Unggulan Pertama Tunggal Putri Kandas di Babak Ketiga Wimbledon 2018

Tersisa 1 unggulan top 10 di babak keempat

Pada pertandingan babak ketiga yang digelar hari Sabtu (7/7/2018), sejumlah unggulan kembali harus kandas sebelum mencapai babak yang lebih jauh. Satu di antaranya peringkat satu dunia sekaligus unggulan pertam di tunggal putri, Simona Halep.

Finalis Australian Open serta juara French Open ini takluk di tangan petenis Cina Taipei, Hsieh Su Wei. Dengan hasil ini, unggulan pertama sampai keenam di turnamen rumput terbesar dan tertua di dunia ini sudah kalah sebelum mencapai babak keempat.

Berikut laporannya, seperti dilansir dari Bbc.com.

1. Halep menganggap penampilannya tak profesional

Unggulan Pertama Tunggal Putri Kandas di Babak Ketiga Wimbledon 2018indianexpress.com

Bertanding di Lapangan 1 melawan petenis peringkat 48 dunia, Simona Halep menganggap penampilannya tersebut "tidak profesional". Sebab sepanjang pertandingan berdurasi 2 jam 20 menit tersebut, secara keseluruhan Halep memang unggul atas Hsieh. Namun dirinya gagal menutup pertandingan tersebut dengan kemenangan.

Setelah sempat unggul 6-3 di set pertama, Halep kehilangan fokus dan Hsieh berhasil memberikan tekanan usai menang 6-4 di set kedua. Memasuki set ketiga, Hsieh nampak kelelahan dan tertinggal 2-5.

Melihat skor tersebut, wajar jika banyak yang menduga Halep akan menutup set penentuan tersebut.

Namun, secara perlahan tapi pasti, Hsieh berhasil mengumpulkan poin demi poin sampai menyamakan kedudukan di angka 5-5, sebelum akhirnya meraih kemenangan dengan skor akhir 3-6, 6-4, 7-5.

Babak keempat atau 16 besar merupakan pencapaian terbaik Hsieh di sektor tunggal putri. Sementara di ganda putri, Hsieh merupakan juara tahun 2013 bersama Peng Shuai dari Tiongkok.

2. Hsieh berkata bahwa kunci kemenangannya adalah berusaha tetap fokus dan tenang

Unggulan Pertama Tunggal Putri Kandas di Babak Ketiga Wimbledon 2018factsmaniasolutions.com

Sementara itu, di sisi lapangan lain, Hsieh Su Wei mengatakan bahwa rahasia kemenangannya adalah tetap fokus dan tenang dalam pertandingan. Dirinya juga mengungkapkan kebahagiaannya usai mengalahkan petenis peringkat satu dunia, Halep, untuk pertama kalinya.

"Rasanya luar biasa," ungkap Hsieh. "Dia (Halep) bermain luar biasa dan saya harus berlari ke sana kemari untuk mendapatkan setiap poin. Saya berusaha berkonsentrasi pada permainan saya dan berusaha menenangkan diri saya. Hal itu membantu saya selama pertandingan," tambahnya.

"Dukungan dari penonton juga terasa luar biasa. Hal itu juga mendorong saya untuk terus berjuang," pungkas petenis berusia 32 tahun ini.

3. Wimbledon terburuk sejak Era Terbuka

Unggulan Pertama Tunggal Putri Kandas di Babak Ketiga Wimbledon 2018wtatennis.com

Dengan kekalahan yang dialami Simona Halep di babak ketiga, ini artinya dari 10 besar unggulan, hanya tersisa satu petenis, yakni unggulan ketujuh asal Republik Ceko, Karolina Pliskova. Dari 32 pemain unggulan, hanya 7 yang berhasil lolos ke babak 16 besar.

Ini merupakan Wimbledon terburuk di sektor tunggal putri dalam hal penampilan para petenis unggulan dari sejak Era Terbuka (1968).

Berikut adalah daftar petenis unggulan di sektor tunggal putri yang di babak ketiga Wimbledon:

  1. Simona Halep (1)
  2. Venus Williams (9)
  3. Madison Keys (10)
  4. Elise Mertens (15)
  5. Ashleigh Barty (17)
  6. Naomi Osaka (18)
  7. Barbora Strycova (23)
  8. Daria Gavrilova (26)
  9.  Carla Suarez Navarro (27)
  10. Anett Kontaveit (28)
  11. Mihaela Buzarnescu (29).
Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya