Para Atlet Ini Berpeluang Ciptakan Sejarah di Malaysia Open 2018

Ada nama tiga wakil Jepang

Selain akan menyajikan pertandingan-pertandingan kelas dunia, partai final turnamen Celcom Axiata Malaysia Open 2018 yang merupakan bagian dari HSBC BWF World Tour juga kemungkinan akan menjadi saksi terciptanya sejarah baru.

Ada yang berpeluang menjadi pemain pertama dari negaranya yang juara di Malaysia Open, ada juga yang berpeluang memperpanjang rekor juaranya di babak final. Siapa saja? Berikut daftarnya.

1. Kento Momota berpeluang menjadi tunggal putra pertama Jepang yang juara di Malaysia Open

Para Atlet Ini Berpeluang Ciptakan Sejarah di Malaysia Open 2018Bwfbadminton.com

Juara Asia 2018, Kento Momota berpeluang menjadi tunggal putra pertama yang menjadi juara di Malaysia Open. Dari sejak digelar pertama kalinya tahun 1937, belum pernah ada pemain tunggal putra Jepang yang berhasil menjadi juara. Bahkan, belum pernah ada satu pun pemain putra Jepang yang juara di turnamen ini.

Namun, tentu hal ini tidak mudah bagi Momota. Sebab lawan yang dihadapi adalah wakil tuan rumah dan favorit juara, Lee Chong Wei.

Secara head-to-head, Momota dan Chong Wei berbagi kemenangan 1-1 dengan kemenangan terakhir diraih oleh Momota di semifinal Kejuaraan Asia 2018. Namun kondisinya tentu berbeda sekarang. Sebab Chong Wei bermain di hadapan publik sendiri.

Menarik untuk disimak apakah Momota dapat meraih gelar juara dan menciptakan sejarah untuk Jepang.

2. Siapa pun yang menang, baik Kamura/Sonoda atau Endo/Watanabe akan menjadi atlet putra pertama Jepang yang meraih gelar di Malaysia Open

Para Atlet Ini Berpeluang Ciptakan Sejarah di Malaysia Open 2018bwfbadminton.com

Skenario yang mirip terjadi juga pada ganda putra Jepang. Seperti yang sudah disebutkan di atas, belum pernah ada atlet putra Jepang yang menjadi juara di Malaysia Open. Karena berhasil menciptakan all-Japanese finals, Jepang sudah memastikan diri menciptakan sejarah tersebut.

Namun siapa yang akan meraih gelar juara tersebut masih belum dapat dipastikan. Meskipun mempunyai peluang yang sama dengan Momota, tetapi karena pertandingan ganda putra digelar lebih dulu, yakni di partai keempat, maka Kamura/Sonoda atau Endo/Watanabe dipastikan akan menjadi atlet putra pertama Jepang yang meraih gelar di Malaysia Open.

Sementara jika Momota, yang bertanding di partai pamungkas, juga menang, statusnya bukan lagi sebagai atlet putra pertama yang meraih gelar. Akan tetapi atlet tunggal putra pertama yang meraih gelar.

Apapun skenarionya, babak final Malaysia akan tetap menarik.

3. Lee Chong Wei berpeluang meraih gelar Malaysia Open ke-12 dan memperpanjang rekor kemenangan di final

Para Atlet Ini Berpeluang Ciptakan Sejarah di Malaysia Open 2018bwfbadminton.com

Dari sejak menjadi juara di Malaysia Open 2004, Lee Chong Wei selalu berhasil masuk ke final dari 12 kejuaraan yang digelar. Dua kali Chong Wei tidak masuk final, yakni di tahun 2007 karena dikalahkan Bao Chunlai di perempatfinal, serta di tahun 2015 saat Chong Wei tidak ikut serta karena masih dalam hukuman skorsing dari BWF akibat kasus doping.

Sementara di final tahun lalu, Chong Wei hanya kurang beruntung karena kalah dari musuh bebuyutannya dari Tiongkok, Lin Dan. Ini artinya, dalam 14 kali keikutsertaannya, jika tahun 2015 tidak dihitung, di Malaysia Open, Chong Wei hanya pernah satu kali gagal masuk ke final dan hanya pernah kalah sekali di partai puncak.

Sebelas gelar yang Lee Chong Wei raih sudah merupakan rekor tersendiri karena belum ada satupun pemain lain yang berhasil meraih jumlah gelar serupa di Malaysia Open. Namun tentu Chong Wei ingin memperpanjang rekor tersebut. Lawan yang dihadapi pun tidak akan mudah, yakni Kento Momota.

Sejak comeback dari skorsing BWF karena kasus judi ilegal, Momota selalu menunjukkan tren positif di setiap turnamen yang diikutinya. Termasuk saat mengalahkan Chong Wei di semifinal Kejuaraan Asia 2018.

Apakah Chong Wei mampu meraih gelar Malaysia Open-nya yang ke-12 atau akankah Momota memupus harapan tuan rumah untuk meraih gelar dan menjadi pemain tunggal putra pertama Jepang yang meraih gelar di Malaysia? Mari kita saksikan bersama.

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya