Angkat Kaki dari Aston Villa, 5 Fakta Menarik dari Dean Smith

Padahal Dean Smith pernah catat rekor klub di Aston Villa

Kekalahan Aston Villa atas Southampton dengan skor 0-1 tampaknya harus memakan korban. Pasalnya, pelatih Aston Villa Dean Smith harus angkat kaki dari markas klub tersebut. Hal tersebut tak lepas pula dari gagalnya Aston Villa dalam meraih kemenangan di 5 laga terakhir. 

Banyak yang tak tahu tentang sosok Dean Smith yang saat ini berstatus pelatih bebas transfer. Pelatih asal Inggris itu namanya naik daun ketika musim lalu membawa Aston Villa menuju puncak performanya. Berikut lima fakta dari Dean Smith yang baru saja angkat kaki dari markas Aston Villa. 

1. Legenda klub Walsall

Angkat Kaki dari Aston Villa, 5 Fakta Menarik dari Dean Smithpotret Dean Smith bersama Walsall (expressandstar.com)

Layaknya pelatih pada umumnya, Dean Smith juga merupakan seorang pesepak bola saat masih muda. Dia mengawali karier dengan bergabung akademi Walsall. Bagi kamu yang belum tahu, Walsall merupakan klub yang berada di wilayah West Midlands County. 

Pada tahun 1989, dia diorbitkan untuk masuk ke tim utama Walsall. Setelah 5 tahun membela Walsall, dia dibeli oleh Hereford United dengan harga 87.000 pounsterling atau setara Rp1,6 miliar. Sejak itu, kariernya mulai perlahan-lahan stagnan. 

Dia pensiun sebagai pesepak bola pada tahun 2005 dengan klub terakhir Port Vale yang bermain di League 2. Setelah itu, dia mengabdikan diri untuk melatih klub akademi masa kecilnya, Walsall. 

2. Kedua orang tua Dean Smith merupakan penggemar berat Aston Villa

Angkat Kaki dari Aston Villa, 5 Fakta Menarik dari Dean Smithpotret Dean Smith ketika masih muda (lifebogger.com)

Dean Smith lahir pada 19 Maret 1971 di West Bromwich, Inggris. Dia lahir dari pasangan Hilary Smith dan Ron Smith yang juga merupakan warga asli Inggris. Menariknya, kedua orang tua Dean Smith merupakan penggemar berat Aston Villa, dilansir SportMob

Padahal, di kota mereka terdapat pula klub top lainnya seperti West Bromwich Albion. Pastinya kedua orang tuanya sangat bangga dapat melihat Dean Smith dapat melatih klub kesayangan mereka Aston Villa selama 2018 hingga 2021.

Baca Juga: 5 Pemain Muda yang Tampil Impresif di Ajang Premier League Sejauh Ini

3. Awal karier Dean Smith menjadi pelatih

Angkat Kaki dari Aston Villa, 5 Fakta Menarik dari Dean SmithMantan pelatih Aston Villa Dean Smith (teamtalk.com)

Setelah pensiun sebagai seorang pesepak bola, Dean Smith memutuskan untuk menjadi seorang pelatih. Dia membutuhkan waktu 4 tahun untuk berhasil melatih suatu klub. Kala itu, dia ditunjuk untuk menangani akademi klub Walsall. 

Melihat performa Dean Smith yang bagus di akademi Walsall, dia diangkat menjadi pelatih tim utama Walsall pada tahun 2011. Sejak itu, kariernya perlahan-lahan naik hingga akhirnya dia diboyong Brentford pada tahun 2015. Singkat cerita, dia resmi ditunjuk untuk melatih Aston Villa pada Oktober 2018 lalu. 

4. Dean Smith catatkan rekor klub di Aston Villa

Angkat Kaki dari Aston Villa, 5 Fakta Menarik dari Dean Smithpotret Jack Grealish bersama Dean Smith saat menjuarai Championship (sportmob.com)

Pada awal kepelatihan Dean Smith bersama Aston Villa, semua berjalan dengan mulus. Bahkan, Dean Smith berhasil mencetak rekor klub, yaitu kemenangan terpanjang klub sepanjang sejarah. Kala itu, Aston Villa berhasil memenangkan 10 laga beruntun di ajang Championship saat menang melawan Millwall 1-0. 

Tak hanya itu, Dean Smith juga berhasil membawa Aston Villa promosi ke Premier League sekaligus menjuarai Championship 2018/2019. Sejak saat itu, Dean Smith masuk dalam daftar pelatih top asal Inggris hingga saat ini. 

5. Beberapa pemain top berhasil diorbitkan Dean Smith di Aston Villa

Angkat Kaki dari Aston Villa, 5 Fakta Menarik dari Dean Smithpotret Dean Smith bersama Jack Grealish di Aston Villa (sportinglife.com)

Dapat dikatakan pada musim lalu merupakan musim kejayaan Dean Smith bersama Aston Villa dalam beberapa musim terakhir. Memang, klub tersebut tak mampu lolos ke ajang Eropa. Walau begitu, terdapat beberapa pemain Aston Villa yang berhasil diorbitkan Dean Smith. 

Sebut saja Jack Grealish yang baru saja dibeli Mancheste City dan dinobatkan sebagai pemain termahal Inggris sejauh ini. Nama-nama seperti Tyrone Mings, Ezri Konsa, Ollie Watkins, dan Matt Targett juga merupakan pemain yang diorbitkan Dean Smith. Dia sangat berjasa dalam membawa Tyrone Mings dan Jack Grealish dipanggil di skuad Timnas Inggris dalam beberapa waktu terakhir. 

Peran Dean Smith bagi klub Aston Villa pastinya akan sulit dilupakan oleh para fans klub tersebut. Apalagi Dean Smith berhasil mengorbitkan beberapa pemain top saat ini. Kira-kira, kemanakah klub yang akan menjadi pelabuhan Dean Smith selanjutnya?

Baca Juga: 5 Fakta Kemenangan Arsenal atas Watford di EPL, Laga Spesial Arteta!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya