5 Fakta di Balik Laga Arsenal Vs. Burnley, Diwarnai Bentrok Suporter!

Perlahan The Gunners mulai bangkit dari keterpurukan 

Arsenal berhasil meraih kemenangan saat berhadapan dengan Burnley. Kemenangan tipis 0-1, memastikan raihan tiga poin Arsenal dalam lanjutan Premier League pekan ke-5, Sabtu (18/09/2021).

Bertanding dihadapan publik Turf Moor, The Gunners unggul lebih dulu di menit ke-30 melalui tendangan bebas Martin Odegraad dari luar kotak penalti. Hingga peluit panjang ditiup tak ada lagi gol yang tercipta. Laga berakhir dengan skor 0-1 untuk tim tamu, Arsenal.

Sejumlah catatan menarik juga mengiringi laga Burnley kontra Arsenal. Berikut lima catatan dalam laga ini yang menarik untuk disimak.

1. Laga pembuktian bagi Tomiyasu 

5 Fakta di Balik Laga Arsenal Vs. Burnley, Diwarnai Bentrok Suporter!aksi Takehiro Tomiyasu berduel dengan pemain Burnley (football.london)

Sempat dianggap sebagai transfer panik Arsenal musim panas lalu, Takehiro Tomiyasu menjawabnya dengan penampilan menawan pada laga kontra Burnley. Pujian layak diberikan internasional Jepang yang tampil spartan di lini pertahanan Arsenal.

Sepanjang pertandingan, Tomiyasu mampu memenangkan seluruh duel udara dengan pemain Burnley. Selain itu kepiawaiannya memblokir serangan dari sisi kanan membuat Arsenal tak kebobolan pada dua laga terakhirnya. Kenyataan ini seakan membuktikan bahwa dirinya pantas tampil di kerasnya Liga Inggris.

2. Burnley masih belum raih kemenangan 

5 Fakta di Balik Laga Arsenal Vs. Burnley, Diwarnai Bentrok Suporter!potret manajer Burnley Sean Dyche (firstpost.com)

Bertindak sebagai tuan rumah tak membuat Burnley tampil offensive. Arsenal justru mampu mengontrol jalannya permainan di sepanjang laga. Hingga akhinya gol tendangan bebas Odegraad membungkam publik Turf Moor.

Kekalahan tim asuhan Sean Dyche dari Arsenal merupakan kekalahan keempat di Premier League musim ini. Satu-satunya penampilan terbaiknya, saat bermain bimbang 1-1 dengan Leed United. Hasil ini membuat Burnley terdampar di posisi 19 tabel klasemen.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Paling Mengecewakan Satu Dekade Terakhir

3. Kisruh para penggemar kedua kubu

5 Fakta di Balik Laga Arsenal Vs. Burnley, Diwarnai Bentrok Suporter!potret kericuhan antar kedua suporter di bangku penonton (90min.com)

Pertandingan Burnley melawan Arsenal juga diwarnai dengan ketegangan antara kedua fans di bangku penonton. Momen bentrok terekam kamera yang menunjukan saling lempar antara kedua pendukung.

Kejadian ini berlangsung selama 10 menit sebelum ditenangkan oleh pihak keamanan. Federasi Sepakbola Inggris tengah menyelidiki kejadian itu. Arsenal dan Burnley terancam mendapatkan sangsi dari FA akibat gagal mengendalikan perilaku fans mereka.

4. Clean sheet ketiga Romsdale 

5 Fakta di Balik Laga Arsenal Vs. Burnley, Diwarnai Bentrok Suporter!potret Aaron Ramsdale (90min.com)

Kedatangan Christopher Ramsdale awalnya menjadi tanda tanya besar bagi penggemar Arsenal. Mengingat sebelum hijrah ke Emirates, kiper 23 tahun pernah membela klub yang degradasi secara berurut-turut. Namun, penampilan di Arsenal justru lebih baik dari Bernd Leno.

Ramsdale mampu melakukan kordinasi untuk mengatur pertahanan Arsenal. Pada laga melawan Burnley, sang kiper berhasil mengklaim 5 umpan silang dan 3 kali penyelamatan. Sejauh ini, Ramsdale telah menyelesaikan tiga kali pertandingan untuk The Gunners dan semuanya berakhir clean sheet.

5. Momentum kebangkitan Arsenal

5 Fakta di Balik Laga Arsenal Vs. Burnley, Diwarnai Bentrok Suporter!potret Odegraad merayakan gol (90min.com)

Mengawali tiga pertandingan Premier League dengan kekalahan. Arsenal mulai bangkit dengan kemenangan atas Norwich City pekan lalu.Disusul tiga poin keduanya di kandang Burnley.

Hasil tersebut menjadikan Arsenal terus menjaga asa bersaing di Premier League. Di sisi lain, tren positif ini bisa menjadi modal berharga pada laga selanjutnya. Pasalnya, pada pekan berikutnya Arsenal akan menjamu sesama klub London, Tottenham Hotspur.

Demikian tadi, lima catatan menarik pada laga Burnley kontra Arsenal. Kemenangan ini, membuat Arsenal mulai merangkak naik dari papan bawah klasemen. Sementara, hasil laga ini menjadi pukulan bagi Burnley yang belum sekali pun meraih kemenangan di pentas Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak sebelum Berusia 20 Tahun

Artha Pradhika Photo Verified Writer Artha Pradhika

Menulis hanya untuk menghabiskan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya