Comscore Tracker

5 Negara dengan Penghargaan Ballon d'Or Terbanyak, Negara Mana Saja? 

Mulai dari Argentina hingga Prancis

Pemain Paris Saint-Germain, Lionel Messi baru saja meraih Ballon d'Or  2021 untuk ketujuh kalinya. Penghargaan tersebut merupakan salah satu penghargaan individual bagi seorang pesepak bola  yang paling bergengsi sejauh ini. Penghargaan tersebut diberikan oleh majalah ternama asal Prancis yang bernama France Football.

Menariknya, terdapat beberapa negara yang telah menyumbang banyak peraih  Ballon d'Or sejauh ini.  Kira-kira negara mana saja? Berikut 5 negara dengan penghargaan Ballon d'Or dalam sejarah sepak bola dunia. 

1. Argentina - 7 penghargaan 

5 Negara dengan Penghargaan Ballon d'Or Terbanyak, Negara Mana Saja? potret Lionel Messi bersama Argentina (en.as.com)

Argentina ternyata merupakan negara yang pemainnya paling banyak meraih Ballon d'Or. Setidaknya sudah ada 7 penghargaan Ballon d'Or yang jatuh kepada pemain Argentina. Menariknya, hanya ada 1 pemain saja yang menyumbangkan 7 penghargaan tersebut.

Pemain tersebut ialah Lionel Messi yang baru saja meraih penghargaan Ballon d'Or 2021. Di sisi lain, tak ada pemain asal Argentina lainnya yang mampu meraih penghargaan Ballon d'Or selain Messi sejauh ini.

2. Jerman - 7 penghargaan 

5 Negara dengan Penghargaan Ballon d'Or Terbanyak, Negara Mana Saja? potret Gerd Muller (skysports.com)

Selain Argentina, Jerman juga membawa pemainnya meraih 7 penghargaan Ballon d'Or. Bedanya, terdapat 5 nama yang menyumbangkan penghargaan Ballon d'Or bagi Jerman. Berbeda dengan Argentina yang penghargaan tersebut hanya disumbang oleh Lionel Messi.

Kelima pemain Jerman yang pernah meraih penghargaan Ballon d'Or ialah Matthias Summer, Gerd Muller, Rummenigge, Franz Beckenbauer, dan Lothar Matthäus. Nama Rummenigge dan Beckenbauer telah menyumbang 2 penghargaan Ballon d'Or bagi Jerman.

3. Belanda - 7 penghargaan 

5 Negara dengan Penghargaan Ballon d'Or Terbanyak, Negara Mana Saja? potret Marco van Basten bersama Belanda (

Pada abad ke-20, Belanda memang dikenal sebagai negara yang sering menyumbang penghargaan Ballon d'Or. Setidaknya Belanda memiliki beberapa pemain yang menyumbang 7 penghargaan Ballon d'Or. Ketujuh penghargaan tersebut didapatkan dari 3 pemain yang berbeda, yaitu Johan Cruyff, Marco van Basten, Ruud Gullit.

Cruyff dan Marco van Basten masing-masing menyumbang 3 penghargaan Ballon d'Or . Sedangkan Ruud Gullit menyumbang 1 penghargaan Ballon d'Or  pada tahun 1987. Sayangnya, pada abad ke-21, belum ada pemain Belanda yang meraih Ballon d'Or  lagi.

4. Portugal - 7 penghargaan 

5 Negara dengan Penghargaan Ballon d'Or Terbanyak, Negara Mana Saja? potret Cristiano Ronaldo bersama Manchester United (thetimesoftruth.com)

Portugal juga masuk ke dalam negara dengan pemain yang meraih Ballon d'Or. Sama dengan negara-negara sebelumnya, Portugal telah meriah 7 penghargaan Ballon d'Or. Ketujuh penghargaan tersebut disumbang oleh 3 pemain yang berbeda.

Ketiga pemain tersebut ialah Cristiano Ronaldo, Eusebio, dan Luis Figo. Ronaldo telah menyumbang 5 penghargaan Ballon d'Or, yaitu pada tahun 2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017. Sedangkan Eusebio dan Figo menyumbang 1 penghargaan tersebut.

5. Prancis - 6 penghargaan 

5 Negara dengan Penghargaan Ballon d'Or Terbanyak, Negara Mana Saja? potret Michel Platini (sportreviews.com)

Ada pula Prancis yang pemainnya meraih 6 penghargaan Ballon d'Or. Keenam penghargaan tersebut diraih oleh 4 pemain yang berbeda, yaitu Michel Platini, Raymond Kopa, Jean-Pierre Papin, dan Zinedine Zidane. Zidane meraih penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1998.

Sedangkan Jean-Pierre Papin meraih penghargaan tersebut pada tahun 1991. Michel Platini menyumbang 3 penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1983, 1984, dan 1985. Ada juga Raymond Kopa yang meraih penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1958.

Nah, itu dia 5 negara yang paling banyak menyumbang penghargaan  Ballon d'Or dalam sejarahnya. Terdapat 4 negara yang pemainnya meraih 7 penghargaan  Ballon d'Or, yaitu Argentina, Belanda, Portugal, dan Jerman. Sedangkan Prancis menempati posisi kedua dengan meraih 6 penghargaan  Ballon d'Or.

Baca Juga: Daftar Lengkap Penghargaan Ballon d'Or: Messi Sampai Chelsea

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya