6 Pemain Kunci di Final Sepak Bola Putra Olimpiade Tokyo 2020

Mulai dari Unai Simon hingga Douglas Luiz #IDNTimesSport

Final Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepak bola putra akan dihelat akhir pekan ini. Spanyol baru saja mengalahkan tuan rumah Jepang dengan skor 1-0. Sedangkan Brasil berhasil mengalahkan Meksiko di semifinal melalui drama adu penalti dengan skor 4-1. 

Laga final sepak bola putra akan dilaksanakan di international Yokohama stadium pada 7 Agustus 2021 nanti. Spanyol dan Brasil sendiri memiliki beberapa pemain kunci yang akan menjadi andalan pada final tersebut. Kira-kira siapa saja mereka? Yuk simak penjelasannya.

1. Unai Simon - Spanyol

6 Pemain Kunci di Final Sepak Bola Putra Olimpiade Tokyo 2020potret Unai Simon bersama Timnas Spanyol (newyorklatestnews.com)

Nama Unai Simon memang sedang naik daun pada satu tahun terakhir. Dia merupakan pemain penting Spanyol di Piala Eropa 2020 dan berhasil membawa negaranya melaju ke semifinal. Pemain berusia 24 tahun itu juga menjadi andalan La Furias Roja di Olimpiade Tokyo 2020 yang sedang berlangsung. 

Dari 5 pertandingan yang dijalaninya di Olimpiade Tokyo 2020, dia sudah memberikan 3 clean sheets dan kebobolan 3 kali. Pemain Athletic Bilbao itu dipercaya akan menjadi kiper utama saat Spanyol melawan Brasil nanti. 

2. Dani Alves - Brasil

6 Pemain Kunci di Final Sepak Bola Putra Olimpiade Tokyo 2020potret Dani Alves bersama Timnas Brasil (foottheball.com)

Pemain veteral asal Brasil, Dani Alves, juga menjadi andalan negaranya di Olimpiade Tokyo. Pemain Sao Paulo itu menjadi salah satu pemain yang over-aged yang dibawa Timnas Brasil di kompetisi tersebut. Pemain berusia 38 tahun itu menjadi sosok penting di setiap pertandingan yang dijalani Brasil. 

Dalam karier sepak bolanya, Dani Alves pernah membela berbagai klub top, mulai dari Barcelona, Paris Saint-Germain, hingga Juventus. Pengalamannya di klub top Eropa itu akan sangat membantu skuad Brasil di Olimpiade Tokyo 2020 untuk mengangkat mentalitas juara di laga final nanti. 

Baca Juga: Sakura Yosozumi Sabet Emas Olimpiade Tokyo di Cabor Skateboard

3. Pedri - Spanyol

6 Pemain Kunci di Final Sepak Bola Putra Olimpiade Tokyo 2020potret Pedri bersama Timnas Spanyol (planetfootball.com)

Seperti yang diketahui, Pedri merupakan pemain muda terbaik Piala Eropa 2020 yang baru saja berakhir beberapa minggu lalu. Pemain berusia 18 tahun itu memang tampil gemilang bersama La Furias Roja dalam kompetisi tersebut. Di Olimpiade Tokyo 2020, Pedri menjadi playmaker Spanyol agar dapat menciptakan peluang-peluang berbahaya yang berujung pada gol. 

Walaupun belum bisa mencetak satu gol maupun assist di Olimpiade Tokyo 2020, Pedri dipercaya akan menjadi andalan Spanyol saat melawan Brasil nanti. Kretivitas dan kecermatannya dalam memberikan bola akan sangat dibutuhkan untuk memanjakan para pemain depan Spanyol. 

4. Richarlison - Brasil

6 Pemain Kunci di Final Sepak Bola Putra Olimpiade Tokyo 2020potret Richarlison bersama Brasil (skysports.com)

Richarlison berhasil tampil gemilang di Olimpiade Tokyo 2020 yang sedang berlangsung. Bagaimana tidak, pemain Everton itu sudah menyumbang 5 gol dan 1 assist dari 5 pertandingan yang dijalaninya. Dapat dikatakan dia merupakan penyerang paling berbahaya di Olimpiade Tokyo 2020. 

Richarlison sebenarnya juga dibawa Brasil dalam ajang Copa America 2021 walaupun penampilannya tak secemerlang di Olimpiade Tokyo 2020. Di final nanti, Richarlison diyakini akan menjadi ujung tombak Brasil untuk mendobrak lini pertahanan Spanyol. 

5. Pau Torres - Spanyol

6 Pemain Kunci di Final Sepak Bola Putra Olimpiade Tokyo 2020potret Pau Torres bersama Timnas Spanyol (marca.com)

Pau Torres berhasil tampil gemilang di Olimpiade Tokyo 2020. Dia merupakan salah satu pemain Spanyol yang dibawa ke ajang tersebut walau sudah bermain di Piala Eropa 2020. Berduet dengan Eric Garcia, Spanyol menjadi salah satu klub yang susah ditembus lini depan lawan. 

Di laga final nanti, Pau Torres akan mendapatkan pekerjaan rumah yang berat karena harus menghadang Richarlison. Seperti yang diketahui, Richarlison merupakan penyerang yang paling produktif di Olimpiade Tokyo 2020 dengan mencetak 5 gol dan 1 assist

6. Douglas Luiz - Brasil

6 Pemain Kunci di Final Sepak Bola Putra Olimpiade Tokyo 2020potret Douglas Luiz bersama Timnas Brasil (cricketsoccer.com)

Lini tengah Spanyol dikenal sangat kreatif di Olimpiade Tokyo 2020. Douglas Luiz diharapkan dapat membaca serangan dengan baik karena posisinya sendiri sebagai gelandang bertahan di Timnas Brasil. Pemain Aston Villa itu diharapkan dapat meredam kreativitas Pedri dan Marco Asensio di sisi kiri lapangan. 

Douglas Luiz sudah memberikan penampilan bagi Brasil sebanyak 8 kali. Dia juga tampil saat Brasil mengikuti ajang Copa America 2021 yang berakhir beberapa minggu lalu. Mantan pemain Manchester City itu diketahui kerap bermain sebagai pemain pelapis sebelum Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung. 

FInal Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepak bola putra akan mempertemukan negara dari keenam pemain di atas. Mereka berenam diyakini akan menjadi kunci perolehan medali emas bagi negaranya. Kamu sendiri pendukung Brasil atau Spanyol di final nanti?

Baca Juga: 9 Pemain Dunia Ini Pernah Jadi Top Skor Sepak Bola Olimpiade

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya