Akhirnya Kejuaraan WTF 2018 Usai, Berikut Daftar Para Pemenangnya

Selamat untuk para pemenang

Gelaran turnamen akhir tahun BWF World Tour Finals (WTF) 2018 telah selesai pada Minggu (16/12/2018). Dalam lima hari penyelenggaraannya, sejumlah pertandingan bulu tangkis kelas dunia berhasil disajikan oleh para pebulu tangkis. Tidak terkecuali pada pertandingan final yang digelar hari Minggu, yang pada akhirnya menentukan para juara di BWF World Tour Finals. Berikut daftarnya.

1. Pusarla Venkata Sindhu jadi pebulu tangkis India pertama yang juara di turnamen akhir tahun BWF

Akhirnya Kejuaraan WTF 2018 Usai, Berikut Daftar Para Pemenangnyabwfbadminton.com

Pertandingan dibuka dengan partai tunggal putri. Peraih medali perak Olimpiade Rio 2016, Pusarla Venkata Sindhu, menjadi pebulu tangkis India pertama yang berhasil meraih gelar juara di turnamen akhir tahun BWF. Runner-up Kejuaraan Dunia 2017 dan 2018 ini berhasil mengalahkan pebulu tangkis Jepang, Nozomi Okuhara, dalam dua game langsung dengan skor 21-19, 21-17.

Gelar tersebut sangat penting bagi Sindhu. Selain menjadi gelar World Tour pertamanya, itu juga menjadi gelar pertama Sindhu dalam 8 final terakhir. Sebab dari sejak final Hong Kong Open SuperSeries 2018 sampai final Asian Games 2018, Sindhu harus selalu puas menjadi runner-up.

2. Wang Yilyu/Huang Dongping akhiri rekor kekalahan 7x beruntun atas Zheng Siwei/Huang Yaqiong

Akhirnya Kejuaraan WTF 2018 Usai, Berikut Daftar Para Pemenangnyabwfbadminton.com

Pertandingan kedua menyajikan sektor ganda campuran antara dua wakil tuan rumah. Pasangan unggulan ke-2, Wang Yilyu/Huang Dongping, berhasil mengalahkan unggulan pertama dan favorit juara, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, dengan skor 23-21, 16-21, 21-18.

Kemenangan tersebut sangat berkesan bagi Wang/Huang. Sebab selain merupakan gelar World Tour pertama bagi keduanya, kemenangan tersebut menjadi yang pertama bagi mereka, yang dalam 7 pertemuan sebelumnya selalu kalah melawan kompatriot mereka tersebut.

3. Shi Yuqi bermain impresif dan raih gelar WTF 2018

Akhirnya Kejuaraan WTF 2018 Usai, Berikut Daftar Para Pemenangnyabwfbadminton.com

Tuan rumah Tiongkok kembali bersorak gembira di partai ketiga usai tunggal putra mereka, Shi Yuqi, berhasil mengalahkan Juara Dunia 2018, Kento Momota, dalam dua game langsung dengan skor 21-12, 21-11.

Sama seperti rekan sesama negaranya, kemenangan tersebut juga menjadi yang pertama bagi Shi atas lawannya tersebut, yang mengalahkannya di final Kejuaran Dunia 2018 di Nanjing, Tiongkok.

4. Matsutomo/Takahashi raih gelar turnamen akhir tahun BWF yang kedua

Akhirnya Kejuaraan WTF 2018 Usai, Berikut Daftar Para Pemenangnyabwfbadminton.com

Pada pertandingan ganda putri yang menjadi laga keempat, Juara Olimpiade Rio 2016, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi berhasil keluar sebagai juara usai mengalahkan pasangan Korea, Lee So Hee/Shin Seung Chan, dengan skor 21-12, 22-20.

Matsutomo/Takahashi meraih gelar turnamen akhir tahun BWF yang kedua usai sebelumnya juga pernah menjadi juara pada turnamen BWF World SuperSeries Finals 2014 yang digelar di Dubai.

5. Li Junhui/Liu Yuchen lengkapi gelar Juara Dunia mereka dengan juara di WTF 2018

Akhirnya Kejuaraan WTF 2018 Usai, Berikut Daftar Para Pemenangnyabwfbadminton.com

Pertandingan sektor ganda putra menjadi penutup gelar BWF World Tour Finals 2018. Gelar di sektor ini kembali berhasil diraih oleh wakil tuan rumah, Li Junhui/Liu Yuchen. Bertanding melawan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, Juara Dunia 2018 ini tersebut berhasil menang dengan skor 21-15, 21-11.

Sama seperti Sindhu dan Wang/Huang, gelar ini menjadi gelar World Tour pertama bagi Li/Liu yang sekaligus melengkapi kemenangan mereka di Kejuaraan Dunia pada Agustus silam. Dengan hasil tersebut, tuan rumah Tiongkok menjadi yang terbanyak mengumpulkan gelar, yakni dengan tiga gelar. Disusul oleh India dan Jepang yang masing-masing meraih satu gelar.

Baca Juga: Selamat! Kevin/Marcus Kembali Raih Male Player of The Year dari BWF

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya