Sedih, Indonesia Tak Loloskan Satu Wakil Pun ke Semifinal WTF 2018

Prestasi terburuk Indonesia di SSF/WTF sejak 2014

Nasib buruk menimpa semua pemain Indonesia pada hari Jumat (14/12/2018) saat semuanya bertanding pada babak penyisihan grup hari ketiga. Keenam wakil Merah Putih yang bertanding harus setidaknya menang untuk menjaga peluang lolos ke semifinal BWF World Tour Finals (WTF) 2018.

Namun, dari lima yang bertanding, tidak ada satu pun yang meraih kemenangan. Sementara pasangan ganda putra andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memutuskan mengundurkan diri karena cedera leher yang dialami oleh Gideon dari sejak hari pertama.

1. Ginting dan Greysia/Apri dipastikan gagal ke semifinal bahkan sebelum pertandingan mereka usai

Sedih, Indonesia Tak Loloskan Satu Wakil Pun ke Semifinal WTF 2018bwfbadminton.com

Pebulu tangkis tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting wajib menang dua set melawan pebulu tangkis Korea, Son Wan Ho, serta wakil tuan rumah, Shi Yuqi menang melawan Chou Tien Chen.

Namun, sebelum pertandingan Shi vs Chou dimulai pun, bahkan sebelum pertandingannya melawan Son usai, Ginting sudah dipastikan tidak lolos ke semifinal karena telah kehilangan satu game. Tunggal putra peringkat satu Indonesia akhirnya kalah dalam dua game langsung dengan skor 11-21, 10-21.

Nasib serupa juga dialami oleh pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang bertanding melawan pasangan tuan rumah, Du Yue/Li Yinhui. Greysia/Apri harus menang dua set langsung dengan selisih poin (poin menang dikurangi poin kalah) lebih besar dari 15 dan pasangan Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi menang melawan Chen Qingchen/Jia Yifan dua set langsung juga dengan selisih skor tertentu.

Namun, sebelum pertandingan mereka usai, Greysia/Apri sudah harus merelakan slot babak semifinal. Sebab Chen/Jia berhasil mencuri satu set atas Matsutomo/Takahashi. Di akhir pertandingan, pasangan Jepang tersebut menang dengan skor 19-21, 21-19, 21-14. Sementara Greysia/Apri juga kalah melawan Du/Li dengan skor 18-21, 7-21.

2. Minions mundur, Ahsan/Hendra gagal atasi perlawanan ganda China Taipei

Sedih, Indonesia Tak Loloskan Satu Wakil Pun ke Semifinal WTF 2018bwfbadminton

Pasangan ganda putra unggulan pertama, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Minions), mengundurkan diri sebelum pertandingan mereka melawan Han Chengkai/Zhou Haodong dimulai karena Gideon mengalami cedera leher bahkan dari sejak hari pertama.

Dengan mundurnya Gideon, maka yang lolos dari Grup A ganda putra adalah Juara Dunia 2018, Li Junhui/Liu Yuchen serta pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Pertandingan kedua pasangan dimenangkan oleh Li/Liu dengan skor 18-21, 21-15, 21-17.

Sementara itu di Grup B, satu-satunya wakil Indonesia yang kelolosannya ditentukan oleh mereka sendiri (tanpa perlu memerhatikan pertandingan lain), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, gagal mengantisipasi Chen Hung Ling/Wang Chi Lin. Pasangan China Taipei tersebut lolos ke semifinal menemani Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe usai menang dengan skor 13-21, 21-18, 21-14.

3. Kalah, Hafiz/Gloria dan Tommy Sugiarto juga tak lolos ke semifinal

Sedih, Indonesia Tak Loloskan Satu Wakil Pun ke Semifinal WTF 2018bwfbadminton.com

Setali tiga uang dengan rekan mereka, ganda campuran serta tunggal putra Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja serta Tommy Sugiarto, juga belum mampu mengalahkan lawan-lawan mereka.

Hafiz/Faizal yang bertanding di laga kedua terakhir di Lapangan 2 harus mengakui keunggulan pasangan Tiongkok, Wang Yilyu/Huang Dongping, usai kalah dengan skor 16-21, 13-21. Keduanya dipastikan tidak lolos karena pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino berhasil menang dua set atas pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Sementara di tunggal putra, Tommy yang bertanding di pertandingan terakhir di Lapangan 1 harus mengakui keunggulan pebulu tangkis peringkat satu dunia, Kento Momota, usai kalah dengan skor 14-21, 8-21. Tommy pun gagal melaju ke semifinal. Dengan hasil ini, Indonesia mengulangi prestasi di tahun 2014 saat tidak ada wakil Merah Putih yang lolos ke semifinal Dubai World Superseries Finals (SSF).

Baca Juga: Marcus/Kevin Mundur dari BWF World Tour Final 2018, Ini Alasannya!

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya