5 Pemain Top Klub Eredivisie Belanda yang Ternyata Keturunan Indonesia

Ada kakak-beradik Reijnders!

Eredivisie merupakan kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Belanda. Terdapat beberapa klub top Eropa seperti Ajax, PSV, AZ Alkmaar, dan masih banyak lagi. Uniknya, tak banyak yang tahu bahwa terdapat beberapa pemain di klub Eredivisie yang ternyata keturunan Indonesia.

Memang, dalam sejarahnya terdapat warga Belanda yang memiliki garis keturunan dari negara Indonesia. Berikut 5 pemain top klub Eredivisie Belanda yang ternyata keturunan Indonesia. 

1. Tijjani Reijnders - AZ Alkmaar

5 Pemain Top Klub Eredivisie Belanda yang Ternyata Keturunan Indonesiapotret Tijjani Reijnders(azfanpage.nl)

Tijjani Reijnders merupakan salah satu pemain tengah andalan AZ Alkmaar di Eredivisie Belanda. Pemain berusia 22 tahun itu merupakan anak dari pesepak bola Belanda di era 1990an, yaitu Martin Reynders. Ibu dari Tijjani sendiri merupakan perempuan keturunan asal Indonesia, khususnya Maluku.

Tijjani pernah mengikuti 2 akademi Belanda, yaitu PEC Zwolle dan FC Twente sebelum dia masuk ke akademi AZ Alkmaar pada tahun 2017. Dia sendiri memiliki kewarganegaraan Belanda dan sempat membela Timnas Belanda U-20 sejak tahun 2018 lalu.

2. Eliano Reijnders - PEC Zwolle

5 Pemain Top Klub Eredivisie Belanda yang Ternyata Keturunan Indonesiapotret Eliano Reijnders dan Tijjani Reijnders(destentor.nl)

Eliano Reijnders merupakan adik dari Tijjani Reijnders. Bedanya, pemain berusia 20 tahun itu membela untuk PEC Zwolle untuk saat ini. Dia sendiri memang bergabung dari akademi PEC Zwolle sejak tahun 2016 setelah pindah dari akademi CSV '28.

Di lapangan, Eliano Reijnders sendiri berposisi sebagai winger. Namun, jika diperlukan dia dapat berposisi sebagai gelandang serang. Pada musim ini, Eliano sudah cukup tampil memukau bersama PEC Zwolle walaupun jumlah gol dan assist yang ditorehkannya masih tidak banyak.

Baca Juga: 5 Pemain Top Belanda yang Tak Masuk Skuad Tim Nasional di Euro 2020

3. Jordy Wehrmann - Feyenoord

Jordy Wehrmann merupakan pemain akademi Feyenoord yang musim depan akan dimasukkan ke skuat utama. Pada musim ini. Jordy dipinjamkan ke FC Luzern yang merupakan klub asal Swiss selama setengah musim. Pemain berusia 22 tahun itu memang tampil bagus selama masa peminjaman tersebut. 

Pemain yang berposisi sebagai pemain tengah itu juga dipercaya membela Timnas Belanda U-20 sejak tahun 2018 lalu. Setidaknya Jordy sudah membela skuat muda Belanda U-20 sebanyak 9 kali. Meskipun membela Timnas Belanda, Jordy sendiri memiliki keturunan Indonesia yang berasal dari kakek dan neneknya yang tinggal di Jakarta.

4. Neraysho Kasanwirjo - FC Groningen

Neraysho Kasanwirjo merupakan pemain akademi Ajax U-21 yang musim depan resmi membela FC Groningen. Jika dilihat dari nama belakangnya, pastinya masyarakat Suku Jawa tak asing dengan nama tersebut. Neraysho Kasanwirjo merupakan pemain yang memiliki 2 kewarganegaraan, yaitu Belanda dan Suriname. 

Dia memang memiliki garis keturunan dari negara Suriname. Dalam sejarahnya, sebagian masyarakat Suriname sendiri berasal dari Indonesia, salah satunya dari Jawa. Masyarakat Jawa yang melakukan migrasi ke Suriname pada zaman dahulu akhirnya memiliki kewarganegaraan sendiri setelah negara tersebut merdeka pada tahun 1975.

5. Benjamin van Leer - Sparta Rotterdam

Benjamin van Leer merupakan salah satu kiper yang dimiliki oleh Sparta Rotterdam. Pemain berusia 29 tahun itu memiliki keturunan asal Indonesia. Namanya sendiri mulai dikenal saat dibeli Ajax Amsterdalam dari Roda JC pada tahun 2017 lalu.

Sayangnya, dia sendiri kesulitan untuk menembus skuat utama Ajax sehingga harus dijual ke Sparta Rotterdam pada bursa transfer musim panas lalu. Lulusan akademi PSV itu sayangnya kurang mendapatkan menit bermain yang cukup pada musim ini karena kalah bersaing dengan Maduka Okoye.

Nah, itu dia 5 pemain top klub Eredivisie yang ternyata keturunan asal Indonesia. Mereka berlima sendiri memiliki kewarganegaraan Belanda. Bahkan, ada beberapa pemain yang masuk skuad muda Timnas Belanda. 

Baca Juga: 6 Pemain Termuda yang akan Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya