5 Pelatih Negara Peserta Piala Eropa 2020 yang Pernah Melatih Klub Top

Mulai dari Luis Enrique hingga Gareth Southgate

Piala Eropa 2020 akan memasuki babak final yang mana mempertemukan Inggris dan Italia. Inggris berhasil mengalahkan Denmark dengan skor 1-2 dan Italia berhasil mengalahkan Spanyol lewat babak adu penalti. Kesuksesan kedua negara tersebut pastinya tak lepas dari kecerdasan sang pelatih masing-masing.

Di sisi lain, di Piala Eropa 2020 sendiri terdapat beberapa pelatih negara peserta yang ternyata pernah melatih klub top. Dapat dikatakan klub yang pernah mereka latih menjadi batu loncatan bagi beberapa pealtih tersebut. Berikut 5 pelatih negara peserta Piala Eropa 2020 yang pernah melatih klub top. 

1. Luis Enrique - Spanyol (Barcelona)

5 Pelatih Negara Peserta Piala Eropa 2020 yang Pernah Melatih Klub Toppotret Luis Enrique (fcbarcelona.com)

Bagi kamu fans Barcelona, pastinya kamu sudah tahu bahwa Luis Enrique pernah melatih klub Barcelona. Pelatih Timnas Spanyol itu merupakan pelatih Barcelona pada tahun 2014 hingga 2017. Dia berhasil memberikan 1 gelar Liga Champions, 3 Piala Spanyol, dan 2 gelar LaLiga selama melatih Barcelona.

Pada Juli 2018, Luis Enrique ditunjuk sebagai pelatih Timnas Spanyol hingga Desember 2022 nanti. Kontraknya akan habis setelah Piala Dunia 2022 yang akan diadakan pada Juni tahun depan. Di Piala Eropa 2020, setidaknya Enrique telah membawa Spanyol masuk ke babak semifinal.

2. Frank de Boer - Belanda (Inter Milan dan Ajax)

5 Pelatih Negara Peserta Piala Eropa 2020 yang Pernah Melatih Klub Toppotret Frank De Boer saat bersama Inter Milan (inter.it)

Frank de Boer memutuskan untuk mundur dari kursi kepelatihan di Timnas Belanda setelah kalah dari Timnas Republik Ceko di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Frank de Boer sendiri ditunjuk sebagai pelatih Belanda sejak September 2020 lalu. Kekalahan Belanda atas Republik Ceko memang di luar ekspektasi banyak orang.

Frank de Boer sendiri pernah memiliki pengalaman melatih klub top Eropa, yaitu Inter Milan dan Ajax. Dia melatih Inter Milan hanya dalam beberapa bulan saja di tahun 2016. Sedangkan di Ajax, dia sudah cukup lama melatih klub tersebut, yaitu pada tahun 2010 hingga 2016.

Baca Juga: 7 Momen Tak Terlupakan di Laga Final Sepanjang Sejarah Piala Eropa

3. Roberto Martínez - Belgia (Everton)

5 Pelatih Negara Peserta Piala Eropa 2020 yang Pernah Melatih Klub Toppotret Roberto Martinez saat bersama Everton (futsalfocus.net)

Meskipun tak mampu membawa Belgia lolos ke babak semifinal akibat dikalahkan Italia, harus diakui bahwa Roberto Martínez merupakan pelatih yang hebat. Setidaknya terdapat cukup banyak nama pemain top yang berhasil dia orbitkan selama melatih Belgia. Dia sendiri ditunjuk untuk melatih Belgia sejak tahun 2016 lalu.

Sebelum melatih Belgia, dia sendiri merupakan pelatih dari klub Premier League Everton pada tahun 2013 hingga 2016. Roberto Martinez juga memiliki pengalaman melatih klub Inggris lainnya seperti Swansea City da Wigan. Kontraknya di Timnas Belgia akan berakhir setelah Piala Dunia 2022 nanti.

4. Roberto Mancini - Italia (Manchester City dan Inter Milan)

5 Pelatih Negara Peserta Piala Eropa 2020 yang Pernah Melatih Klub Toppotret Roberto Mancini bersama Manchester City (90min.com)

Roberto Mancini berhasil membawa Italia lolos ke babak final Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Spanyol lewat drama adu penalti. Mancini sendiri ditunjuk untuk melatih negaranya sejak Mei 2018 lalu. Kontraknya diperkirakan habis pada tahun 2026 nanti. 

Dia sendiri pernah melatih 2 klub raksasa Eropa, yaitu Manchester City dan Inter Milan. Bersama Manchester CIty, Mancini berhasil memberikan 1 gelar Premier League dan 3 Piala FA. Bersama Inter Milan, Mancini sudah menyumbangkan 3 gelar Serie A dan 4 Italian Cup

5. Gareth Southgate - Inggris (Middlesbrough FC)

5 Pelatih Negara Peserta Piala Eropa 2020 yang Pernah Melatih Klub Toppotret Gareth Southgate bersama Middlesbrough FC (skysports.com)

Tak banyak yang tahu bahwa Gareth Southgate ternyata pernah melatih klub Inggris. Pelatih berusia 50 tahun itu pernah menangani Middlesbrough FC pada tahun 2006 hingga 2009. Memang, klub tersebut bukan merupakan klub raksasa di Inggris.

Meskipun begitu, Gareth Southgate sendiri berhasil membawa Middlesbrough FC naik daun di masa kepelatihannya. Southgate berhasil membawa Inggris lolos ke final Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Denmark dengan skor 1-2. Pastinya hal tersebut akan menjadi momen yang berharga bagi Southgate untuk meraih trofi pertama kalinya. 

Nah, itu dia 5 pelatih negara peserta Piala Eropa 2020 yang pernah menangani klub top. Memang, tak usah diragukan lagi kualitas dari kelima pemain di atas. Roberto Mancini dan Gareth Southgate akan saling bersaing di babak final Piala Eropa 2020 nanti.

Baca Juga: 7 Hal Menarik yang Bisa Terjadi di Final Piala Eropa 2020

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya