Daftar Pemain Unggulan yang Kandas di R2 Malaysia Open 2018

Salah satunya adalah ganda putri peringkat 1 dunia yang baru

Turnamen Celcom Axiata Malaysia Open 2018 telah memasuki babak kedua (R2). Di babak 16 besar ini, terjadi sejumlah kejutan karena tumbangnya beberapa pemain unggulan. Termasuk di antaranya ganda putri peringkat satu dunia yang baru yang merupakan juara bertahan di turnamen ini, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

1. Couple Korea ini kandas hampir berbarengan

Daftar Pemain Unggulan yang Kandas di R2 Malaysia Open 2018bwfbadminton.com

Di nomor tunggal putra dan tunggal putri, masing-masing hanya ada satu pemain unggulan yang gagal lolos ke babak perempatfinal dan keduanya merupakan pebulu tangkis Korea, yakni Son Wan Ho dan Sung Ji Hyun.

Selain merupakan tunggal putra dan putri utama yang dimiliki Korea, keduanya menjalin hubungan asmara di luar lapangan dan sudah bertunangan. Keduanya mendapat julukan Son-Sung Couple dari para penggemarnya.

Sung Ji Hyun yang merupakan unggulan ketujuh di turnamen berhadiah 700.000 US Dollar ini kalah lebih dahulu usai melawan pemain tuan rumah, Goh Jin Wei dengan skor 21-15, 18-21, 21-23.

Tak lama berselang, kekasihnya, Son Wan Ho yang merupakan unggulan kedua dan mantan peringkat satu dunia, juga harus kalah melawan Kento Momota dengan skor 21-11, 0-1. Son mundur dalam pertandingan tersebut, tetapi belum dapat dipastikan penyebabnya apa.

2. Tiga unggulan ganda putra kalah, termasuk Juara Dunia 2017, Liu Cheng/Zhang Nan

Daftar Pemain Unggulan yang Kandas di R2 Malaysia Open 2018bwfbadminton.com

Di nomor ganda putra, tiga pasangan yang menjadi unggulan di turnamen ini harus angkat koper usai dikalahkan oleh para lawan-lawannya. Di antaranya adalah Juara Dunia 2017, Liu Cheng/Zhang Nan yang merupakan unggulan ketiga. Liu/Zhang harus mengakui keunggulan wakil tuan rumah, Goh V Shem/Tan Wee Kiong dengan skor 14-21, 23-21, 17-21.

Selain Liu/Zhang, ada dua pasangan unggulan lainnya yang turut kandas, yakni unggulan ketujuh, Takuto Inoue/Yuki Kaneko yang merupakan unggulan ketujuh serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang merupakan unggulan kedelapan.

Inoue/Kaneko dikalahkan oleh pasangan gado-gado Malaysia/Korea, Tan Boon Heong/Yoo Yeon Seong dengan skor 15-21, 21-23. Sementara Fajar/Rian kalah oleh Juara Eropa 2018, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dengan skor 21-17, 14-21, 10-21.

3. Juara bertahan ganda putri dan peringkat satu dunia yang baru juga kalah

Daftar Pemain Unggulan yang Kandas di R2 Malaysia Open 2018bwfbadminton.com

Pasangan Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota yang merupakan unggulan kedua sekaligus peringkat satu dunia yang baru tak mampu mempertahankan gelarnya di Malaysia Open. Keduanya merupakan juara di tahun 2017 yang baru mencicipi menjadi pasangan nomor satu dunia pekan lalu. Fukuhsima/Hirota kalah oleh pasangan Tiongkok, Huang Dongping/Li Wenmei dengan skor 16-21, 14-21.

Setali tiga uang dengan rekannya, pasangan Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto yang merupakan juara Dubai Superseries Finals 2017 juga harus angkat kaki dari turnamen ini. Tanaka/Yonemoto yang merupakan unggulan keempat harus mengakui keunggulan pasangan Korea usai kalah dengan skor ketat, 19-21, 21-18, 21-23.

Pasangan ganda putri lain yang juga harus pulang lebih awal adalah juara All England 2018, Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl yang merupakan unggulan ketiga. Keduanya dikalahkan oleh pasangan yang mereka kalahkan di semifinal All England, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara dengan skor 16-21, 15-21.

Selain ketiga pasangan tersebut, pasangan Korea, Lee So Hee/Shin Seung Chan yang merupakan juara Denmark Open 2017 dan menjadi unggulan keempat juga mengalami nasib yang kurang baik. Lee dan Shin yang mulai kembali dipasangkan di paruh akhir tahun lalu harus mengakui keunggulan pasangan muda Tiongkok, Du Yue/Li Yinhui dengan skor 12-21, 19-21.

4. Zhang Nan juga tersingkir di ganda campuran

Daftar Pemain Unggulan yang Kandas di R2 Malaysia Open 2018bwfbadminton.com

Babak kedua Malaysia Open 2018 merupakan hari yang kurang baik bagi juara ganda putra Olimpiade Rio 2016, Zhang Nan. Sebab dari dua pertandingan yang dilakoninya, Zhang mengalami kekalahan di kedua sektor.

Selain kalah di ganda putra bersama Liu Cheng, beberapa jam sebelumnya Zhang yang menjadi unggulan kelima di ganda campuran bersama Li Yinhui harus mengakui keunggulan pasangan suami-istri asal Inggris, Chris Adcock/Gabby Adcock dengan skor 14-21, 11-21.

Zhang/Li menjadi satu-satunya pasangan ganda campuran yang kandas di babak kedua Malaysia Open 2018.

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya