Jumlah Wakil Tiap Negara di Final Malaysia Open 2018

Sayangnya tanpa wakil Indonesia di final

Turnamen Celcom Axiata Malaysia Open 2018 sudah memasuki babak puncak. Pada partai final yang akan digelar Minggu (1/7/2018) ini, dua negara raksasa bulu tangkis, Jepang dan Tiongkok berhasil meloloskan wakil terbanyak. Berikut daftarnya seperti dilansir dari tournamentsoftware.com.

Jepang loloskan empat wakil, termasuk ciptakan all-Japanese finals di ganda putra

Jumlah Wakil Tiap Negara di Final Malaysia Open 2018bwfbadminton.com

Dari lima wakilnya yang bertanding di babak semifinal, Jepang berhasil meloloskan keempat wakil lainnya. Dari empat wakil tersebut, Jepang sudah memastikan diri meraih gelar di ganda putra karena terjadi perang saudara.

Wakil Jepang yang pertama bertanding, pasangan ganda campuran juara All England 2018, Yuta Watanabe/Arisa Higashino harus takluk melawan Juara Asia 2018, Wang Yilyu/Huang Dongping. Wang/Huang menang dengan skor 21-15, 21-13.

Jepang sukses meloloskan wakil pertamanya melalui tunggal putra Juara Asia, Kento Momota. Momota berhasil mengalahkan wakil India, Srikanth Kidambi dengan skor identik 21-13, 21-13. Di final, Momota akan melawan wakil tuan rumah, Lee Chong Wei yang lolos usai mengalahkan wakil Indonesia, Tommy Sugiarto.

Ganda putri Juara Olimpide Rio 2016, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi berhasil lolos ke final Malaysia Open ketiga mereka usai mengalahkan wakil Indonesia, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, juga dengan skor identik, 21-9, 21-9. Matsutomo/Takahashi akan melawan Juara Dunia 2017, Chen Qingchen/Jia Yifan yang lebih dulu lolos usai mengalahkan wakil Korea, Kim Hye Rin/Kong Hee Yong.

Di dua partai terakhir yang yang merupakan partai ganda putra, dua wakil Jepang sukses mengalahkan dua wakil Tiongkok. Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe sukses mengalahkan finalis tahun lalu, Li Junhui/Liu Yuchen dengan skor ketat, 24-22, 19-21, 21-17.

Kesuksesan Endo/Watanabe menular ke rekan senegara mereka, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda yang berhasil mengalahkan pasangan yang kemarin mengalahkan Minions, He Jiting/Tan Qiang dengan skor 21-14, 21-19.

Endo/Watanabe dan Kamura/Sonoda akan berhadapan di final untuk memperebutkan gelar juara.

Tiongkok pun loloskan empat wakil, juga ciptakan all-Chinese finals di ganda campuran

Jumlah Wakil Tiap Negara di Final Malaysia Open 2018bwfbadminton.com

Sama seperti Jepang, Tiongkok pun berhasil meloloskan empat wakilnya ke babak final. Dari enam wakil yang bertanding, dua wakil ganda putra Tiongkok gagal menyempurnakan hasil yang mereka raih.

Finalis All England 2018, Zheng Siwei/Huang Yaqiong lolos ke final usai mengalahkan pasangan suami-istri Chris Adcok/Gabby Adcock, keduanya berhasil keluar dari tekanan dan menang dengan skor ketat 17-21, 21-18, 21-19. Ini adalah final keempat dari lima turnamen individu yang diikuti Zheng/Huang

Di final, Zheng/Huang akan melawan rekan senegara mereka, Wang Yilyu/Huang Dongping yang mengalahkan juara All England, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Chen Qingchen/Jia Yifan berhasil lolos ke final usai mengalahkan pasangan racikan baru Korea, Kim Hye Rin/Kong Hee Yong dengan skor 21-10, 21-15. Di final, Chen/Jia akan melawan Juara Olimpiade 2016, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Di tunggal putri, He Bingjiao sukses mengalahkan Juara Dunia 2013, Ratchanok Intanon dengan skor kembar 21-17, 21-17. Di final, He akan melawan juara bertahan, Tai Tzu Ying.

Tuan rumah Malaysia dan Cina Taipei loloskan masing-masing satu wakil

Jumlah Wakil Tiap Negara di Final Malaysia Open 2018bwfbadminton.com

Tuan rumah Malaysia menyisakan satu wakil di babak final, yakni runner up Olimpiade dan Kejuaraan Dunia, Lee Chong Wei. Setali tiga uang dengan Malaysia, Cina Taipei pun meloloskan satu wakilnya, yakni Tai Tzu Ying.

Lee Chong Wei lolos ke babak final usai mengalahkan wakil Indonesia, Tommy Sugiarto dengan skor 21-18, 21-15. Di final, Chong Wei sudah ditunggu oleh Kento Momota. Pertandingan tersebut akan menjadi ulangan babak semifinal Kejuaraan Asia yang dimenangkan Momota.

Sementara itu di tunggal putri, Tai Tzu Ying lolos usai mengalahkan wakil India peraih medali perak Kejuaraan Dunia 2017, PV Sindhu dengan skor 21-15, 19-21, 21-11. Di final, Tai akan melawan wakil Tiongkok He Bingjiao.

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya