7 Pemain yang Banderolnya Turun Drastis Sepanjang Tahun 2021

Adakah pemain favoritmu dalam daftar di bawah?

Di dalam dunia sepak bola, banderol dapat menunjukkan seberapa berharganya pesepak bola di klubnya. Semakin tinggi banderol seorang pemain, semakin berharga pula pemain tersebut untuk dipertahankan. Banyak faktor yang mempengaruhi banderol pesepak bola, mulai dari usia, performa, kompetisi yang diikuti, dan masih banyak lagi. 

Menariknya, terdapat beberapa pemain yang ternyata banderolnya turun drastis di sepanjang tahun 2021. Padahal, performa mereka di klub masing-masing juga tak buruk. Kira-kira siapa saja mereka? Berikut daftarnya. 

1. Philippe Coutinho

7 Pemain yang Banderolnya Turun Drastis Sepanjang Tahun 2021potret Philippe Coutinho bersama Barcelona (twitter.com/BarcaUniversal)

Philippe Coutinho merupakan salah satu pemain bintang yang dimiliki oleh Barcelona saat ini. Dia dibeli dari Liverpool dengan harga 135 juta euro atau setara Rp2,2 triliun pada tahun 2018 lalu. Sayangnya, Coutinho gagal tampil bersinar selama membela Barcelona. 

Alhasil, banderolnya dari waktu ke waktu menurun. Selama tahun 2021, banderolnya turun 40 juta euro atau setara Rp657 miliar. Dengan hal tersebut, Coutinho saat ini hanya memiliki banderol 20 juta euro. 

2. Sadio Mane

7 Pemain yang Banderolnya Turun Drastis Sepanjang Tahun 2021potret Sadio Mane bersama Liverpool (thisisanfield.com)

Sadio Mane memang tak tampil buruk bersama Liverpool pada tahun 2021. Namun, faktor usia dan gagalnya trofi yang diraih Liverpool pada musim lalu tampaknya mempengaruhi banderol Sadio Mane. Pasalnya, banderolnya turun sebesar 35 juta euro atau setara Rp575 miliar selama tahun 2021. 

Walau begitu, banyak yang percaya bahwa banderolnya akan naik kembali kedepannya mengingat performa gemilangnya di ajang Premier League. Dari sembilan laga yang dimainkannya, dia sudah mencetak lima gol bagi Liverpool di Premier League. 

3. Trent Alexander-Arnold

7 Pemain yang Banderolnya Turun Drastis Sepanjang Tahun 2021potret Trent Alexander-Arnold bersama Liverpool (thisisanfield.com)

Trent Alexander-Arnold merupakan bek kanan andalan Liverpool dalam beberapa tahun terakhir. Dia sendiri dikenal dengan tendangan bebasnya yang sangat mematikan. Penampilannya pada tahun ini sebenarnya cukup memuaskan walau sempat kalah bersaing di skuad Inggris. 

Walau begitu, banderolnya turun sebesar 35 juta euro atau setara Rp575 miliar di sepanjang tahun ini. Belakangan ini, Arnold kembali tampil cemerlang dengan menorehkan empat assist bagi Liverpool. 

Baca Juga: 5 Pemain Asing dengan Torehan 300 Laga untuk Liverpool

4. Eden Hazard

7 Pemain yang Banderolnya Turun Drastis Sepanjang Tahun 2021potret Eden Hazard bersama Real Madrid (en.as.com)

Eden Hazard merupakan salah satu pembelian termahal yang pernah dilakukan Real Madrid. Dia dibeli dari Chelsea dengan harga 115 juta euro atau setara Rp1,88 triliun pada tahun 2019. Sayangnya, penampilannya di Real Madrid tak seperti yang diharapkan dan dia kerap mengalami cedera panjang. 

Alhasil, selama tahun 2021 banderolnya kembali anjlik sebesar 35 juta euro atau setara Rp575 miliar. Saat ini, Hazard hanya memiliki banderol sebesar 25 juta euro. 

5. Roberto Firmino

7 Pemain yang Banderolnya Turun Drastis Sepanjang Tahun 2021potret Roberto Firmino bersama Liverpool (liverpoolecho.co.uk)

Pada musim ini, Roberto Firmino berhasil mencetak 2 gol dan 2 assist di Liga Champions. Selain itu, dia juga berhasil menorehkan 4 gol dan 1 assist di Premier League. Walau begitu, banderolnya tetap turun sebesar 32 juta euro atau setara Rp525 miliar. 

Banyak yang meyakini bahwa hal tersebut tak lepas dari usianya yang sudah menginjak 30 tahun. Pemain yang juga membela Timnas Brasil itu kontraknya baru selesai di Liverpool pada tahun 2023 nanti. 

6. Clement Lenglet

7 Pemain yang Banderolnya Turun Drastis Sepanjang Tahun 2021potret Clement Lenglet bersama Barcelona (instagram.com/clement_lenglet)

Clement Lenglet gagal tampil sesuai ekspektasi bersama Barcelona musim lalu. Tak heran jika banderolnya naik tajam pada tahun ini. Setidaknya banderol 35 juta euro atau setara Rp525 miliar. 

Pemain berusia 26 tahun itu juga gagal menembus skuad Prancis, baik di Piala Eropa 2020 ataupun UEFA Nations League. Di Barcelona, dia juga kesulitan untuk bersaing dengan Eric Garcia dan Gerard Pique. 

7. Miralem Pjanic

7 Pemain yang Banderolnya Turun Drastis Sepanjang Tahun 2021potret Miralem Pjanic bersama Besiktas (instagram.com/miralem_pjanic)

Miralem Pjanic merupakan pemain Barcelona yang saat ini dipinjamkan ke Besiktas musim ini. Memang, dia sendiri gagal tampil gemilang bersama Barcelona musim lalu. Padahal, dia berstatus pemain baru dari Juventus dengan harga 60 juta euro atau setara Rp985 miliar. 

Banderolnya sendiri turun sebesar 32 juta euro atau setara Rp525 miliar. Di Besiktas, penampilannya pun dapat dikatakan lebih baik daripada musim lalu walaupun jarang disorot oleh banyak media. 

Nah, itu dia tujuh pemain yang banderolnya anjlok secara tajam selama tahun 2021. Walau begitu, bukan berarti ketujuh pemain tersebut tampil buruk. Adakah pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Rekor Premier League yang Berhasil Dipecahkan Mohamed Salah, Epik!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya