Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Prancis Bakal Jadi Juara Piala Eropa 2020

Siapa di sini yang menjagokan Prancis di Piala Eropa 2020?

Piala Eropa 2020 telah dimulai dan seluruh peserta kompetisi empat tahunan tersebut telah mempersiapkan skuat terbaiknya untuk menjadi juara turnamen ini, termasuk Prancis. Prancis sendiri merupakan salah satu negara yang difavoritkan dalam perebutan trofi Piala Eropa 2020 ini.

Memang, Prancis sendiri memiliki banyak keunggulan dari berbagai macam aspek saat berada di lapangan. Berikut 5 alasan mengapa Prancis bakal jadi juara Piala Eropa 2020. 

1. Skuat terbaik di masing-masing posisi

5 Alasan Mengapa Prancis Bakal Jadi Juara Piala Eropa 2020potret skuad Prancis(worldfootball.net)

Dari 26 pemain yang dibawa oleh Timnas Prancis untuk Piala Eropa 2020 nanti, tak ada satu pun pemain mereka yang tidak berstatus pemain top. Di posisi kiper, Hugo Lloris dan Mike Maignan siap bersaing untuk menjadi andalan di bawah mistar. Belum lagi persaingan di lini bek tengah yang terdapat para bek tangguh seperti Raphaël Varane, Kurt Zouma, Clément Lenglet, hingga kimpembe.

Di lini tengah, terdapat beberapa gelandang top seperti N'Golo Kante, Paul Pogba, hingga Moussa Sissoko. Belum lagi lini depan mereka yang sangat berbahaya seperti Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, dan Karim Benzema. Jika ada salah satu pemain mereka yang cedera atau harus diistirahatkan, Didier Deschamps tak usah pusing lagi dalam menentukan penggantinya.

2. Prancis dapat menerapkan berbagai macam formasi dan taktik

5 Alasan Mengapa Prancis Bakal Jadi Juara Piala Eropa 2020potret Benjamin Pavard dan Lucas Hernandez(vbetnews.com)

Jika dilihat dari daftar pemain yang dibawa, Didier Deschamps kemungkinan besar akan menerapkan formasi 4-3-3 atau 4-1-2-1-2. Lini tengah akan menjadi kunci bagi kesuksesan Prancis di setiap pertandingannya. Uniknya, Prancis juga dapat menerapkan formasi 4-4-2 dengan memainkan beberapa pemain sayap mereka seperti Kingsley Coman, Marcus Thuram, hingga Ousmane Dembele.

Jika Prancis menerapkan formasi 4-3-3, bek sayap akan menjadi salah satu tumpuan untuk membangun menyerang. Dalam hal ini, Deschamps akan mengandalkan Lucas Digne , Lucas Hernandez, dan Benjamin Pavard yang memiliki daya dobrak yang sangat berbahaya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Spanyol Bakal Kesulitan Menjuarai Piala Eropa 2020

3. Ajang balas dendam dari luka Piala Eropa 2016

5 Alasan Mengapa Prancis Bakal Jadi Juara Piala Eropa 2020potret Prancis saat menjuarai Piala Dunia 2018(africanews.com)

Pada Piala Eropa 2016, Prancis sebenarnya bisa saja menjadi juara kompetisi tersebut asalkan menang melawan Timnas Portugal. Sayangnya, Prancis sendiri harus mengakui keunggulan Portugal dengan skor 1-0 di partai puncak kompetisi tersebut. Uniknya, pada Piala Dunia 2018, Prancis keluar sebagai juara kompetisi sepak bola paling bergengsi di dunia.

Pastinya Prancis tak mau kehilangan momen agar dapat sekaligus meraih gelar Piala Eropa 2020 di tahun ini. Berstatus sebagai juara Piala Dunia 2018 pastinya akan menjadi motivasi tersendiri agar dapat tampil optimal di setiap pertandingan.

4. Banyak pemain Prancis yang sedang matang pada musim ini

5 Alasan Mengapa Prancis Bakal Jadi Juara Piala Eropa 2020potret Karim Benzema bersama Timnas Prancis(90min.com)

Selain memiliki skuat yang dalam, tak boleh dilupakan bahwa Prancis memiliki cukup banyak pemain yang sedang matang pada musim ini. Terdapat Kurt Zouma dan N'Golo Kante yang merupakan jawara Liga Champions musim ini bersama Chelsea. Belum lagi ada Mike Maignan yang berhasil membawa LOSC Lille yang menjuarai Ligue 1. 

Benjamin Pavard, Lucas Hernandez, Kingsley Coman juga berstatus sebagai jawara Bundesliga dalam beberapa tahun terakhir. Ada juga Antoine Griezmann, Karim Benzema, dan Kylian Mbappe yang sedang on fire di klub mereka masing-masing. Pastinya hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Didier Deschamps agar meningkatkan motivasi skuatnya. 

5. Lini tengah Prancis yang serba bisa

5 Alasan Mengapa Prancis Bakal Jadi Juara Piala Eropa 2020potret Paul Pogba dan N'Golo Kante(football365.com)

Harus diakui bahwa lini tengah Timnas Prancis memiliki kedalaman yang mumpuni. Selain itu, beberapa pemain mereka juga dapat berperan di beberapa posisi lainnya. Ada N'Golo Kante yang dapat berperan sebagai pemain tengah sekaligus gelandang bertahan. Belum lagi peran Paul Pogba yang dapat leluasa mencari celah di segala penjuru lapangan untuk membangun serangan seperti yang dilakukannya di Manchestr United.

Tolisso juga dapat berperan sebagai gelandang bertahan dan gelandang serang jika diperlukan. Peran Adrien Rabiot juga penting di posisi tengah karena dia juga dapat berpindah posisi sebagai gelandang bertahan.

 

Nah, itu dia 5 alasan mengapa Timnas Prancis bakal menjadi juara Piala Eropa 2020 nanti. Memang, Prancis sendiri merupakan salah satu negara yang difavoritkan menjuarai kompetisi empat tahunan ini oleh para penggemar bola. Menurutmu, apakah Prancis memang akan menjuarai Piala Eropa 2020?

Baca Juga: 5 Timnas dengan Skuad Termahal di Ajang Piala Eropa 2020, Mana Saja?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya