Tiongkok Jadi Juara Tong Yun Kai Cup 2019

Kalahkan juara bertahan Jepang dengan skor 3-2

Tong Yun Kai Cup 2019 berakhir dengan dramatis usai juara bertahan Jepang kalah oleh Tiongkok di partai puncak. Pertandingan antara unggulan pertama dan kedua ini merupakan ulangan dari babak semifinal kejuaraan serupa di tahun 2017 yang saat itu dimenangkan oleh Jepang.

Pada final yang digelar hari Minggu (24/3) siang ini, Tiongkok berhasil membalaskan kekalahan dua tahun sebelumnya dan menjadi juara Tong Yun Kai Cup untuk yang pertama kalinya. Berikut hasil lengkapnya.

1. Tiongkok lebih dulu unggul di sektor ganda campuran

Tiongkok Jadi Juara Tong Yun Kai Cup 2019bwfbadminton.com

Pertandingan final dibuka dengan partai ganda campuran antara Yuta Watanabe/Arisa Higashino melawan pasangan He Jiting/Du Yue. Dari dua pertemuan sebelumnya, pasangan Tiongkok belum pernah menang melawan pasangan Jepang.

Namun, pada laga final tersebut He/Du tampil impresif dan berhasil meraih kemenangan perdana sekaligus mendulang poin pertama bagi Tiongkok usai menang dengan skor 21-17, 21-17 atas lawannya yang lebih diunggulkan tersebut.

2. Jepang berhasil menyamakan kedudukan dan kemudian berbalik unggul

Tiongkok Jadi Juara Tong Yun Kai Cup 2019bwfbadminton.com

Partai tunggal putra menjadi pertandingan yang digelar berikutnya. Kanta Tsuneyama berhasil meraih poin pertama bagi Jepang dan menyamakan kedudukan usai mengalahkan pebulu tangkis muda Tiongkok, Lu Guangzu, dengan skor 21-18, 21-7. Kedudukan 1-1 bagi kedua negara.

Jepang kemudian berbalik unggul menjadi 2-1 usai pasangan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi berhasil menang atas pasangan Tiongkok, Han Chengkai/Zhou Haodong, di pertandingan ketiga dengan skor 16-21, 21-18, 21-13. Kemenangan ini juga menjadi yang pertama kalinya bagi Hoki/Kobayashi atas Han/Zhou dalam empat pertemuan mereka.

Baca Juga: Line-Up Jepang Vs Tiongkok di Final Tong Yun Kai Cup 2019

3. Tiongkok samakan kedudukan melalui tunggal putri sebelum akhirnya pastikan kemenangan

Tiongkok Jadi Juara Tong Yun Kai Cup 2019insidethegames.biz

Tunggal putri muda Tiongkok, Han Yue, berhasil menunjukkan mental bajanya di pertandingan keempat. Sempat tertinggal satu game dan tertinggal 16-18 di game kedua, Han yang di pertemuan pertama melawan Sayaka Takahashi mengalami kekalahan berhasil bangkit dan akhirnya berhasil menyumbangkan poin bagi Tiongkok usai menang dengan skor 17-21, 21-19, 21-17.

Di pertandingan ganda putri yang menjadi penutup partai final, pasangan Du Yue/Li Yinhui tampil lebih baik dari lawan mereka, Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata. Pasangan peringkat 10 dunia tersebut menang dengan skor 21-16, 21-19 dan memastikan Tiongkok meraih Tong Yun Kai Cup 2019.

Baca Juga: Hasil Lengkap Badminton Asia Mixed Team Championships 2019

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya