Comscore Tracker

Daftar 12 Atlet Bulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup 2020

Yuk, dukung skuad Indonesia kembali berjaya!

Selain turnamen Sudirman Cup 2021, perhelatan turnamen bulu tangkis beregu yang lain menanti skuad Indonesia, seperti Thomas Cup dan Uber Cup 2020. Thomas Cup sendiri merupakan turnamen beregu putra yang akan mempertandingkan tiga nomor tunggal dan dua nomor ganda.

Di atas kertas, Indonesia memang memiliki komposisi skuad yang cukup kuat. Indonesia memiliki pemain tunggal putra dan ganda putra yang memasuki jajaran peringkat 10 besar dunia.

Digelar pada tanggal 9-17 Oktober 2021 di Aarhus, Denmark, PBSI telah mengumumkan skuad Indonesia pada hari Senin, (20/09/2021) kemarin. Nah, ini dia Daftar 12 atlet skuad bulu tangkis yang siap bertanding di Thomas Cup 2020.

1. Anthony Sinisuka Ginting

Daftar 12 Atlet Bulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup 2020Anthony Sinisuka Ginting saat berlaga di Asian Games Jakarta-Palembang 2018. (bwfbadminton.com)

Prestasi terakhir pria kelahiran Cimahi ini adalah raihan medali perunggu di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Atlet yang akan berumur 25 tahun ini akan turun pada nomor tunggal putra. Kini, ia menduduki peringkat ke-5 BWF.

Hal ini menunjukan bahwa ia akan menjadi tumpuan awal Indonesia dalam turnamen bergengsi ini nantinya. Performa Anthony Sinisuka Ginting cukup menjanjikan untuk mendulang poin-poin Indonesia. 

2. Jonatan Christie

Daftar 12 Atlet Bulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup 2020Jonatan Christie di Podium tunggal putra Asian Games Jakarta-Palembang 2018. (bwfbadminton.com)

Tunggal putra peringkat ke-2 yang Indonesia miliki selanjutnya adalah Jonatan Christie. Meskipun masih terbilang muda, ia sudah berhasil menduduki peringkat ke-7 BWF.

Bahkan, pada tahun 2019 lalu ia berhasil menduduki peringkat ke-4 BWF. Jojo, sapaan akrabnya, pernah menjuarai Sea Games 2017, medali emas Asian Games Jakarta-Palembang 2018, dan Australia Open 2019.

3. Shesar Hiren Rhustavito

Daftar 12 Atlet Bulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup 2020Jonatan Christie, Irwansyah (Asisten Pelatih Tunggal Putra), Anthony Sinisuka Ginting, dan Shesar Hiren Rhustavito, saat menjalani sesi latihan di Wuhan Sports Center Gymnasium, Wuhan, China. (badmintonindonesia.org)

Shesar Hiren Rhustavito saat ini berada di peringkat ke-19 ranking BWF. Vito kini menjadi tunggal putra peringkat ke-3 di Indonesia.

Selain berprestasi, secara teknik permainan, Vito sangat menjanjikan. Ia memiliki teknik yang sangat mumpuni untuk menjadi pemain top dunia. Bahkan, Vito pernah mengalahkan sang legenda tunggal putra bulu tangkis China, yaitu Lin Dan di Thailand Open 2019.

4. Chico Aura Dwi Wardoyo

Daftar 12 Atlet Bulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup 2020Badmintonindonesia.org

Chico terpilih untuk bergabung dengan tim nasional sebagai anggota magang pada tahun 2015. Sebagai pelapis muda, mungkin masih banyak yang belum mengenal atlet yang berasal dari ujung timur Indonesia ini.

Saat masih junior, ia berhasil meraih medali perak untuk ajang kejuaraan dunia junior di nomor tunggal putra. Terakhir, Chico berhasil meraih medali perak di ajang BWF World Tour Spain Master 2021.

Baca Juga: Aturan Baru Thomas dan Uber Cup 2020: Satu Negara Bawa 12 Pemain

5. Marcus Fernaldi dan Kevin Sanjaya

Daftar 12 Atlet Bulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup 2020Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) dan Marcus Fernaldi Gideon (kanan) di podium ganda putra Japan Open 2018. (bwfbadminton.com)

Marcus akan turun di nomor ganda putra bersama duet sejatinya, Kevin Sanjaya Sukamuljo. Mereka adalah ganda putra terbaik Indonesia yang mendominasi dunia. Meskipun kalah di ajang Olimpiade Tokyo 2020 cukup menganggetkan, tak bisa dipungkiri bahwa the minions masih memiliki kemampuan yang mumpuni.

6. Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan

Daftar 12 Atlet Bulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup 2020Ganda putra Ahsan/Hendra dan Marcus/Kevin di podium kejuaraan China Open 2019. (badmintonindonesia.org)

Meskipun boleh dibilang pasangan ini tak lagi muda, performa keduanya masih sangat bisa diandalkan sebagai tumpuan di nomor ganda putra.

Terbukti bahwa mereka masih berhasil meraih gelar juara dan berhasil menapaki babak semi final Olimpiade Tokyo 2020. Ahsan/Hendra masih menjadi ganda putra nomor ke-2 di Indonesia sekaligus di peringkat BWF.

7. Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto

Daftar 12 Atlet Bulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup 2020Fajar Alfian di Konferensi Pers Indonesia Open 2019. (badmintonindonesia.org)

Ganda putra unggulan ke-3 Indonesia adalah Fajar Alfian yang berpasangan dengan Muhammad Rian Ardianto. Kini, Fajar/Rian juga menduduki peringkat ke-7 dunia.

Segudang prestasi mereka sudah tidak diragukan lagi, seperti medali perak Asian Games 2018 di nomor ganda putra dan beberapa kali menjadi juara BWF World Turnamen Korea Open 2019, serta MD Swiss Open 2019. 

8. Daniel Marthin dan Leo Rolly Cornando

Daftar 12 Atlet Bulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup 2020Leo/Daniel di podium Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2019. (badmintonindonesia.org)

Daniel Marthin merupakan pemain bulu tangkis ganda putra yang berpasangan dengan Leo Rolly Cornando. Talenta Leo/Daniel pun mencuri perhatian BWF sehingga mereka dinobatkan sebagai salah satu pasangan yang memiliki prospek menjanjikan ke depannya.

Leo/Daniel sering membuat kejutan di turnamen BWF, seperti di Thailand Master saat mereka berhasil mengalahkan senior mereka, Fajar/Rian. Kini Leo/Daniel menduduki peringkat ke-38 dunia. Yuk, kita lihat kejutan lain yang akan mereka tunjukan di ajang Thomas Cup edisi kali ini!

Nah, itu dia daftar dan profil singkat 12 atlet skuad bulu tangkis yang akan bertanding di Thomas Cup 2020. Badminton lovers, jangan lupa satukan doa dan dukungan untuk Indonesia, ya!

Baca Juga: Tim Indonesia di Thomas dan Uber Cup Penuh Pemain Muda

Ari Nabila Photo Writer Ari Nabila

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya