Diumumkan, Ini Hasil Drawing Pemain Indonesia di Kejuaraan Dunia 2018

Banyak yang memperoleh bye di babak pertama

Draw atau undian dari Total BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2018 baru saja dirilis pada hari Selasa (17/7/2018) kemarin. Di turnamen Grade 1 BWF ini, Indonesia mengirimkan total 17 wakil.

Berikut daftar lengkap undian wakil Merah Putih yang akan berlaga di turnamen yang digelar di Nanjing, Tiongkok pada tanggal 30 Juli-5 Agustus mendatang.

Tiga tunggal putra berstatus unggulan dan semuanya berada di satu pool

Diumumkan, Ini Hasil Drawing Pemain Indonesia di Kejuaraan Dunia 2018Twitter.com/INABadminton

Di sektor tunggal putra, Indonesia mengirimkan tiga pemain terbaiknya, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, serta Tommy Sugiarto, yang masing menjadi unggulan ke-12, ke-13, serta ke-15.

Namun, sayang ketiganya berada di satu pool. Ini artinya, Indonesia tidak punya peluang untuk menciptakan all-Indonesian-finals. Ketiganya berada di pool bawah bersama dengan pemain unggulan lainnya seperti Lee Chong Wei [2], Son Wan Ho [4], Srikanth Kidambi [5], Kento Momota [6], serta Anders Antonsen [16].

Di babak pertama, Ginting akan melawan pebulu tangkis Thailand, Suppanyu Avihingsanon. Jojo akan melawan wakil Malaysia, Daren Liew. Sementara Tommy Sugiarto akan melawan pebulu tangkis Finlandia, Kalle Koljonen.

Dua tunggal putri Indonesia tidak diunggulkan dan akan berhadapan dengan dua wakil Eropa

Diumumkan, Ini Hasil Drawing Pemain Indonesia di Kejuaraan Dunia 2018Bwfworldtour.com

Setali tiga uang dengan rekan mereka di sektor putra, dua wakil tunggal putri Indonesia, yakni Gregoria Mariska Tunjung serta Fitriani juga berada di pool bawah. Bedanya, para srikandi Indonesia ini tidak diunggulkan karena peringkat dunia keduanya berada di luar 20 besar.

Di babak pertama, Gregoria akan melawan pebulu tangkis Skotlandia, Kirsty Gilmour yang merupakan perempat finalis pada Kejuaraan Dunia 2017 di Glasgow. Sementara Fitriani akan melawan pebulu tangkis kidal asal Bulgaria, Linda Zetchiri.

Empat ganda putra berada di pool atas dan dua di antaranya berpeluang perang saudara di babak kedua

Diumumkan, Ini Hasil Drawing Pemain Indonesia di Kejuaraan Dunia 2018Twitter.com/INABadminton

Undian kurang baik juga dialami oleh para wakil Indonesia di nomor ganda putra. Dari empat wakil yang dikirimkan, semuanya berada di pool atas. Hal ini juga membuat Indonesia kehilangan peluang menciptakan all-Indonesian-finals.

Tiga di antara keempat pasangan ini menjadi pasangan yang diunggulkan, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo [1], Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto [9], serta Berry Angriawan/Hardianto [15]. Hanya pasangan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso saja yang berstatus non-unggulan.

Di babak pertama, Minions, sapaan akrab Marcus/Kevin, mendapat bye dan baru akan bertanding di babak kedua melawan pemenang antara pasangan Tiongkok, Han Chengkai/Zhou Haodong atau pasangan Polandia, Milosz Bochat/Adam Cwalina.

Fajar/Rian juga mendapat bye dan akan melawan pemenang antara pasangan Yordania, Bahaedeen Ahmad Alshannik/Mohd Naser Mansour Nayef atau pasangan Belanda, Jacco Arends/Ruben Jille. Jika mulus, Minions dan Fajar/Rian punya peluang berjumpa di perempat final.

Pasangan Berry/Hardi juga mendapat bye di babak pertama. Sayangnya, lawan yang kemungkinan dihadapi di babak kedua adalah Wahyu/Ade yang di babak pertama harus bisa mengalahkan pasangan Thailand, Kittinupong Kedren/Dechapol Puavaranukroh, agar skenario perang saudara tersebut bisa terjadi.

Greysia/Apri berpeluang jumpa juara bertahan di perempat final

Diumumkan, Ini Hasil Drawing Pemain Indonesia di Kejuaraan Dunia 2018bwfbadminton.com

Sama seperti ganda putra, sektor ganda putri pun berhasil mengirimkan empat wakilnya. Dari semuanya, pasangan peringkat 6 dunia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berada di pool atas. Sementara tiga wakil lainnya, yakni Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani, serta Agatha Imanuella/Siti Fadia Silva Ramadhanti, berada di pool bawah.

Greysia/Apri yang diunggulkan di tempat kelima mendapatkan bye di babak pertama. Keduanya baru akan bertanding di babak kedua melawan pemenang pasangan Ukraina, Maryna Ilyinskaya/Yelyzaveta Zharka atau pasangan Hong Kong, Ng Wing Yung/Yuen Sin Ying. Jika mulus, Greysia/Apri berpeluang bertemu juara bertahan ganda putri asal Tiongkok, Chen Qingchen/Jia Yifan di babak delapan besar.

Della/Rizki yang menjadi unggulan ke-8 mendapatkan bye di babak pertama. Keduanya akan melawan pemenang antara pasangan India, Jakkampudi MeghanaPoorvisha S Ram atau pasangan Belanda, Debora Jille/Imke Van Der Aar.

Anggi/Ketut pun, yang merupakan unggulan ke-14, mendapatkan bye dan baru akan bertanding di babak kedua melawan pemenang antara pasangan India, Kuhoo Garg/Ningshi Block Hazarika atau pasangan China Taipei, Chang Ching Hui/Yang Ching Tun.

Sementara pasangan muda Indonesia, Agatha/Fadia, akan melawan pasangan Belanda, Selena Piek/Cheryl Seinen. Jika lolos, keduanya sudah ditunggu oleh pasangan Jepang unggulan keempat, Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto.

Hafiz/Gloria berpeluang jumpa unggulan pertama, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, di babak ketiga

Diumumkan, Ini Hasil Drawing Pemain Indonesia di Kejuaraan Dunia 2018twitter.com/INABadminton

Sama seperti ganda putri, sektor ganda campuran pun mempunyai hasil undian yang serupa, yakni satu pasangan di pool atas dan tiga pasangan lain di pool bawah.

Pasangan yang baru saja menjuarai Thailand Open 2018, yakni Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang diunggulkan di tempat ke-12 dan mendapat bye di babak pertama, berada di pool atas dan akan melawan pemenang antara pasangan India, Pranaav Jerry ChopraReddy N. Sikki atau pasangan Republik Ceko, Jakub Bitman/Alzbeta Basova.

Jika tidak ada aral melintang, Hafiz/Gloria dapat berjumpa dengan unggulan pertama dan wakil tuan rumah, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang menjadi unggulan ke-13 juga mendapat bye di babak pertama dan akan melawan pemenang antara pasangan Prancis, Ronan Labar/Audrey Fontaine atau pasangan Vietnam, Tuan Duc Do/Nhu Thao Pham.

Sementara dua pasangan lain yang tidak diunggulkan akan langsung bertanding di babak pertama melawan dua pasangan Prancis. Mereka adalah pasangan Ronald/Annisa Saufika yang akan melawan pasangan Bastian Kersaudy/Lea Palermo, serta pasangan muda, Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami, yang akan melawan pasangan Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya