Rekomendasi Sekolah Badminton untuk Anak-Anak

Berlatih sejak dini untuk hasil yang lebih baik 

Bulu tangkis atau badminton adalah salah satu olahraga yang sangat populer di Indonesia. Banyak masyarakat memainkan olahraga ini, baik di lapangan badminton maupun di area sekitar rumah.

Sebagai olahraga populer, Indonesia adalah salah satu negara penghasil atlet juara dunia badminton. Sebut saja Susi Susanthi, Alan Budikusuma, Jonatan Crhistie, Anthony Sinisuka Ginting, dan masih banyak atlet bulu tangkis Indonesia yang pernah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Menjadi atlet tentunya tidak mudah dan tidak instan. Diperlukan proses yang harus dilalui dan harus berlatih badminton yang dimulai sejak dini.

Untuk menjadi seorang atlet handal yang dibutuhkan selain bakat adalah tempat untuk mengasah dan meningkatkan skill badminton. Hampir semua atlet-atlet badminton Indonesia dididik di sekolah badminton atau klub-klub badminton.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Smash dalam Badminton dan Voli? 

Daftar sekolah badminton untuk anak-anak 

Rekomendasi Sekolah Badminton untuk Anak-Anakilustrasi badminton (unsplash.com/Muktasim Azlan)

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekolah-sekolah atau klub-klub badminton yang sudah memiliki nama besar. Jika kamu memiliki anak yang memiliki bakat di olahraga ini, kamu bisa memilih salah satu klub atau sekolah badminton berikut:

  • PB Djarum adalah salah satu klub atau sekolah badminton elite yang ada di Indonesia. Klub yang didirikan pada tahun 1974 di Jakarta ini adalah salah satu pencetak atlet-atlet juara dunia seperti Tontowi Ahmad, Kevin Sanjaya, Moh. Ahsan. PB Djarum memiliki asrama putra dan putri dan memiliki 16 lapangan badminton yang digunakan saat berlatih. Jika seseorang akan bergabung ke klub atau sekolah ini, maka ia harus menjalankan seleksi terlebih dahulu;
  • Sangkuriang Graha Sarana (SGS) adalah salah satu tempat latihan badminton di Bandung. Sekolah badminton ini bekerja sama dengan PLN dalam membina atlet-atlet muda bulu tangkis. Salah satu pemain jebolan klub atau sekolah ini adalah Anthony Sinisuka Ginting, Taufik HIdayat, Richi Puspita, dan lain-lainnya;
  • PB Tangkas terletak di Jakarta dan telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Atlet-atlet jebolan sekolah ini seperti Liliyana Natsir, Tantowi, Nova Widianto, Hendrawan dan lain-lainnya;
  • Sekolah Bulu Tangkis Dwi Jawa terletak di Cengkareng, Jakarta Barat. Di Sekolah ini terdapat 4 kelas yaitu kelas dasar untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun (TK-SD), kelas pertama untuk usia di bawah 16 tahun, kelas menengah untuk usia di bawah 21 tahun dan kelas umum untuk usia 21 tahun ke atas;
  • PB Jaya Raya berdiri pada tahun 1975 di Jakarta. Sekolah atau klub ini adalah di kompleks sekolah atlet di Ragunana, Jakarta Selatan. Atlet-atlet jebolan sekolah ini adalah Greysia Poli, Hendra Setiawan, Hafiz Faisal, dan lain-lainnya.

Tempat-tempat tersebut di atas bisa menjadi pilihanmu untuk mendidik anak-anak yang memiliki bakat badminton. Berlatih sejak dini akan memberikan hasil yang maksimal untuk perkembangan skill badmintonnya kelak.

Baca Juga: Perang Saudara Ganda Putra di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya