Viktor Axelsen & Carolina Marin Raih Gelar Tunggal Kejuaraan Eropa 2018

Denmark menjadi juara umum dengan meraih dua gelar

Di minggu yang sama dengan perhelatan Badminton Asia Championships (BAC) atau Kejuaraan Asia 2018, di belahan Bumi yang lain, turnamen level kontinental serupa juga digelar. Dari European Badminton Championships atau Kejuaraan Eropa 2018, Juara Dunia 2017, Viktor Axelsen dan Juara Olimpiade 2016, Carolina Marin berhasil menjadi yang terbaik usai mengalahkan lawan-lawannya.

1. Marin dan Axelsen menang mudah

Viktor Axelsen & Carolina Marin Raih Gelar Tunggal Kejuaraan Eropa 2018bwfbadminton.com

Pada edisi ke-29 di tahun 2018 ini, untuk pertama kalinya Kejuaraan Eropa digelar di Negeri Matador, Spanyol. Tepatnya di kota Huelva yang merupakan tempat kelahiran Juara Olimpiade 2016, Carolina Marin. Seolah tidak mau mengecewakan publik tuan rumah, Marin berhasil meraih juara.

Di final Marin mengalahkan pebulutangkis Rusia, Evgeniya Kosetskaya dengan skor  21-15, 21-7. Ini merupakan gelar juara Eropa keempat beruntun yang diraih oleh mantan peringkat satu dunia tersebut.

Setali tiga uang dengan Marin, Juara Dunia 2017, Viktor Axelsen juga berhasil meraih gelar juara usai mengalahkan juara bertahan asal Inggris, Rajiv Ouseph dengan skor 21-8, 21-7. Sepanjang turnamen, Axelsen bermain dengan sangat impresif tanpa pernah kehilangan satu game pun.

Ini merupakan gelar juara Eropa kedua bagi Axelsen setelah gelar yang sama di tahun 2016. 

2. Stoeva bersaudara raih gelar Juara Eropa pertama untuk Bulgaria

Viktor Axelsen & Carolina Marin Raih Gelar Tunggal Kejuaraan Eropa 2018bwfbadminton.com

Absennya Juara All England 2018, Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl di Kejuaraan Eropa 2018 memberikan keuntungan tersendiri bagi pebulutangkis kakak-beradik asal Bulgaria, Stoeva bersaudara. Keduanya berhasil memanfaatkan kesempatan tersebut dan pulang dengan meraih gelar juara Eropa pertama untuk negaranya. Di babak final, keduanya mengalahkan wakil pasangan Prancis, Emilie Lefel/Anne Tran dengan skor 21-12, 21-10.

Sementara di ganda putra, Denmark berhasil menggandakan gelar juara yang diraihnya. Pada pertandingan all-Danish finals ini, pasangan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen berhasil mengungguli rekan senegaranya yang merupakan juara tahun 2016, Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding dengan skor 21-15 retired.

3. Pasangan Adcocks berhasil mempertahankan gelar juaranya

Viktor Axelsen & Carolina Marin Raih Gelar Tunggal Kejuaraan Eropa 2018bwfbadminton.com

Di ganda campuran, pasangan suami-istri, Chris Adcock/Gabby Adcock berhasil mempertahankan gelar juara Eropa yang diraihnya tahun lalu dengan mengalahkan pasangan Denmark, Mathias Christiansen/Christinna Pedersen dengan skor 21-18, 17-21, 21-18.

Gelar ini merupakan satu-satunya gelar bagi Inggris dan sekaligus menjadi kado yang istimewa bagi Keluarga Kerajaan yang baru saja memperoleh anggota keluarga baru, putra ketiga dari pasangan Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran Louis Arthur Charles, yang lahir pada tanggal 23 April 2018 lalu.

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya