Comscore Tracker

5 Fakta Patahnya Dominasi USA di Olimpiade 100m Gaya Punggung Putra 

Ada juara baru, nih! #Tokyo2020 #IDNTimesSport

Dominasi USA di nomor gaya punggung putra harus terhenti pada Olimpiade Tokyo 2020. Hal itu terjadi setelah dua perenang Rusia berhasil menyabet medali emas dan perak.

Evgeny Rylov berhasil mengalahkan juara bertahan sekaligus pemegang rekor dunia dari USA saat berlaga di Tokyo Aquatics Center, Selasa (27/7/2021). Hasil ini menghentikan dominasi  gemilang tim renang USA dalam enam edisi Olimpiade terakhir.

Simak faktanya lebih dalam lewat artikel berikut ini!

1. Rusia raih emas dan perak di nomor 100 meter gaya punggung putra

5 Fakta Patahnya Dominasi USA di Olimpiade 100m Gaya Punggung Putra Evgeny Rylov, perenang Rusia meraih medali emas nomor 100 meter gaya punggung putra. (japantoday.com)

Bertanding di Olympic Pool Tokyo, dua perenang Rusia, Evgeny Rylov dan Kliment Kolesnikov sukses meraih hasil yang membanggakan.

Evgeny Rylov mendulang emas usai mencatatkan waktu 51.98 detik dalam nomor 100 meter gaya punggung putra. Kompatriotnya, Kliment Kolesnikov berhasil finish di belakang Evgeny dengan catatan waktu 52.00 detik dan berhak mengantongi medali perak Olimpiade Tokyo 2020.

2. Juara bertahan raih perunggu

5 Fakta Patahnya Dominasi USA di Olimpiade 100m Gaya Punggung Putra Ryan Murphy, perenang USA (usatoday.com)

Juara bertahan, Ryan Muprhy, harus puas dengan perolehan medali perunggu. Ryan kalah cepat dari dua perenang Rusia dengan catatan waktu 52.19 detik.

Kendati demikian, Ryan Murphy merasa cukup puas dengan hasil tersebut. Ryan mengaku ini adalah hasil terbaik yang dapat ia berikan mengingat persaingan di Olimpiade kali ini begitu ketat.

"Itu adalah backstroke heat tercepat! Untuk menjadi bagian dari itu, tadi adalah renang terbaikku tahun ini. Hal ini menyenangkan karena bisa melakukannya di tengah tekanan final Olimpiade yang ketat, " terang Ryan seperti dilansir USA Today, Selasa (27/7/2021).

Pada Olimpiade Rio 2016 yang lalu, pemegang rekor dunia ini berhasil meraih medali emas di nomor 100 meter dan 200 meter.

Baca Juga: Menunggu Hampir Seabad, Filipina Akhirnya Raih Emas Olimpiade

3. USA selalu raih hasil bagus di nomor gaya punggung putra

5 Fakta Patahnya Dominasi USA di Olimpiade 100m Gaya Punggung Putra tim renang USA (time.com)

Dalam enam perhelatan Olimpiade terakhir, perenang USA nomor 100 meter gaya punggung selalu meraih medali emas. Hal ini membuat perenang USA selalu menjadi rival terberat.

Namun, rekor tersebut rupanya harus kandas pada helatan Olimpiade Tokyo 2020 ini. 

4. Profil dan prestasi Evgeny Rylov

5 Fakta Patahnya Dominasi USA di Olimpiade 100m Gaya Punggung Putra Evgeny Rylov, perenang Rusia (swimmingworldmagazine.com)

Dilansir Swimswam, Evgeny Rylov merupakan perenang Rusia kelahiran tahun 1996. Ia pertama kali mengikuti Olimpiade pada tahun 2016 lalu. Di usianya yang muda, kala itu ia berhasil meraih medali perunggu dalam nomor 200 meter gaya punggung putra.

Tak hanya Olimpiade, prestasi Rylov juga bagus di ajang Kejuaraan Dunia. Ia meraih medali pertama perunggu pada Kejuaraan Dunia 2015 nomor 200 meter gaya punggung. Di tahun 2017, ia meraih medali emas nomor 200 meter dan meraih perunggu di nomor 4 x100 medley relay.

Sementara di tahun 2019, ia mempertahankan medali emas di nomor 200 meter gaya punggung, meraih medali perak di nomor 4 x100 free relay, 100 meter gaya punggung, dan 50 meter gaya punggung, serta medali perunggu 4 x100 medley relay.

5. Jadi sorotan karena menjadi pemutus tradisi emas tim renang USA

5 Fakta Patahnya Dominasi USA di Olimpiade 100m Gaya Punggung Putra Evgeny Rylov, perenang Rusia (reuters.com)

Nama Rylov menjadi sorotan lantaran menjadi pemutus tradisi emas tim renang USA di nomor 100 meter dalam enam Olimpiade terakhir.

Baik Rusia dan USA masih memiliki peluang untuk memperbanyak koleksi medali emas dari cabang olahraga renang. Beberapa nomor lain akan dipertandingkan dalam beberapa hari ke depan.

Semoga perenang dari Indonesia juga mampu turut membawa pulang medali dari cabang olahraga renang ini ke tanah air, ya!

Baca Juga: Indonesia Melorot, Klasemen Medali Olimpiade Tokyo Panas

Arya Sarimata Photo Verified Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya