6 Pemain Belakang yang Masuk Top 40 Calon Peraih Golden Boy 2021

Akankah ada pemain belakang yang meraih Golden Boy lagi?

Beberapa waktu lalu, Tuttosport merilis daftar nama pemain muda yang masuk dalam top 40 calon peraih Golden Boy 2021. Penghargaan Golden Boy sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada para pemain sepak bola muda yang berusia di bawah 21 tahun dan berhasil tampil impresif dalam satu tahun kalender.

Menariknya, hanya ada satu pemain belakang yang pernah meraih penghargaan Golden Boy, yaitu Matthijs de Ligt pada tahun 2018. Dalam daftar nama yang masuk top 40 calon peraih Golden Boy 2021, ternyata terdapat beberapa pemain belakang. Kira-kira siapa saja mereka? Yuk, simak penjelasannya. 

1. William Saliba - Marseille

6 Pemain Belakang yang Masuk Top 40 Calon Peraih Golden Boy 2021potret William Saliba bersama Marseille (teamtalk.com)

William Saliba merupakan pemain Arsenal yang dipinjamkan ke Marseille selama semusim pada musim 2021/2022. Pada musim lalu, pemain berusia 20 tahun itu juga dipinjamkan ke sesama klub asal Prancis, yaitu OGN Nice. Memang, selama masa peminjaman dia berhasil tampil impresif di ajang Ligue 1.

Tak heran jika namanya masuk dalam top 40 calon peraih Golden Boy 2021 yang pemenangnya akan dimumkan pada November 2021 nanti. Dia merupakan satu-satunya bek tengah dari Ligue 1 yang masuk dalam top 40 calon peraih Golden Boy edisi tahun ini. 

2. Luke Thomas - Leicester City

6 Pemain Belakang yang Masuk Top 40 Calon Peraih Golden Boy 2021potret Luke Thomas bersama Leicester City (dailyadvent.com)

Salah satu produk unggul akademi Leicester City saat ini ialah Luke Thomas. Pemain yang berposisi sebagai bek sayap kiri itu masuk dalam top 40 calon peraih penghargaan Golden Boy. Memang, dia berhasil tampil impresif di ajang Premier League dan Piala FA musim lalu. 

Pemain berusia 20 tahun itu menjadi pemain belakang yang cermat dalam memberikan crossing dan melakukan akselerasi. Luke Thomas juga mampu memiliki kecermatan dalam membaca serangan dari sisi sayap. Luke Thomas merupakan satu-satunya pemain Premier League yang masuk dalam daftar top 40 Golden Boy 2021. 

Baca Juga: 5 Timnas Sepak Bola dengan Rekor Tanpa Kalah Terlama Sepanjang Sejarah

3. Jurrien Timber - Ajax

6 Pemain Belakang yang Masuk Top 40 Calon Peraih Golden Boy 2021potret Jurrien Timber bersama Ajax (tellerreport.com)

Seperti yang diketahui, Matthijs de Ligt berhasil meraih penghargaan Golden Boy 2021 setelah tampil gemilang bersama Ajax. Pada tahun ini, ada juga bek tengah Ajax juga masuk dalam top 40 Golden Boy 2021, yaitu Jurrien Timber. Pemain berusia 20 tahun itu memang berhasil tampil apik di ajang Eredivisie musim lalu. 

Dia cukup bagus dalam mengambil bola-bola atas. Selain itu, dia juga memiliki kemampuan membaca serangan yang baik. Tak heran jika dia dipanggil untuk membela Timnas Belanda senior dalam beberapa waktu terakhir. 

4. Nuno Mendes - Paris Saint-Germain

6 Pemain Belakang yang Masuk Top 40 Calon Peraih Golden Boy 2021potret Nuno Mendes (en.psg.fr)

Nuno Mendes merupakan salah satu rekrutan baru Paris Saint-Germain pada bursa transfer musim panas ini. Dia dipinjam dari klub asal Portugal Sporting CP dengan biaya peminjaman 7 juta euro atau 116 miliar rupiah. Nuno Mendes memang dikenal sebagai bek sayap kiri yang memiliki kemampuan menyerang yang baik. 

Pastinya Nuno Mendes sangat cocok untuk bermain di Paris Saint-Germain yang merupakan klub dengan intensitas menyerang yang tinggi. Pemain berusia 19 tahun itu merupakan satu-satunya bek sayap yang masuk dalam top 40 calon peraih Golden Boy 2021 dari Ligue 1. 

5. Eric Garcia - Barcelona

6 Pemain Belakang yang Masuk Top 40 Calon Peraih Golden Boy 2021potret Eric Garcia bersama Barcelona (skysports.com)

Eric Garcia merupakan talenta muda yang bergabung ke Barcelona secara gratis dari Manchester City. Pemain berusia 20 tahun itu, memang merupakan pemain belakang yang sangat bagus dalam membangun serangan dari belakang. Dia juga merupakan sosok penting di skuad Spanyol atas keberhasil tim tersebut melaku semifinal di ajang Piala Eropa 2020 dan final Olimpiade Tokyo 2020. 

Tah heran jika Eric Garcia masuk dalam top 40 calon peraih penghargaan Golden Boy 2021. Saat ini, dia memiliki banderol sebesar 20 juta euro atau setara 334 miliar rupiah. Dapat dikatakan Garcia merupakan salah satu kandidat kuat yang akan meraih Golden Boy edisi kali ini. 

6. Odilon Kossounou - Bayer 04 Leverkusen

6 Pemain Belakang yang Masuk Top 40 Calon Peraih Golden Boy 2021potret Odilon Kossounou (new.in-24.com)

Odilon Kossounou merupakan pemain baru Bayer 04 Leverkusen yang dibeli dari Club Brugge. Pemain berusia 20 tahun itu berposisi sebagai bek tengah. Pemain asal Pantai Gading itu dikenal sebagai pemain belakang yang berpostur tinggi sehingga unggul dalam mengantisipasi bola atas. 

Bersama Club Brugge, dia memang berhasil tampil impresif di ajang Jupiler Pro League yang merupakan kompetisi liga sepak bola di Belgia. Di beberapa laga awalnya dalam ajang Bundesliga dan Liga Europa, dia menjadi salah satu bek tengah yang susah dilewati oleh lawan. 

Saat ini, mereka memang dipercaya menjadi pemain kunci di klubnya masing-masing. Menurutmu, apakah pada tahun ini penghargaan Golden Boy diberikan kepada pemain belakang seperti yang diraih Matthijs de Ligt pada tahun 2018?

Baca Juga: 5 Film Sepak Bola Terbaik Sepanjang Sejarah, Sudah Pernah Menonton?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya