Comscore Tracker

5 Pemain Top Ini Ternyata Lulusan Universitas, Cerdas dan Berbakat!

Termasuk Kompany dan Juan Mata #IDNTimesSport

Di dalam dunia sepak bola, cukup jarang melihat para pesepak bola yang mendapatkan gelar sarjana atau lulusan universitas. Hal tersebut tak lepas dari kesibukan atau jadwal padat yang dimiliki oleh pesepak bola tersebut. Belum lagi jika mereka harus dipanggil untuk membela negaranya di suatu ajang internasional. 

Uniknya, terdapat beberapa pemain top yang ternyata merupakan lulusan universitas, lho. Kira-kira siapa saja ya mereka? Yuk simak penjelasannya. 

1. Giorgio Chiellini

5 Pemain Top Ini Ternyata Lulusan Universitas, Cerdas dan Berbakat!potret Giorgio Chiellini bersama Timnas Italia (forzaitalianfootball.com)

Salah satu pemain Juventus yang berhasil membawa Italia menjuarai Piala Eropa 2020, Giorgio Chiellini, merupakan pemain yang dikenal garang di lini belakang. Tak banyak yang tahu bahwa dia merupakan sarjana ekonomi. Dia mendapatkan gelar tersebut pada tahun 2010 dari University of Turin. 

Menariknya, Giorgio Chiellini juga melanjutkan gelar master beberapa tahun setelahnya dengan mengambil jurusan yang sama. Jurusan ekonomi merupakan salah satu jurusan yang dikenal tidak mudah, lho. Chiellini merupakan salah satu pesepak bola Italia yang berhasil membuktikan bahwa sepak bola tidak menjadi halangan untuk menempuh pendidikan tinggi. 

2. Vincent Kompany

5 Pemain Top Ini Ternyata Lulusan Universitas, Cerdas dan Berbakat!potret Vincent Kompany (thezimbabwemail.com)

Vincent Kompany merupakan salah satu legenda yang dimiliki oleh Manchester City yang sudah pensiun pada tahun lalu. Dia membela Manchester City pada tahun 2008 hingga 2019 dan sduah memberikan beberpaa gelar, mulai dari Premier League, Piala FA, hingga Carabao Cup. Tak banyak yang tahu bahwa Kompany merupakan seorang sarjana.

Pada tahun 2017, dia lulus dari Alliance Manchester Business School dengan jurusan administrasi bisnis. Beberapa waktu setelah itu, pemain asal Belgia itu berhasil mendapatkan gelar master. Pada tahun 2019, University of Manchester memberikan dirinya gelar kehormatan atau doktor honoris. 

Baca Juga: 9 Pesepak Bola Sabet Gelar Pemain Muda dan Pemain Terbaik Versi PFA

3. Juan Mata

5 Pemain Top Ini Ternyata Lulusan Universitas, Cerdas dan Berbakat!potret Juan Mata (7wallpapers.net)

Juan Mata yang saat ini merupakan pemain Manchester United juga merupakan salah satu pemain top yang berhasil mendapatkan gelar sarjana. Di usianya yang ke-31, dia berhasil meraih 2 gelar sarjana dari Universidad Camilo Jose Cela, Madrid. Dia mengambil jurusan ilmu olahraga dan satu lagi ialah marketing atau pemasaran. 

Selain itu, Juan Mata juga dikabarkan tertarik mempelajari ilmu psikologi. Juan Mata sendiri dikabarkan masih akan tetap bertahan di Manchester United pada musim ini walau musim lalu jarang bermain. 

4. Fikayo Tomori

5 Pemain Top Ini Ternyata Lulusan Universitas, Cerdas dan Berbakat!potret Fikayo Tomori (planetfootball.com)

Mantan pemain Chelsea yang hijrah ke AC Milan, Fikayo Tomori, juga merupakan seseorang sarjana. Pada usianya yang ke-21, dia berhasil mendapatkan gelar sarjana dari Open University dengan mengambil jurusan manajemen bisnis. Kala itu, dia memang harus pintar-pintar membagi waktu antara latihan, bertanding, dan belajar. 

Pemain asal Inggris itu mendapatkan gelar sarjananya pada tahun 2019 lalu. Lulusan akademi Chelsea itu diketahui merupakan salah satu siswa yang cerdas di sekolahnya yang bernama Gravesend Grammar School. 

5. Yuto Nagatomo

5 Pemain Top Ini Ternyata Lulusan Universitas, Cerdas dan Berbakat!potret Yuto Nagatomo (sempreinter.com)

Yuto Nagatomo merupakan pemain asal Jepang yang baru saja menyelesaikan kontraknya bersama Marseille. Saat ini, dia berstatus sebagai pemain bebas transfer. Dia sendiri merupakan pemain Timnas Jepang yang sudah memberikan penampilan sebanyak 125 kali. 

Pemain tersebut merupakan lulusan ekonomi dari University of Meiji. Tak hanya itu, Nagatomo merupakan penulis 2 buku ekonomi modern. Hal tersebut menunjukkan bahwa dia benar-benar mendalami ilmu ekonomi. 

Nah, itu dia 5 pesepak bola top yang ternyata lulusan universitas. Mereka merupakan inspirasi bagi banyak orang. Mereka berlima mampu menunjukkan bahwa pendidikan merupakan salah satu yang tak kalah penting walau sudah memiliki kesibukan berkarier di dunia sepak bola. 

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Top yang Memiliki Garis Keturunan Amerika Serikat

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya