5 Hal Menarik tentang Undian Fase Grup Liga Champions 2021/2022

Ada sejarah baru yang tercatat! #IDNTimesSport

Undian fase grup Liga Champions 2021/2022 baru saja berakhir dengan menampilkan kejutan. Dua mantan pemain Chelsea, Branislav Ivanovic dan Michael Essien menjadi bintang tamu untuk mengambil undian. Mereka bertugas untuk mengambil bola undian 32 klub yang akan bertanding untuk ditempatkan di 8 grup. 

Pastinya, terdapat beberapa hal menarik tentang kompetisi tahunan itu yang wajib kamu tahu mengingat terdapat kejutan yang terjadi dalam pengundian. Berikut lima hal menarik tentang undian fase grup Liga Champions 2021/2022 yang tak boleh terlewatkan. 

1. Potensi Cristiano Ronaldo berhadapan dengan Lionel Messi di fase grup

5 Hal Menarik tentang Undian Fase Grup Liga Champions 2021/2022potret Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (givemesport.com)

Lionel Messi merupakan pemain Paris Saint-Germain yang didatangkan dari Barcelona dengan status bebas transfer. Sedangkan Cristiano Ronaldo merupakan pemain Juventus yang dikabarkan akan pindah ke Manchester City. Seperti yang diketahui bahwa Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo merupakan pemain yang saling bersaing dalam memperebutkan segala hal saat masih bermain di LaLiga, mulai dari perebutan trofi LaLiga hingga Ballon D'or. 

Mereka berdua berkesempatan untuk berduel kembali andaikan Juventus menyepakati penawaran yang diberikan Manchester City untuk memboyong Cristiano Ronaldo. Manchester City dan Ronaldo sendiri dikabarkan sudah mencapai kesepakatan personal beberapa waktu lalu. Manchester City dan Paris Saint-Germain sama-sama berada di Grup A bersama RB Leipzig dan Club Brugge.

2. Terdapat 2 grup neraka

5 Hal Menarik tentang Undian Fase Grup Liga Champions 2021/2022potret Phil Foden saat melawan Paris Saint-Germain (vbetnews.com)

Grup nereka merupakan istilah bagi grup Liga Champions yang mempertemukan beberapa klub top dalam satu grup. Di Liga Champions 2021/2022, setidaknya ada 2 grup yang dipercaya merupakan grup nereka, yaitu Grup A dan Grup B. Di Grup A terdapat Manchester City, Paris Saint-Germain, RB Leipzig, dan Club Brugge. 

Pada musim lalu, PSG dan RB Leipzig sama-sama berada di grup yang sama setelah berhasil menyingkirkan Manchester United ke Liga Europa. Di Grup B, terdapat Liverpool, Atletico Madrid, AC Milan, dan FC Porto. FC Porto tak dapat dikatakan sebagai kuda hitam karena klub tersebut lolos ke babak 8 besar Liga Champions musim lalu. 

Baca Juga: Liga Champions 2021/22: Romansa, Dendam, hingga Keajaiban

3. Peluang lolosnya klub ke babak 16 besar di Grup D yang susah ditebak

5 Hal Menarik tentang Undian Fase Grup Liga Champions 2021/2022potret Erling Haaland bersama Borussia Dortmund (futballnews.com)

Walaupun tak diisi oleh klub-klub elit, Grup D juga tak kalah menarik untuk diperhatikan. Di grup tersebut tersebut Sporting CP sang juara Liga Portugal musim lalu, Borussia Dortmund, Ajax, dan Besiktas. Dapat dikatakan Sporting CP, Dortmund, dan Ajax memiliki kekuatan yang sama imbang.

Disisi lain, Besiktas yang bertatus klub yang berada di negara tuan rumah pastinya akan menjadi ancaman tersendiri bagi 3 klub lainnya. Dapat dikatakan Grup D merupakan grup yang akan susah ditebak klub mana saja yang akan lolos di fase grup selain Grup A dan Grup B. 

4. Fase grup merupakan ajang balas dendam bagi banyak klub

5 Hal Menarik tentang Undian Fase Grup Liga Champions 2021/2022ilustrasi Real Madrid versus Inter Milan (sportco.io)

Dapat dikatakan fase grup Liga Champions 2021/2022 merupakan ajang balas dendam bagi banyak klub. Pertama, Manchester United akan menghadapi sesama finalis Liga Europa 2020/2021 Villareal di Grup F. Kala itu, Villareal unggul atas Manchester United melalui drama adu penalti. 

Masih ingat pembantaian Bayern Munich atas Barcelona dengan skor 8-2 pada Liga Champions 2019/2020? Kala ini, dengan materi pemain yang berbeda, Barcelona tak akan membiarkan Bayern Munich lolos dari Grup E dengan mudah. Di grup neraka, Grup A, Paris Saint-Germain berambisi untuk membalas kekalahan atas Manchester City pada semifinal Liga Champions musim lalu. 

Shakhtar Donetsk, Real Madrid, dan Inter Milan bertemu lagi dalam satu grup di Liga Champions 2021/22. Bedanya, yang menemani ketiga klub tersebut bukan Borussia Moenchengladbach melainkan FC Sheriff Tiraspol. 

5. FC Sheriff Tiraspol klub pertama dari negara Moldova yang bermain di Liga Champions

5 Hal Menarik tentang Undian Fase Grup Liga Champions 2021/2022potret para pemain FC Sheriff Tiraspol (sports-prediction.net)

Ada nama baru di Liga Champions 2021/2022, yaitu FC Sheriff Tiraspol. Klub tersebut merupakan perwakilan dari negara Moldova. Dalam sejarahnya, belum ada klub asal Moldova yang berhasil menembus Liga Chamions. 

Artinya, FC Sheriff Tiraspol merupakan klub pertama asal Moldova yang bermain di Liga Champions sepanjang sejarah. Klub tersebut berada di Grup D bersama Shakhtar Donetsk, Real Madrid, dan Inter Milan. Meskipun berstatus sebagai anak baru di Liga Champions, bukan berarti klub tersebut tak bisa memberikan kejutan pada musim ini. 

Cukup banyak fakta menarik di fase grup Liga Champions 2021/2022. Menurutmu, klub mana saja yang akan lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini?

Baca Juga: Liverpool Masuk Grup Maut Liga Champions, Klopp Justru Tertawa

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya