Comscore Tracker

5 Klub dengan Belanja Pemain Termahal dalam Satu Dekade Terakhir

Mulai dari Manchester City hingga Manchester United

Dari waktu ke waktu, harga para pemain semakin mahal. Hal tersebut juga membuat banyak klub sepak bola yang mengeluarkan dana yang lebih banyak dari sebelumnya. Dalam sedekade terakhir, terdapat beberapa klub yang sudah mengeluarkan banyak sekali uang untuk belanja pemain. 

Hasil dari belanja tersebut pastinya cukup berdampak pada performa tim dan bahkan ada yang berhasil meraih beberapa trofi, mulai dari trofi liga domestik hingga kompetisi tingkat internasional. Berikut 5 klub dengan belanja pemain termahal dalam sedekade terakhir. 

1. Manchester City

5 Klub dengan Belanja Pemain Termahal dalam Satu Dekade Terakhirpotret Sergio Aguero bersama Pep Guardiola (90min.com)

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa Manchester City sudah belanja habis-habisan setiap tahunnya agar dapat memperkuat skuadnya. Dalam sedekade terakhir, Manchester City sudah menghabiskan dana sebesar 1,51 miliar euro atau sekitar 25,8 triliun. Dengan angka tersebut, Manchester CIty menjadi klub dengan pengeluaran terbanyak untuk belanja pemain dalam sedekade terakhir. 

Jumlah tersebut belum termasuk pembelian pemain incaran mereka pada musim ini, yiatu Harry Kane dan Jack Grealish. Adanya belanja pemain tersebut pastinya sangat berpengaruh signifikan terhadap performa klub. Klub tersebut sudah berhasil meraih 5 trofi Premier League, 2 Piala FA, dan 6 Piala Liga. Pada musim lalu, Manchester CIty juga berhasil menjadi finalis Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah.

2. Barcelona

5 Klub dengan Belanja Pemain Termahal dalam Satu Dekade Terakhirpotret Lionel Messi bersama Barcelona (skysports.com)

Klub raksasa Spanyol, Barcelona, merupakan klub kedua dengan pengeluaran belanja terbanyak dalam sedekade terakhir. Barcelona sudah mengeluarkan dana sebesar 1,47 miliar euro atau setara 25,2 triliun rupiah. Salah satu pembelian termahal Barcelona dalam sedekade terakhir ialah Antonie Griezmann yang dibeli dengan harga 120 juta euro atau 2,05 triliun rupiah. 

Sayangnya, saat ini Barcelona harus menghadapi krisis finansial. Beberapa pemain Barcelona bahkan harus rela dipotong gajinya sebagai dampak dari krisis finansial yang dialami Barcelona. Beberapa pemain baru yang didatangkan Barcelona juga berstatus bebas transfer, seperti Sergio Aguero, Memphis Depay, dan Eric Garcia. 

3. Chelsea

5 Klub dengan Belanja Pemain Termahal dalam Satu Dekade Terakhirpotret Lampard dan Roman Abramovich (chelsea-news.co)

Baca Juga: 11 Barter Pemain Sepak Bola yang Sempat Mengejutkan Publik

Jawara Liga Champions musim lalu, Chelsea, juga menjadi salah satu klub dengan pengeluaran terbanyak dalam sedekade terakhir. Setidaknya klub asal London itu sudah mengeluarkan dana sebesar 1,47 miliar euro atau setara 25,2 triliun rupiah. Angka tersebut memang sama dengan jumlah pengeluaran belanja pemain Barcelona dalam sedekade terakhir. 

Salah satu pembelian termahal Chelsea ialah Kai Havertz dan Kepa yang dibeli dengan harga yang sama, yaitu 80 juta atau setara 1,37 triliun rupiah. Chelsea sendiri dikabarkan sedang mengincar 2 pemain pada musim ini untuk mempertajam skuad mereka, yaitu Erling Haaland dan Federico Chiesa. 

4. Juventus

5 Klub dengan Belanja Pemain Termahal dalam Satu Dekade Terakhirpotret Cristiano Ronaldo di Juventus (en.as.com)

Juventus merupakan klub Serie A dengan pendapatan dari penjualan pemain terbanyak dalam sedekade terakhir. Uniknya, Juventus juga merupakan klub dengan pengeluaran pembelian pemain terbanyak dalam sedekade terkahir. Total dana yang dihabiskan Juventus untuk membeli pemain sebesar 1,44 miliar euro 24,6 triliun rupiah.

Salah satu pembelian termahal Juventus ialah Matthijs de Ligt yang dibeli dengan harga 85,5 juta euro atau sekitar 1,4 triliun rupiah. Ada juga Cristiano Ronaldo yang dibeli dengan harga 117 juta euro atau setara 2 triliun rupiah. Dalam sedekade terakhir, Juventus sendiri berhasil meraih beberapa trofi Serie A walau gagal meraih trofi Liga Champions. 

5. Manchester United

5 Klub dengan Belanja Pemain Termahal dalam Satu Dekade Terakhirpotret Varane, Solskjaer, dan Sancho (gool24.net)

Satu lagi klub Inggris dengan pengeluaran terbesar dalam sedekade terakhir ialah Manchester United. Klub tersebut sudah mengeluarkan dana sebesar 1,44 miliar euro atau sekitar 24,6 triliun rupiah. Baru-baru ini, Manchester United resmi membeli Jadon Sancho dan Raphael Varane. 

Jadon Sancho dibeli dengan harga 85 juta euro atau sekitar 1,45 triliun rupiah. Sedangkan Varane dikabarkan dibeli dengan harga 50 juta euro atau 857 miliar rupiah. Kedua pemain tersebut dipercaya akan memperkuat skuad Manchester United pada musim ini. 

Kelima klub tersebut sudah belanja habis-habisan dalam sedekade terakhir. Memang, kelima klub itu juga berhasil meraih berbagai trofi. Kira-kira apakah kelima klub tersebut akan meraih trofi yang bergengsi?

Baca Juga: 10 Transfer Pemain asal AS di Jendela Transfer Musim Dingin 2020/2021

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya