3 Fakta Menarik Final Tunggal Putri di Grand Slam French Open 2018

Babak final mempertemukan Halep dengan Stephens

Pertandingan tunggal putri di turnamen Grand Slam French Open 2018 atau yang dikenal dengan nama Roland Garros telah mencapai babak akhir. Partai puncak yang akan digelar Sabtu (9/6) akan mempertemukan dua kali finalis dan peringkat satu dunia, Simona Halep dan juara US Open 2017, Sloane Stephens.

1. Final French Open ketiga dan final Grand Slam keempat bagi Halep

3 Fakta Menarik Final Tunggal Putri di Grand Slam French Open 2018alarabiya.net

Babak final nanti akan menjadi final ketiga bagi petenis Romania, Simona Halep di Roland Garros. Sebelum menjejaki final tahun ini, Halep merupakan finalis pada tahun 2014 dan tahun 2017. Di dua final tersebut, Halep dikalahkan oleh petenis Rusia, Maria Sharapova dan petenis Latvia, Jelena Ostapenko.

Tahun ini, Halep juga berhasil lolos ke final Australian Open. Namun di final turnamen Grand Slam ketiganya tersebut, Halep kembali harus puas menjadi runner-up usai dikalahkan oleh petenis Denmark, Caroline Wozniacki.

Halep lolos ke babak final usai mengalahkan juara French Open 2016, Garbine Muguruza dengan skor telak 6-1, 6-4. Berkat hasil tersebut, selain lolos ke final, Halep juga tetap akan kokoh di peringkat satu Women's Tennis Association (WTA).

2. Final Grand Slam kedua bagi Stephens

3 Fakta Menarik Final Tunggal Putri di Grand Slam French Open 2018indianexpress.com

Final French Open 2018 ini merupakan final Grand Slam kedua bagi petenis Amerika Serikat, Sloane Stephens. Namun sedikit berbeda dari Halep, Stephens berhasil meraih kemenangan di final Grand Slam pertamanya, yakni di US Open 2017.

Stephens lolos ke babak final usai mengalahkan rekan senegaranya, Madison Keys dengan skor identik 6-4, 6-4. Keys merupakan lawan yang sama yang dikalahkan Stephens saat berhasil meraih gelar di Grand Slam di US Open tahun lalu.

3. Jika juara, Halep akan menjadi petenis Romania yang kembali juara sejak 1978

3 Fakta Menarik Final Tunggal Putri di Grand Slam French Open 2018thestar.com

Dari sejak menjadi turnamen terbuka pada tahun 1968, hanya ada satu petenis putri Romania yang berhasil meraih gelar di Roland Garros, yakni Virginia Ruzici pada tahun 1978. Bahkan sepanjang sejarah Grand Slam, Ruzici menjadi satu-satunya petenis putri Romania yang berhasil meraih gelar Grand Slam.

Jika berhasil menang, maka Halep akan menciptakan sejarah. Baik bagi dirinya sendiri karena berhasil meraih gelar Grand Slam pertama. Serta bagi Romania karena berhasil menjadi petenis putri kedua yang meraih gelar Grand Slam.

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya