#Pandi, Maskot Olimpiade Remaja 2018 Resmi Diluncurkan

Olimpiade Remaja ini akan digelar di Buenos Aires

Komite Olimpiade Remaja Musim Panas Buenos Aires 2018, baru saja meluncurkan logo untuk pesta olahraga musim panas empat tahunan bagi remaja tersebut. Maskot tersebut diberi nama #Pandi (dengan tanda pagar) dan terinspirasi dari hewan jaguar yang merupakan hewan langka di daerah Argentina Utara.

1. Jaguar dipilih untuk meningkatkan kepedulian terhadap hewan langka tersebut

https://www.youtube.com/embed/cOw3hIfotFI

Jaguar merupakan hewan yang dilindungi dan terancam punah di Argentina. Karena alasan tersebut, Komite Olimpiade Musim Panas Remaja Buenos Aires 2018 memutuskan untuk menggunakan hewan tersebut sebagai maskot mereka.

Jaguar Amerika Selatan (Panthera onca) ditemukan di wilayah Utara Argentina dan beberapa negara lain di Amerika Selatan. Salah satu penyebab berkurangnya populasi hewan ini adalah karena perburuan yang dilakukan oleh manusia.

Dengan adanya maskot ini, diharapkan banyak orang yang lebih peduli terhadap lingkungan dan kelestarian hewan ini.

2. Alasan khusus di balik penggunaan tanda pagar (#)

#Pandi, Maskot Olimpiade Remaja 2018 Resmi Diluncurkanbwfbadminton.com

Nama maskot ini, #Pandi, sengaja menggunakan tanda pagar atau hashtag (#) di awal namanya untuk menunjukkan kekuatan profil dari maskot ini secara online. Di zaman serba digital seperti sekarang ini, banyak hal bisa berubah hanya karena sebuah hashtag di media sosial. Seperti gerakan Time's Up dan #MeToo di Amerika Serikat.

#Pandi diharapkan dapat menjadi simbol bagi semangat perjuangan olahraga, dan juga diharapkan dapat menginspirasi para pemuda di dunia untuk menyukai olahraga, lalu menjadikan olahraga sebagai sarana untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, dilansir dari Olympic.org.

3. Indonesia boleh berbangga, sebab medali Olimpiade Remaja 2018 ini didesain oleh remaja Indonesia

#Pandi, Maskot Olimpiade Remaja 2018 Resmi Diluncurkanolympic.org

Olimpiade Musim Panas Remaja 2018 akan digelar pada tanggal 6-18 Oktober 2018 di Buenos Aires, dilansir dari Eurolympic.org. Dalam pesta olahraga musim panas empat tahunan bagi remaja ini, Indonesia boleh berbangga.

Karena seorang remaja Indonesia berhasil menjadi juara dalam kompetisi desain medali Olimpiade Remaja 2018 ini.

Muhamad Farid Husen yang berusia 18 tahun menjadi pemenang pertama dan desain medalinya ini akan digunakan pada pelaksanaan Olimpiade nanti. Farid merupakan peserta termuda sepanjang sejarah lomba desain medali Olimpiade remaja yang mulai dilaksanakan sejak tahun 2010.

Farid akan diundang ke acara Olimpiade Remaja 2018, termasuk pada acara pembukaan dan akan menyaksikan sendiri penganugearahan pertama kali medali hasil desainnya tersebut.

Selain itu, Farid akan mendapatkan satu set medali (Emas, perak, dan perunggu), serta mendapatkan sebuah tablet Samsung.

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya