Profil 4 Semifinalis Tunggal Putra di Grand Slam French Open 2018

Salah satunya punya peluang memecahkan rekor dunia

Pertandingan tunggal putra di Grand Slam French Open 2018 telah memasuki babak empat besar. Babak semifinal yang akan digelar pada hari Jumat (8/6) ini diisi oleh empat pemain dari empat negara berbeda yang masing-masing punya perjalanan unik di French Open. Berikut profil singkat mereka.

1. Rafael Nadal

Profil 4 Semifinalis Tunggal Putra di Grand Slam French Open 2018sportingnews.com

Rafael Nadal merupakan petenis Spanyol berperingkat satu dunia dan menjadi unggulan pertama di Roland Garros. Dari sejak menjadi juara di Paris pada tahu 2005, Nadal selalu berhasil masuk final di semua penampilannya kecuali pada tahun 2009, 2015 dan 2016. Namun setiap kali masuk final, Nadal tidak pernah kalah.

Nadal menjadi pemain tersukses, baik di tunggal putra maupun putri di French Open. Nadal telah meraih total 10 gelar French Open yakni di tahun 2005, 2006, 2007, 2008, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014, 2017.

Jika berhasil menjadi juara pada edisi 2018, Nadal akan menyamai rekor Margaret Court yang meraih 11 gelar Grand Slam dari satu turnamen dan akan menjadi pemain pertama yang melakukan hal tersebut di era turnamen tenis terbuka. Nadal akan melawan petenis Argentina, Juan Martin del Potro untuk memperebutkan satu tiket final di hari Minggu (10/6) nanti.

2. Juan Martin del Potro

Profil 4 Semifinalis Tunggal Putra di Grand Slam French Open 2018latimes.com

Petenis dengan julukan Delpo ini berada di peringkat 6 dunia merupakan Juara US Open tahun 2009 silam. Penampilannya di French Open 2018 ini, dengan mencapai setidaknya babak semifinal, menyamai prestasinya di tahun 2009.

Jika berhasil mengalahkan Nadal dan lolos ke final, Delpo akan menjadi petenis Argentina pertama yang lolos ke babak final di Roland Garros sejak Mariano Puerta di tahun 2005.

3. Dominic Thiem

Profil 4 Semifinalis Tunggal Putra di Grand Slam French Open 2018indianexpress.com

Petenis Austria ini merupakan mantan petenis peringkat 4 dunia yang saat ini berada di peringkat 8 dunia. Semifinal French Open tahun ini merupakan semifinal ketiganya dalam tiga tahun berturut-turut.

Hal yang menarik adalah hasil terbaik di tiga turnamen Grand Slam lain yang berhasil diraih oleh Thiem adalah babak keempat atau 16 besar. Sementara di French Open, Thiem pernah lolos setidaknya sampai babak semifinal.

Thiem akan melawan pemain non-uggulan Marco Cecchinato. Jika lolos ke final, Thiem akan menjadi petenis Austria pertama di final sejak Thomas Muster di tahun 1995.

4. Marco Cecchinato

Profil 4 Semifinalis Tunggal Putra di Grand Slam French Open 2018skysports.com

Berada di peringkat 72 dunia, Marco Cecchinato merupakan petenis non-unggulan pertama yang berhasil lolos ke semifinal Grand Slam French Open sejak Gael Monfils di tahun 2008. Cecchinato juga menjadi petenis dengan petenis Italia pertama yang berhasil lolos ke semifinal Grand Slam sejak Corrado Barazzutti di French Open tahun 1978.

French Open merupakan turnamen Grand Slam dengan hasil terbaik yang diraih oleh Cecchinato. Sebab di tiga turnamen lain, Cecchinato selalu kalah di babak pertama.

Jika berhasil lolos ke final, Cecchinato akan menjadi petenis Italia pertama yang lolos ke babak final turnamen Grand Slam sejak Adriano Panatta menjadi juara di French Open tahun 1976.

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya