Comscore Tracker

Daftar Pencapaian Viktor Axelsen Sepanjang 2021, Cemerlang!

Viktor Axelsen menggeser Momota dari peringkat satu dunia

Pebulu tangkis Viktor Axelsen keluar sebagai kampiun Indonesia Open 2021 di nomor tunggal putra. Axelsen berhasil menang atas wakil Singapura, Loh Kean Yew, pada partai puncak di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Minggu (28/11/2021).

Axelsen berhasil memenangi laga ketat tiga set yang berdurasi hampir satu jam. Dengan skor kemenangan 21-13, 9-21, dan 21-13, Axelsen sekaligus memperpanjang rekor kemenangan dalam lima pertemuan atas Loh  Kean Yew.

Hasil ini membuat Axelsen menjadi salah satu dari pemain elite dunia dengan permainan konsisten sepanjang 2021. Berikut pencapaian cemerlang Viktor Axelsen pada 2021:

1. Gelar Indonesia Open pertama bagi Viktor Axelsen

Daftar Pencapaian Viktor Axelsen Sepanjang 2021, Cemerlang!Loh Kean Yew (kiri) dan Viktor Axelsen (kanan) di podium Indonesia Open 2021. (instagram.com/bwf.official)

Indonesia Open merupakan turnamen berkategori Super 1000. Turnamen ini cukup bergengsi. Selain total hadiah yang besar, perolehan poin yang akan didapatkan setiap pemain juga memengaruhi peringkat dunia.

Ini merupakan gelar juara Indonesia Open yang pertama bagi Viktor Axelsen sebagai pemain profesional. Dilansir situs resmi BWF, ia menjelaskan bahwa tahun ini merupakan tahun terbaik baginya.

2. Menjajaki final sebanyak 11 kali dari 13 turnamen individual terakhir

Daftar Pencapaian Viktor Axelsen Sepanjang 2021, Cemerlang!Viktor Axelsen saat beraksi di ajang Olimpiade Tokyo 2021. (bwfbadminton.com)

Viktor Axelsen merupakan salah satu pemain yang menarik perhatian para pencinta bulu tangkis dunia. Bagaimana tidak, dari ke-13 turnamen individual yang diselenggarakan BWF, Axelsen bahkan bisa melenggang jauh ke babak final sebanyak 11 kali.

Hal ini membuatnya dikenal sebagai unbeatable player tahun ini. Pencapaian ini juga membuat Viktor Axelsen masuk nominasi BWF Player of the Year 2020/2021.

Baca Juga: 10 Potret Hangat Viktor Axelsen dan Keluarga, Papa Muda Membanggakan

3. Telah meraih 5 gelar juara dan 3 runner-up pada 2021

Daftar Pencapaian Viktor Axelsen Sepanjang 2021, Cemerlang!Viktor Axelsen saat berlaga di ajang Malaysia Open 2019. (bwfbadminton.com)

Pada awal 2021, Viktor Axelsen sendiri telah meraih dua gelar juara di Thailand Open I dan Thailand Open II. Axelsen tampil tak terkalahkan sejak Olimpiade Tokyo sampai rangkaian turnamen beregu dan individual di Eropa.

Setelah berhasil juara di berbagai tur dunia BWF. Indonesia Open 2021 merupakan gelar juara kelima bagi Viktor Axelsen. Terhitung, Axelsen hanya terkalahkan ketika ia memilih mundur di French Open dan terhenti pada babak 16 besar Indonesia Masters lalu.

4. Puncak prestasi dengan raihan medali emas Olimpiade Tokyo 2020

Daftar Pencapaian Viktor Axelsen Sepanjang 2021, Cemerlang!Viktor Axelsen di podium Olimpiade Tokyo 2020. (bwfbadminton.com)

Sebelumnya, Viktor Axelsen pernah mencatatkan diri sebagai peraih medali perunggu Olimpiade Rio 2016. Empat tahun kemudian, Viktor Axelsen berhasil merebut medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Raihan ini menjadi puncak dari kesuksesannya sebagai atlet.

Pada Olimpiade Tokyo 2020, Axelsen sukses memenangi laga atas wakil China, Chen Long. Kemenangan itu juga mengantarkan Axelsen menjadi orang Eropa kedua yang berhasil meraih emas Olimpiade di cabang olahraga bulu tangkis.

5. Menjadi tunggal putra peringkat satu dunia dengan menggeser Kento Momota

Daftar Pencapaian Viktor Axelsen Sepanjang 2021, Cemerlang!Viktor Axelsen saat selebrasi kemenangan di Olimpiade Tokyo 2020. (bwfbadminton.com)

Sebelumnya, Viktor Axelsen menempatkan posisi peringkat dua dunia. Namun, dengan hasil kemenangan di Indonesia Open 2021, ia menggeser posisi Kento Momota dengan total poin sebanyak 113.979.

Dengan segala prestasi yang ia raih sepanjang 2021, bisa dibilang bahwa tahun ini merupakan era keemasannya. Viktor Axelsen berhasil membuktikan bahwa ia merupakan pemain elite dengan performa yang konsisten.

Baca Juga: 10 Potret Gemas Bayi Vega, Anak Viktor Axelsen, yang Curi Perhatian

Ari Nabila Photo Verified Writer Ari Nabila

Badminton | Travel | Food

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya