Comscore Tracker

7 Atlet Top Bulu Tangkis Ini Gantung Raket Sepanjang Tahun 2021

Terima kasih atas dedikasinya dan happy retirement!

Dunia bulu tangkis kini tengah sibuk dengan padatnya jawal turnamen di tahun 2021. Setelah sempat tertunda, akhirnya turnamen-turnamen bergengsi seperti Olimpiade Tokyo 2020, Sudirman Cup 2021, dan Thomas Uber Cup 2020 berhasil diadakan serentak di tahun ini.

Namun, di sisi lain ada banyak pebulu tangkis dunia yang mengambil keputusan mengejutkan setelah olimpiade bergulir. Beberapa atlet menyatakan retired dari tim nasional, bahkan ada yang menyatakan gantung raket. Berikut ini 7 daftar atlet bulu tangkis yang memilih pensiun disepanjang tahun 2021.

1. Takeshi Kamura

7 Atlet Top Bulu Tangkis Ini Gantung Raket Sepanjang Tahun 2021Takeshi Kamura (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Dunia bulu tangkis sempat dibuat terkejut dengan keputusan atlet bulu tangkis Jepang, Takeshi Kamura. Setelah ajang Olimpiade Tokyo 2020, Takeshi Kamura mengumumkan jika dirinya telah menikah dengan seorang pembawa acara olahraga Jepang.

Tak lama setelahnya, ganda putra peringkat 6 dunia ini memutuskan untuk keluar dari tim nasional Jepang. Bukan hanya itu, Takeshi Kamura juga memutuskan hanya akan mengikuti turnamen lokal saja.

Hal ini cukup disayangkan oleh para badminton lovers, karena Takeshi Kamura merupakan salah satu ganda putra terbaik Jepang dan selalu membuat perlawanan sengit di lapangan.

2. Keigo Sonoda

7 Atlet Top Bulu Tangkis Ini Gantung Raket Sepanjang Tahun 2021Keigo Sonoda (depan) dan Takeshi Kamura (belakang) sedang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 (bwfbadminton.com)

Selain Takeshi Kamura, Keigo Sonoda juga memutuskan untuk keluar dari tim nasional Jepang. Sonoda merupakan pasangan dari Takeshi Kamura di ganda putra. Pada awalnya, Keigo Sonoda dan Takeshi Kamura sama-sama menolak panggilan Jepang untuk turut memperkuat skuad negara tersebut di Piala Sudirman dan Piala Thomas.

Belum diketahui secara pasti alasan Keigo Sonoda mengambil keputusan ini. Ayah satu anak tersebut pun akan melanjutkan kariernya sebagai pemain bulu tangkis profesional dan hanya berpartisipasi pada turnamen lokal.

2. Hiroyuki Endo

7 Atlet Top Bulu Tangkis Ini Gantung Raket Sepanjang Tahun 2021Yuta Watanabe (belakang) dan Hiroyuki Endo (depan) di pertandingan All England 2021 (bwfbadminton.com)

Ganda putra yang berpasangan dengan Yuta Watanabe, Hiroyuki Endo, memutuskan pensiun setelah ajang Olimpiade Tokyo 2020. Pada olimpiade terakhirnya, langkah Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe harus terhenti di babak perempat final karena kalah dengan pasangan ganda putra Taipei, Lee Yang/Wang Chi Lin.

Terkait keputusan pensiun tersebut, istri Endo pun mengungkap jika pebulu tangkis Jepang itu sudah bekerja keras selama 13 tahun karena tak menyukai kekalahan.

Berbeda dengan Kamura dan Sonoda yang memutuskan akan menjadi atlet profesional, Endo akan memfokuskan diri menjadi pelatih untuk salah satu klub bulu tangkis di Jepang, yaitu Nihon Unysis.

Baca Juga: 5 Atlet Bulu Tangkis Top Dunia yang Gantung Raket di 'Tahun Korona'

4. Han Cheng Kai

7 Atlet Top Bulu Tangkis Ini Gantung Raket Sepanjang Tahun 2021Han Cheng Kai (kiri) dan Zhou Hao Dong (kanan) saat berlaga di turnamen China Open 2018 (bwfbadminton.com)

Sektor ganda putra lagi-lagi kehilangan salah satu atlet terbaiknya yang kali ini datang dari Negeri Tirai Bambu, China. Han Cheng Kai sebelumnya berpasangan dengan Zhou Hao Dong dan berada di peringkat 18 dunia.

Ia dan Zhou Hao Dong diharapkan menjadi pelapis andalan Tiongkok setelah Li/Liu. Dalam status weibonya, Han Cheng Kai mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari dunia bulu tangkis.

Alasannya untuk mundur dari bulu tangkis pada umur 23 tahun adalah cedera yang berkepanjangan. Han Cheng Kai mengaku telah berusaha untuk tetap bermain, tapi cedera di pinggangnya selalu menghantui. Menurutnya, setelah ajang Olimpiade adalah waktu yang tepat untuk memberikan pengumuman pensiunnya.

5. Sung Ji Hyun

7 Atlet Top Bulu Tangkis Ini Gantung Raket Sepanjang Tahun 2021Sung Ji Hyun saat berlaga di turnamen Singapore Open 2019 (bwfbadminton.com)

Sung Ji Hyun merupakan atlet bulu tangkis Korea Selatan yang pernah menempati posisi ranking 2 dunia di nomor tunggal putri. Sama dengan kebanyakan atlet, Sung Ji Hyun mengaku memiliki cedera kronis dan usianya tak muda lagi maka akan sulit untuk bersaing.

Awalnya, ia memutuskan akan pensiun setelah ajang Olimpiade Tokyo. Namun, sayangnya ia kalah poin oleh juniornya, yaitu An Se Young dan Kim Ga Eun. Setelah menikah dengan Son Wan Ho, akhirnya Sung Ji Hyun pun memutuskan untuk pensiun dari dunia bulu tangkis.

6. Son Wan Ho

7 Atlet Top Bulu Tangkis Ini Gantung Raket Sepanjang Tahun 2021Son Wan Ho saat berlaga di perhelatan Asian Games Jakarta-Palembang 2018 (bwfbadminton.com)

Mantan atlet tunggal putra nomor 1 dunia, Son Wan Ho, juga memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Korea Selatan. Setelah pengunduran jadwal Olimpiade Tokyo, ia tak lolos kualifikasi untuk berpartisipasi di pesta olahraga dunia itu.

Son Wan Ho secara mengejutkan memutuskan untuk menjadi atlet profesional. Ia mengaku akan tetap bermain bulu tangkis secara lokal maupun internasional, tapi hal tersebut tergantung dengan sponsornya. Pada agustus 2021, pelatih Korea Selatan memberikan dukungan untuk Son Wan Ho dan Sung Ji Hyun di akun instagram keduanya.

7. Goh Jin Wei

7 Atlet Top Bulu Tangkis Ini Gantung Raket Sepanjang Tahun 2021Goh Jin Wei saat berlaga di turnamen French International 2016 (bwfbadminton.com)

Peraih medali emas Sea Games 2017 nomor tunggal putri, Goh Jin Wei, secara mengejutkan mengumumkan pensiun dini dari dunia bulu tangkis pada September lalu. Bukan tanpa alasan, tunggal putri andalan Malaysia ini memiliki masalah kesehatan yang memaksanya untuk berhenti.

Atlet berumur 21 tahun tersebut mengatakan bahwa keputusan pensiun dibuat karena Goh masih berjuang mengatasi kondisi fisiknya, setelah divonis menderita sakit pada usus besarnya. Setelah menjalani prosedur kolektomi, ia mengaku bahwa masih bergantung pada beberapa obat. Ia tak memiliki pilihan lain selain mengakhiri kariernya sejak dini. 

Banyak hal yang menjadi latarbelakang keputusan pensiun seorang atlet. Namun, sebagian besar dari mereka memilih untuk pensiun karena faktor usia dan kesehatan.

Baca Juga: 9 Potret Kegiatan Baru Liliyana Natsir Setelah Resmi Gantung Raket

Ari Nabila Photo Writer Ari Nabila

Badminton | Travel | Food

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya