setidaknya sudah ada 4 clean sheets yang dia torehkan sejak membela bersama AS Roma. Dia sendiri digadang-gadang menjadi pesaing utama dalam perebutan Golden Golve bersama Mike Maignan dan Handanovic. 

Nah, itu dia 5 kiper baru yang sejauh ini berhasil tampil impresif di klub barunya. Perlu diingat, penampilan seorang kiper tak hanya dilihat dari jumlah clean sheet nya, melainkan juga kemampuannya dalam melakukan penyelamatan dan respon yang tanggap. 

Baca Juga: 6 Mantan Kiper Liga Inggris dengan Clean Sheet Terbanyak di UCL

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya