Comscore Tracker

Profil Lengkap 8 Ganda Putri yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2018

Pasangan Jepang jadi favorit juara!

Berlanjut ke sektor ganda putri. Di sektor ini, Indonesia berhasil mengirimkan satu wakilnya, yakni pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Di sektor yang sepanjang tahun 2018 ini didominasi oleh pasangan Jepang ini, banyak yang memfavoritkan dua pasangan unggulan teratas asal Negeri Matahari Terbit tersebut untuk menjadi juara di Guangzhou.

1. Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi

Profil Lengkap 8 Ganda Putri yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2018bwfbadminton.com

Pasangan Juara Olimpiade Rio 2016 ini bersaing secara ketat dengan pasangan peringkat satu dunia, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Pasalnya, poin kedua pasangan begitu berdekatan dan saling kejar-mengejar dalam dua-tiga turnamen terakhir.

Saat Hong Kong Open Super 500 selesai digelar, Fukushima/Hirota menjadi pemuncak klasemen. Namun, karena keduanya tidak hadir di Syed Modi Open Super 300 di pekan berikutnya, sementara Matsutomo/Takahashi ikut serta, maka saat Juara Olimpiade ini bertanding di hari pertama, poin yang diperoleh sudah lebih dari cukup untuk mengambil alih takhta peringkat satu ranking Race to Guangzhou.

Dari 13 turnamen BWF World Tour yang diikuti, Matsutomo/Takahashi berhasil menjadi juara di Indonesia Masters Super 500, Malaysia Open Super 750, China Open Super 1000, serta Korea Open Super 500.

2. Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara

Profil Lengkap 8 Ganda Putri yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2018bwfbadminton.com

Secara peringkat, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara berada di posisi ketiga di bawah Matsutomo/Takahashi serta Fukushima/Hirota. Namun, karena pasangan peringkat 3 dunia ini merupakan Juara Dunia, maka keduanya secara otomatis mendapatkan invitasi dari BWF untuk mengikuti BWF World Tour Finals.

Sementara slot kedua (maksimal satu negara mengirimkan dua wakil) diperebutkan oleh dua pasangan Jepang lainnya. Selain menjadi Juara Dunia, dari 13 turnamen yang mereka ikuti, Matsumoto/Nagahara juga menjuarai turnamen Spain Masters Super 300 serta French Open Super 750.

3. Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Profil Lengkap 8 Ganda Putri yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2018twitter.com/INABadminton

Pasangan kebanggan Indonesia ini menjadi satu-satunya wakil Merah Putih di sektor ganda putri. Dari 11 turnamen yang diikuti keduanya, Greysia/Apri yang merupakan pasangan peringkat 4 dunia berhasil menjadi juara di India Open Super 500 serta Thailand Open Super 500.

4. Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai

Profil Lengkap 8 Ganda Putri yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2018bwfbadminton.com

Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai bertanding di 15 turnamen sepanjang tahun 2018. Pasangan Thailand 8 dunia ini berhasil menjadi juara di Thailand Masters Super 300 serta menjadi runner up di India Open Super 500.

Baca Juga: Profil Delapan Tunggal Putri yang Lolos ke BWF World Tour Finals

5. Lee So Hee/Shin Seung Chan

Profil Lengkap 8 Ganda Putri yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2018bwfbadminton.com

Lee So Hee/Shin Seung Chan menjadi satu dari dua wakil Korea di Guangzhou. Pasangan peringkat 7 dunia ini berhasil menjadi juara di Fuzhou China Open Super 750 dan sekaligus menggagalkan Jepang menyapu bersih kelima gelar di turnamen Super 750. Gelar tersebut menjadi satu-satunya gelar Lee/Shin dari 13 turnamen yang mereka ikuti.

6. Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva

Profil Lengkap 8 Ganda Putri yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2018bwfbadminton.com

Pasangan kakak-beradik asal Bulgaria ini menjadi satu-satunya wakil Eropa yang lolos ke BWF World Tour Finals di sektor ganda putri. Finalis Swiss Open Super 300 serta French Open Super 750 ini bertanding di 13 turnamen dan berhasil menjadi juara Orleans Masters Super 100, Dutch Open Super 300, Saarlorlux Open Super 100, serta Scottish Open Super 100.

7. Chen Qingchen/Jia Yifan

Profil Lengkap 8 Ganda Putri yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2018bwfbadminton.com

Juara Dunia 2017 ini mengalami nasib yang kurang menguntungkan di tahun 2018. Cedera yang kerap menimpa Jia Yifan membuat penampilan keduanya kurang maksimal. Dari 12 turnamen, Chen/Jia tidak berhasil meraih satu pun gelar. Prestasi terbaik keduanya adalah menjadi finalis di Malaysia Masters Super 500, Malaysia Open Super 750, serta Japan Open Super 750.

8. Du Yue/Li Yinhui

Profil Lengkap 8 Ganda Putri yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2018bwfbadminton.com

Secara peringkat, pasangan muda Tiongkok ini berada di posisi 11. Namun, karena di 10 besar terdapat 5 pasangan Jepang dan setiap negara hanya diperbolehkan mengirimkan 2 wakil di masing-masing sektor, maka slot ke-8 di ganda putri diberikan kepada Du Yue/Li Yinhui. Dari 13 turnamen yang diikuti, keduanya berhasil menjadi juara di Lingshui China Masters Super 100.

Baca Juga: Draw BWF World Tour Finals Diumumkan, Minions Berada di Grup Neraka

Ari Cipta Gunawan Photo Community Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You