Jabar Juara, Atlet Jawa Barat Raih Medali Emas SEA Games 2023 

Bukti keberhasilan Pemprov Jabar di bidang olahraga

Jargon #JabarJuara bukan hanya sekedar jargon yang didengungkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Namun, telah diimplementasikan dalam setiap bidang yang ada di Jawa Barat, salah satunya adalah olahraga. Jawa Barat sendiri dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi gudangnya atlet-atlet berpotensi.

Ini terbukti, atlet-atlet dari Jawa Barat yang berlaga di ajang SEA Games 2023 di Kamboja berhasil meraih prestasi dengan mempersembahkan medali emas bagi Kontingen Indonesia. Tentu saja, hasil ini tidaklah instan untuk dicapai. Ada beberapa hal penting, salah satunya adalah dukungan dari pemerintah kepada insan olahraga di Jawa Barat. Seperti apa prestasi atlet-atlet dari Jawa Barat ini?

Baca Juga: Mengenal Alat Musik Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat

1. Penyumbang medali emas pertama bagi kontingen Indonesia 

Jabar Juara, Atlet Jawa Barat Raih Medali Emas SEA Games 2023 Rashif Amila Yaqin (Instagram.com/kemenpora)

Rashif Amila Yaqin menjadi atlet penyumbang medali emas pertama bagi kontingen Indonesia di SEA Games 2023. Atlet yang berasal dari Kabupaten Bogor ini merebut medali emas di cabang olahraga (cabor) triatlon untuk kategori Aquathlon Men's Individual. Pertandingan ini berlangsung di Kep Beach, Kamboja, Sabtu (6/5/2023).

Rashif Amila Yaqin berhasil mengalahkan Bryce Sheng Cher Chong dari Singapura dan Andrew Kim Abay Remolino dari Filipina. Ia bisa menyelesaikan lari sejauh 2,5 kilometer dan renang sejauh 500 meter dalam waktu 14 menit 28 detik. Tentunya Rashif Amila Yaqin bisa menjadi motivasi atlet-atlet lainnya untuk meraih medali emas saat itu.

2. Menghentikan paceklik medali emas sepak bola di SEA Games 

Jabar Juara, Atlet Jawa Barat Raih Medali Emas SEA Games 2023 Pemain timnas Indonesia U22 di SEA Games. (Pssi.org)

Seperti yang diketahui, Indonesia terakhir kali meraih medali emas cabor sepak bola pada SEA Games tahun 1991. Saat itu, Indonesia berhasil mengalahkan Thailand di babak final dengan skor 4-3 dalam drama adu penalti. Selama 32 tahun Indonesia mengalami paceklik medali emas di cabor sepak bola.

Penantian panjang ini akhirnya berakhir di SEA Games 2023 di Kamboja. Indonesia berhasil meraih medali emas setelah mengungguli Thailand dengan skor 5-2 di babak final. Dalam pertandingan yang berlangsung dramatis ini, Beckham Putra, salah satu atlet Jawa Barat memiliki andil dalam kemenangan ini. Ia berhasil mencetak satu gol kemenangan timnas Indonesia. Total, ia telah mengoleksi dua gol di SEA Games 2023 ini.

Selain kejutan di cabor sepak bola, bola basket putri juga meraih prestasi. Tim basket putri Indonesia untuk pertama kalinya meraih medali emas di hajatan SEA Games. Salah satu atletnya, Clarita Antonio adalah atlet yang berasal dari Jawa Barat, tepatnya dari Kota Bandung. Ia selama ini dikenal sebagai salah satu shooter andal yang dimiliki timnas basket putri Indonesia saat ini.

3. Mayoritas atlet hoki putra berasal dari Jawa Barat 

Jabar Juara, Atlet Jawa Barat Raih Medali Emas SEA Games 2023 Atlet hoki yang sebagian besar dari Jawa Barat. (Instagram.com/kemenpora)

Cabor hoki putra berhasil meraih medali emas dalam SEA Games 2023. Perjalanan tim hoki ini tidaklah mudah, mereka harus mengalahkan raja hoki Asia yaitu Malaysia. Tidak kalah dramatis dengan sepak bola, timnas Hoki Indonesia mampu membalikkan keadaan lima menit sebelum pertandingan berakhir, setelah sebelumnya tertinggal 0-3.

Sebagian besar timnas hoki putra ini diisi oleh atlet asal Provinsi Jawa Barat. Total ada enam atlet yang berasal dari Provinsi Jawa Barat yaitu Fajar Jaelani, Prima Rinaldi Santoso, Nugraha, Muhamad Alfiana, Revo Priliandro, Candra Juli Prawesti, dan Alam Fajar Kusuma. Selain atlet, dua orang pelatih hoki berasal dari Provinsi Jawa Barat, yaitu Dian Indriansah dan Irwan Hermawan.

4. Menyumbang tujuh medali emas

Jabar Juara, Atlet Jawa Barat Raih Medali Emas SEA Games 2023 Lettu (Inf) Agus Prayogo (Instagram.com/agusprayogo21)

Lettu (Inf) Agus Prayogo adalah salah satu atlet berprestasi yang dimiliki Jawa Barat. Atlet atletik ini telah berhasil mengoleksi 7 medali emas dari 9 kali ajang SEA Games yang pernah ia ikuti. Medali emas ketujuh ia raih di SEA Games 2023 di nomor maraton putra yang berlangsung di Angkor Wat, Siem Riep, Kamboja.

Atlet yang lahir di Bogor, Jawa Barat pada 23 Agustus 1985 ini juga meraih medali emas di nomor yang sama di PON XX Papua untuk kontingen Jawa Barat. Agus Prayogo juga tercatat sebagai pemegang rekor nasional untuk nomor lari 3.000 meter, 5.000 meter, 10 kilometer, dan 20 kilometer. Selain itu, ia juga tercatat sebagai pemegang rekor half maraton dalam ajang Gold Cost Marathon di Australia.

5. Perhatian Pemprov Jabar 

Jabar Juara, Atlet Jawa Barat Raih Medali Emas SEA Games 2023 Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat (tengah mengguankan topi) saat memberikan bonus kepada altet berprestasi dari Jawa Barat. (Jabarprov.go.id)

Dalam membentuk atlet-atlet berprestasi, Pemprov Jabar telah membangun sarana olahraga untuk mendukung hal ini. Banyak sarana berkelas yang telah dibangun di Jawa Barat, seperti:

  • Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung
  • Stadion Wibawa Mukti di Desa Kertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi
  • Stadion Si Jalak Harupat di desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung
  • Stadion Pakansari Cibinong, Bogor
  • Stadion Galuh di Ciamis
  • Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi.

Keenam stadion ini adalah stadion atau sport centre bertaraf internasional. Selain keenam sport center ini, masih banyak sprot centre lainnya di Jawa Barat yang tak kalah berkelasnya. Dukungan lain yang dilakukan pemerintah daerah setempat adalah adanya pengalokasian dana untuk membangun sarana olahraga.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi yang menggelontorkan dana sebesar 40 milyar di tahun 2023 ini. Dana ini dialokasikan untuk pembangunan 200 sarana olahraga dan revitalisasi sarana dan prasarana olahraga yang sudah ada.

Selain dukungan pada pembangunan sarana dan prasana olahraga, Pemprov Jabar juga turut memberikan apresiasi kepada para atlet yang berprestasi. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan bonus atau kadeudeuh bagi atlet, ofisial, dan pelatih Jabar dengan total nilai sebesar Rp18,905 milyar.

Kadeudeuh ini diberikan kepada atlet yang telah berprestasi di ajang SEA Games 2021 Vietnam yang dilaksanakan pada tahun 2022 lalu dan Para Games Solo tahun 2022. Melihat dukungan Pemprov Jawa Barat terhadap bidang olahraga seperti di atas, pasti Happy di Jawa Barat sebagai atlet maupun insan olahraga lainnya.

Raihan prestasi ini tentunya sebagai bukti keseriusan Pemprov Jabar yang dikomandoi oleh Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat untuk mengharumkan nama Jabar di bidang olahraga. Tentunya, pembinaan atlet ini dimulai dari induk organisasi di daerah yang didukung penuh oleh pemerintah daerah setempat dan klub tempat atlet beraung. Keberhasilan atlet berprestasi tingkat nasional hingga internasional ini sebagai salah satu cermin keberhasilan Pemprov Jawa Barat membangun bidang olahraga.

Baca Juga: 83 Desa di Jabar Ikut Pelatihan Digitalisasi Program Desa Brilian

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya