Daftar Lengkap Pemain Indonesia di New Zealand Open 2019

Pengumpulan poin untuk Olimpiade Tokyo 2020 dimulai di sini

Olimpiade Tokyo 2020 tinggal sekitar satu tahun lagi dan pengumpulan poin ranking untuk kualifikasi Olimpiade dimulai dari turnamen Barfoot & Thompson New Zealand Open 2019 yang akan digelar pada 30 April - 5 Mei 2019 mendatang. Karena alasan tersebut, banyak atlet dunia yang menggunakan kesempatan ini untuk mendulang poin.

Meskipun baru dilanda serangan terorisme, tetapi antusiasme para atlet bulu tangkis untuk mengikuti New Zealand Open tetap sangat besar, termasuk atlet-atlet dari Indonesia. Tercatat ada 29,5 wakil Indonesia yang ikut serta di turnamen HBSC BWF World Tour Super 300 berhadiah total 150.000 USD ini. Berikut daftar lengkapnya.

1. Indonesia kirimkan 7 wakil tunggal putra dan 5 wakil tunggal putri

Daftar Lengkap Pemain Indonesia di New Zealand Open 2019twitter.com/INABadminton

Dilansir dari akun Twitter Humas PBSI @INABadminton, di sektor tunggal putra Indonesia mengirimkan 7 wakil, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, Shesar Hiren Rhustavito, Tommy Sugiarto, Kho Henrikho Wibowo, serta Yehezkiel Fritz Mainaky.

Sementara di sektor tunggal putri Indonesia mengirimkan Fitriani, Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan, Lyanny Alessandra Mainaky, serta Yulia Yosephin Susanto. Para pemain yang dikirim di masing-masing sektor merupakan yang terbaik yang dimiliki Indonesia. Dengan materi pemain tersebut, Indonesia diharapkan dapat setidaknya meraih satu gelar di kedua sektor ini.

2. Ganda putra simpan dua ganda utama, ganda putri turun full team

Daftar Lengkap Pemain Indonesia di New Zealand Open 2019Twitter/@inabadminton

Sektor ganda putra menjadi satu-satunya sektor di mana Indonesia tidak menurunkan kekuatan utamanya. Pasangan peringkat satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, serta pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tercatat tidak ambil bagian di turnamen ini.

Namun, skuad ganda putra tetap diwakili lima pasangan lainnya, yakni Akbar Bintang Cahyono/Moh Reza Pahlevi Isfahani, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, Sabar Karyaman Gutama/Frengky Wijaya Putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, serta Angga Pratama/Ricky Karandasuwardi.

Sementara di sektor ganda putri, dari lima pasangan yang dikirim, empat di antaranya merupakan empat ganda putri ulama pelatnas, yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Agatha Imanuela, serta Jauza Fadhila Sugiarto/Yulfira Barkah. Keempatnya akan ditemani oleh pasangan Pia Zebadiah Bernadet/Anggia Shitta Awanda yang resmi berpasangan di India Open 2019.

Baca Juga: Ditaklukkan Lin Dan, Jojo Jadi Runner Up di New Zealand Open 2018

3. Ganda campuran juga turunkan kekuatan utama dengan dua pasangan racikan baru

Daftar Lengkap Pemain Indonesia di New Zealand Open 2019twitter.com/INABadminton

Sektor ganda campuran menjadi yang paling banyak mengirimkan wakil, yakni dengan 7,5 pasangan. Tujuh pasangan merupakan pasangan Indonesia. Sementara setengah pasang lainnya merupakan pasangan gado-gado Malaysia/Indonesia.

Di sektor ini, tiga dari empat ganda utama pelatnas, yakni Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, serta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari turut serta di turnamen ini. Sementara pasangan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow diistirahatkan.

Ketiga pasangan tersebut akan ditemani oleh empat setengah pasangan lain, yang dua di antaranya merupakan pasangan baru, yakni Akbar Bintang Cahyono/Annisa Saufika, Ricky Karandasuwardi/Pia Zebadiah Bernadet, Angga Pratama/Anggia Shitta Awanda, Kho Henrikho Wibowo/Yulia Yosephin Susanto, serta pasangan gado-gado, Mohamad Arif Ab Latif Arif/Rusydina Antardayu Riodingin [MAS/INA].

Akbar/Annisa serta Angga/Anggia adalah pasangan racikan baru di turnamen ini. Sebelumnya, Akbar berpasangan dengan Winny Oktavina Kandow. Sementara Annisa berpasangan dengan Ronald Alexander, yang bersamanya meraih gelar di New Zealand Open tahun 2017.

Angga dan Anggia sebelumnya hanya berfokus di nomor ganda saja. Namun, Angga sendiri merupakan peraih medali perak di nomor ganda campuran pada Kejuaraan Dunia Junior 2009 bersama Della Destiara Haris. Jadi, bermain di ganda campuran bukanlah hal yang baru bagi pemain yang juga pernah menjadi juara ganda putra di New Zealand Open 2013 bersama Rian Agung Saputro ini.

Baca Juga: Inilah Hasil Lengkap Final New Zealand Open 2018

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya