Comscore Tracker

6 Pemain Bebas Transfer yang Tampil Impresif di Piala Eropa 2020

Termasuk Donnarumma dan Chiellini

Timnas Italia dipastikan lolos ke babak final Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Spanyol melalui drama adu penalti. Sejauh ini, terdapat cukup banyak pemain yang berhasil tampil impresif. Menariknya, beberapa pemain tersebut justru pindah klub dengan status bebas transfer. 

Hal tersebut pastinya menjadi kerugian tersendiri bagi klub lamanya mengingat nilai pemain dapat melonjak tajam saat tampil memukau di ajang internasional. Berikut 6 pemain bebas transfer yang tampil impresif di Piala Eropa 2020. 

1. Gini Wijnaldum - Belanda

6 Pemain Bebas Transfer yang Tampil Impresif di Piala Eropa 2020potret Gini Wijnaldum(empireofthekop.com)

Fans Liverpool pastinya tak asing lagi dengan sosok Gini Wijnaldum. Kapten Timnas Belanda ini sebenarnya dirumorkan ke Barcelona dalam beberapa bulan terakhir. Menariknya, Wijnaldum malah resmi pindah ke Paris Saint-Germain.

Wijnaldum dipercaya akan memperoleh gaji sebesar 9,5 juta euro atau sekitar 164,7 miliar rupiah  per tahun. Wijnaldum sendiri gagal mengantarkan Belanda lolos ke perempat final setelah kalah dari Republik Ceko dengan skor 2-0. Meskipun begitu, dia berhasil tampil memukau di lini tengah Belanda dan menjadi sosok penting dalam membangun mentalitas tim di Piala Eropa 2020.

2. David Alaba - Austria

6 Pemain Bebas Transfer yang Tampil Impresif di Piala Eropa 2020potret David Alaba bersama Timnas Austria(livescore.com)

David Alaba merupakan sosok penting di skuad Austria dalam ajang Piala Eropa 2020. Mantan pemain Bayern Munich itu resmi bergabung ke Real Madrid dalam beberapa minggu terkahir. Alaba sendiri memang tidak memperpanjang kontrak pemain berusia 28 tahun itu walau dia mendapatkan menit bermain yang banyak di Bayern Munich musim lalu.

Di Piala Eropa 2020, Alaba berhasil menunjukkan kualitasnya dengan membawa Austria sebagai runner up Grup C di bawah Belanda. Sayangnya, di babak 16 besar Austria harus mengakui keunggulan finalis Piala Eropa 2020, yaitu Italia dengan skor akhir 2-1. 

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Resmi Berganti Klub dengan Status Free Transfer

3. Tomas Vaclik - Republik Ceko

6 Pemain Bebas Transfer yang Tampil Impresif di Piala Eropa 2020potret Tomas Vaclik bersama Sevilla(sillyseason.com)

Tomas Vaclik memang berhasil tampil impresif bersama Timnas Republik Ceko di ajang Piala Eropa 2020. Setidaknya dia hanya kebobolan 4 kali dan memberikan 2 clean sheets dari 5 pertandingan yang dijalaninya. Tomas Vaclik juga mampu memberikan 14 penyelamatan gemilang di sepanjang Piala Eropa 2020 dilansir laman UEFA.

Sayangnya, Republik Ceko sendiri harus mengakui keunggulan Denmark di perempat final dengan skor 1-2. Uniknya, kontrak Tomas Vaclik di Sevilla sudah habis dalam belum ada kesepakatan antara agensi Tomas Vaclik dan pihak manajemen Sevilla. Tomas Vaclik dikabarkan memang ingin meninggalkan Sevilla karena ingin mempunyai menit bermain yang reguler.

4. Giorgio Chiellini - Italia

6 Pemain Bebas Transfer yang Tampil Impresif di Piala Eropa 2020potret Giorgio Chiellini bersama Timnas Italia(forzaitalianfootball.com)

Giorgio Chiellini merupakan bek tengah andalan Timnas Italia di Piala Eropa 2020. Kontraknya sendiri habis pada Juni 2021 lalu dan sejauh ini belum ada pengumuman perpanjang kontraknya dari Juventus. Chiellini sendiri mengatakan belum siap untuk pensiun di musim ini sehingga terdapat 2 kemungkinan terkait masa depannya, yaitu bertahan di Juventus atau pindah ke klub lain.

Saat ini, statusnya sendiri masih sebagai pemain bebas transfer. Masa depan Chiellini dipercaya akan ditentukan setelah final Piala Eropa 2020 mengingat negaranya baru saja mengalahkan Spanyol di semifinal melalui babak adu penalti.

5. Gianluigi Donnarumma - Italia

6 Pemain Bebas Transfer yang Tampil Impresif di Piala Eropa 2020potret Gianluigi Donnarumma bersama Timnas Italia (sempremilan.com)

Satu lagi pemain Italia di Piala Eropa 2020 yang berstatus bebas transfer ialah Gianluigi Donnarumma. Kiper utama Italia itu tidak memperpanjang kontraknya bersama AC Milan yang habis pada Juni 2021 lalu. Dia dipercaya akan segera bergabung ke Paris Saint-Germain setelah Piala Eropa 2020 selesai.

Gianluigi Donnarumma sendiri sudah memberikan 3 clean sheets dan baru kebobolan 3 gol. Donnarumma merupakan salah satu pahlawan yang mampu mengantarkan Italia lolos ke final setelah menepis eksekusi penalti dari Alvaro Morata.

6. Memphis Depay

6 Pemain Bebas Transfer yang Tampil Impresif di Piala Eropa 2020potret Memphis Depay bersama Timnas Belanda(squawka.com)

Tampil impresif di fase grup, Memphis Depay berhasil menjadi sorotan publik di ajang Piala Eropa 2020. Sayangnya, Depay tak mampu membawa Belanda lolos ke perempat final setelah negaranya dikalahkan oleh Republik Ceko dengan skor 2-0. Dari 4 pertandingan yang dijalaninya, Depay sudah memberikan 2 gol dan 1 assist.

Depay sendiri resmi meninggalkan Lyon secara gratis ke Barcelona pada bursa transfer musim panas ini. Pastinya hal tersebut menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi Barcelona mengingat Depay memiliki banderol sebesar 45 juta euro atau sekitar 770 miliar rupiah.

Nah, itu dia 6 pemain berstatus bebas transfer yang tampil impresif di ajang Piala Eropa 2020. Memang, nama-nama seperti Wijnaldum, Depay, dan Alaba sudah resmi pindah ke klub lain. Ada juga Donnarumma, Vaclik, dan Chiellini yang kariernya ditentukan setelah ajang Piala Eropa 2020. 

Baca Juga: 8 Pemain Top yang Pindah dengan Status Bebas Transfer di Musim 2021/22

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya