Khabib Todong UFC Ciptakan Duel Idaman Oliveira Vs Islam

Khabib heran UFC tak kasih Islam kesempatan

Jakarta, IDN Times - Legenda Ultimate Fighting Championship, Khabib Nurmagomedov, buka suara soal hasil yang muncul dalam UFC 274, Minggu (8/5/2022). Bagi Khabib, kemenangan Charles Oliveira atas Justin Gaethje, telah membuktikan kalau UFC sudah seharusnya menciptakan duel impian di kelas ringan.

Maksud Khabib, UFC seharusnya memberikan kesempatan kepada sepupunya, Islam Makhachev, untuk berduel memperebutkan sabuk juara. Lawannya, siapa lagi kalau bukan Oliveira.

"Apakah ada pertarungan lain yang lebih menarik ketimbang Islam versus Oliveira? Tolong ciptakan duel antara keduanya di Abu Dhabi pada 22 Oktober 2022. Tentukan juara yang sebenarnya," cuit Khabib.

1. Sabuk kelas ringan UFC tak bertuan

Khabib Todong UFC Ciptakan Duel Idaman Oliveira Vs IslamInstagram @charlesdobronxs / Juara baru kelas ringan UFC, Charles Oliveira

Sabuk kelas ringan UFC memang tak bertuan. Akibat Oliveira kelebihan berat badan saat sesi weigh in jelang tarung, sabuk juaranya harus dicopot. Itu sudah sesuai aturan dari UFC.

Pun, meski menang atas Gaethje, Oliveira tak bisa merebut kembali sabuk juaranya. Hal ini tentu menimbulkan kontroversi. Banyak yang mencibir Oliveira karena dianggap tak profesional. Apalagi, Oliveira sejauh ini jadi satu-satunya juara yang mengalami hal tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] Charles Oliveira Bekuk Justin Gaethje di UFC 274

2. Oliveira membela diri

Khabib Todong UFC Ciptakan Duel Idaman Oliveira Vs IslamInstagram @charlesdobronx / Aksi juara baru kelas ringan UFC, Charles Oliveira, saat hajar Michael Chandler

Oliveira punya pembelaan atas apa yang menimpanya. Menurut sang pelatih, Diego Lima, Oliveira sebenarnya sudah memenuhi batas ambang kelas ringan, 70 kilogram. Pada malam hari jelang duel, Oliveira sempat menimbang bobot tubuhnya di kamar hotel.

Kala itu, bobot Oliveira adalah 70 kilogram dan direkam lewat akun media sosialnya. Namun, pada sesi weigh in, bobot Oliveira kelebihan 0,5 kilogram.

Lima merasa ini kesalahan kalibrasi dari timbangan yang dikeluarkan UFC. Maka dari itu, dia tak terima jika Oliveira dianggap tidak profesional.

"Cuma ada satu nama yang jadi juara. Tuhan tahu itu, dia adalah Charles Oliveira," tegas Do Brox (julukan Oliveira) usai mengalahkan Gaethje. 

3. Oliveira tak mau Islam, tapi Conor McGregor

Khabib Todong UFC Ciptakan Duel Idaman Oliveira Vs Islamskysports.com

Oliveira ternyata tak berniat berduel melawan Islam. Ada petarung lain yang begitu diminati oleh Oliveira.

Pria Brasil itu ingin menghadapi petarung bermulut besar asal Republik Irlandia, Conor McGregor. Menghadapi mantan juara di dua divisi itu, menurut Oliveira, akan menegaskan statusnya sebagai raja kelas ringan yang sebenarnya.

Sejauh ini, Oliveira sudah mengalahkan sejumlah petarung papan atas di kelas ringan. Dustin Poirier, Michael Chandler, Tony Ferguson, dan Gaethje, sudah dibuat keok oleh Oliveira.

Baca Juga: [BREAKING] Tendangan Maut Bintang UFC Bikin Rival Khabib Nurmagomedov KO

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya