Comscore Tracker

Diumumkan, Berikut Daftar Pemain Indonesia di Sudirman Cup 2019

Indonesia kirimkan 12 atlet putra dan 8 atlet putri

Dalam kalender turnamen Badminton World Federation (BWF), bulan Mei selalu identik dengan kejuaraan beregu. Di bulan Mei tahun genap, federasi olahraga tepok bulu tersebut selalu menggelar Kejuaraan Beregu Putra dan Putri Thomas dan Uber Cup. Sementara di tahun ganjil, BWF menggantinya dengan Kejuaraan Beregu Campuran Sudirman Cup.

Sudirman Cup pertama kali digelar pada tahun 1989. Tahun 2019 menjadi edisi yang ke-16 dari sejak kejuaraan tersebut dipertandingkan. Kejuaraan beregu campuran yang memperebutkan Piala Sudirman ini akan digelar di kota Nanning, Tiongkok, pada 19-26 Mei 2019. Dari peringkat dunia, Indonesia berada di posisi ketiga di bawah Jepang dan tuan rumah Tiongkok.

Masing-masing negara dapat mengirimkan maksimal 20 orang dalam satu tim. Indonesia sendiri tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Bersama dengan tuan rumah dan negeri tetangga, Malaysia, Indonesia mengirimkan 20 perwakilan ke kejuaraan beregu dua tahunan tersebut. Berikut daftar lengkapnya.

1. Indonesia kirimkan 12 wakil putra dan 8 wakil putri

Diumumkan, Berikut Daftar Pemain Indonesia di Sudirman Cup 2019badmintalk.com

Dari 20 nama yang boleh dikirimkan, Indonesia mengirimkan 12 atlet putra dan 8 atlet putri, dengan rincian sebagai berikut:

Pemain Putra Indonesia di Sudirman Cup 2019

  1. Jonatan Christie
  2. Anthony Sinisuka Ginting
  3. Shesar Hiren Rhustavito
  4. Kevin Sanjaya Sukamuljo
  5. Marcus Fernaldi Gideon
  6. Muhammad Rian Ardianto
  7. Fajar Alfian
  8. Mohammad Ahsan
  9. Hendra Setiawan
  10. Tontowi Ahmad
  11. Praveen Jordan
  12. Hafiz Faizal

Pemain Putri Indonesia di Sudirman Cup 2019:

  1. Gregoria Mariska Tunjung
  2. Fitriani
  3. Greysia PoliiApriyani Rahayu
  4. Ni Ketut Mahadewi Istarani
  5. Winny Oktavina Kandow
  6. Melati Daeva Oktavianti
  7. Gloria Emanuelle Widjaja

Baca Juga: [OPINI] Indonesia dan Tiga Faktor Utama Kegagalan di Piala Sudirman

2. Pemilihan nama-nama pemain berdasarkan kebutuhan tim

Diumumkan, Berikut Daftar Pemain Indonesia di Sudirman Cup 2019twitter.com/INABadminton

Manajer Tim Sudirman Cup Indonesia sekaligus peraih medali emas tunggal putri Olimpiade Barcelona 1992, Susy Susanti, mengatakan bahwa pertimbangan susunan tim tersebut berdasarkan kebutuhan tim. "Kami perkuat di sektor putra yang memang memiliki peluang untuk mengambil poin lebih besar," ungkap Susy.

Secara peringkat pemain-pemain di sektor putra Indonesia mempunyai ranking yang lebih baik dibandingkan sektor putri. Dua tunggal putra utama Indonesia, yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie masing-masing berada di peringkat 7 dan 8 dunia. Sementara tiga ganda putra utama Indonesia berada di 5 besar dunia. Melihat fakta tersebut, wajar jika kemudian PBSI mengalokasikan jatah yang lebih banyak bagi atlet-atlet putra.

Adanya 3 pasangan ganda putra di 5 besar dunia dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Terutama dalam strategi penyusunan pemain. Selain itu, karena di atas kertas lebih diunggulkan dari sektor putri, sektor putra juga diharapkan dapat selalu menyumbangkan poin bagi tim Indonesia.

3. Ganda putri hanya kirimkan Greysia/Apri dan Ketut Mahadewi

Diumumkan, Berikut Daftar Pemain Indonesia di Sudirman Cup 2019https://twitter.com/INABadminton

Dari semua sektor, ganda putri menjadi sektor yang paling sedikit mengirimkan wakil. Tercatat hanya ada tiga nama, yakni Greysia Polii, Apriyani Rahayu, serta Ni Ketut Mahadewi Istarani. Greysia/Apri merupakan pasangan ganda putri peringkat satu Indonesia yang saat ini menduduki peringkat 5 dunia. Sementara Ketut saat ini berada di peringkat 18 dunia bersama dengan Rizki Amelia Pradipta.

Ketika ditanya mengenai alasan pemilihan ketiga atlet tersebut, pelatih utama ganda putri Indonesia, Eng Hian mengatakan bahwa ia ingin mengirimkan atlet-atlet yang terbaik. Greysia/Apri wajib dibawa karena merupakan ganda putri Indonesia dengan peringkat tertinggi. Sementara alasan dipilihnya Ketut adalah karena Eng Hian menganggap bahwa Ketut cocok dipasangkan baik dengan Greysia maupun dengan Apri.

"Ketut dipilih masuk tim karena dia paling fleksibel. Dilihat dari performance, lihat dari permainan, dia bisa dipasangkan dengan siapa saja, termasuk dengan Greysia dan Apriyani," ungkap Eng Hian.

Dikutip dari badmintonindonesia.org, ini menjadi pengalaman pertama Ketut memperkuat tim Sudirman Cup Indonesia. Selain Ketut, ada enam pemain lain yang juga baru pertama kali memperkuat Sudirman Cup, yakni Shesar Hiren Rhustavito,Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Hafiz Faizal, Melati Daeva Oktavianti, serta Winny Oktavina Kandow.

Baca Juga: 4 Fakta Skuat Indonesia di Piala Sudirman 2019

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You