Comscore Tracker

5 Pelatih dengan Pertandingan Terbanyak di Liga Champions

Mulai dari Sir Alex Ferguson hingga Pep Guardiola

Pekan ketiga Liga Champions 2021/2022 baru saja berakhir beberapa waktu lalu. Seperti yang diketahui, Liga Champions merupakan kompetisi paling bergengsi di Eropa untuk level klub. Pastinya merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi seorang pemain dan pelatih ketika bertanding di kompetisi ini. 

Beberapa pelatih diketahui memiliki catatan pertandingan di Liga Champions yang cukup banyak. Di antara mereka, juga berhasil meraih trofi Liga Champions. Berikut lima pelatih dengan pertandingan terbanyak di Liga Champions sejauh ini. 

1. Sir Alex Ferguson - 194 laga

5 Pelatih dengan Pertandingan Terbanyak di Liga Championspotret Sir Alex Ferguson dan Ronaldo (twitter.com/UnitedsUpdate)

Fans Manchester United pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Sir Alex Ferguson. Dia merupakan pelatih Manchester United sejak tahun 1986 hingga 2013. Selama melatih klub tersebut, sudah ada 2 trofi Liga Champions yang disumbangkan. 

Sir Alex Ferguson juga berhasil membawa Manchester United hampir selalu tampil di Liga Champions selama dia melatih. Setidaknya sudah ada 194 laga Liga Champions yang dijalaninya. Dengan hal tersebut, Sir Alex Ferguson merupakan pelatih dengan pertandingan Liga Champions terbanyak sejauh ini. 

2. Arsene Wenger - 188 laga

5 Pelatih dengan Pertandingan Terbanyak di Liga Championspotret Arsene Wenger besama Arsenal (twitter.com/Squawka)

Seperti yang diketahui, Arsene Wenger merupakan pelatih legendaris yang dimiliki Arsenal. Dia melatih Arsenal selama tahun 1996 hingga 2018 lalu. Walau belum bisa menorehkan trofi Liga Champions, setidaknya Arsenal sering tampil di pentas tersebut setiap tahunnya. 

Sudah ada 188 laga Liga Champions yang berhasil ditorehkan Arsene Wenger. Sayangnya, pada tahun 2018 lalu Arsene Wenger harus meninggalkan Arsenal karena performa buruk tim tersebut kala itu. 

Baca Juga: 8 Pelatih yang Juara Liga sebagai Pemain dan Pelatih di Klub yang Sama

3. Carlo Ancelotti - 169 laga

5 Pelatih dengan Pertandingan Terbanyak di Liga Championspotret Carlo Ancelotti (twitter.com/MrAncelotti)

Carlo Ancelotti merupakan pelatih yang melatih banyak klub top. Beberapa klub top yang pernah dilatihnya ialah Chelsea, AC Milan, Real Madrid, Juventus, Bayern Munich, hingga Napoli. Dia juga berhasil memberikan 3 trofi Liga Champions saat melatih AC Milan dan Real Madrid. 

Setidaknya sudah ada 169 laga Liga Champions yang ditorehkannya. Dengan hal tersebut, pelatih Real Madrid itu merupakan pelatih aktif dengan laga terbanyak di Liga Champions sejauh ini. 

4. Jose Mourinho - 151 laga

5 Pelatih dengan Pertandingan Terbanyak di Liga Championspotret Jose Mourinho (/twitter.com/JohyanCruyff)

Pada musim ini, Jose Mourinho memang tak bermain di Liga Champions, melainkan UEFA Conference League. Bersama AS Roma, Mourinho berhasil meningkatan performa tim secara keseluruhan. Dalam sejarahnya, dia pernah melatih beberapa klub ternama seperti Manchester United, Chelsea, Real Madrid, Inter Milan, hingga FC Porto. 

Dia juga berhasil meraih 2 trofi Liga Champions untuk Inter Milan dan FC Porto. Di ajang tersebut, sudah ada 151 laga yang dijalaninya. Sayangnya, dalam beberapa musim terkahir dia harus absen di Liga Champions. 

5. Pep Guardiola - 139 laga

5 Pelatih dengan Pertandingan Terbanyak di Liga Championspotret Pep Guardiola (twitter.com/ManCityCatala)

Pep Guardiola merupakan salah satu pelatih tersukses saat ini. Dia pernah membela beberapa klub top seperti Barcelona, Bayern Munich, dan saat ini melatih Manchester City. Dia juga sudah memberikan 2 trofi Liga Champions saat melatih Barcelona. 

Jumlah laga Liga Champions yang ditorehkannya berjumlah 139 laga. Perolehannya bisa saja bertambah mengingat Manchester City diyakini akan lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2021/2022. 

Nah, itu dia 5 pelatih dengan laga terbanyak di Liga Champions sejauh ini. Hanya ada Ancelotti, Mourinho, dan Guardiola yang masih aktif sebagai pelatih. Mampukah mereka melampaui perolehan Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger. 

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Performanya Anjlok di Bawah Asuhan Pelatih Baru

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya