Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Iglesia Maradoniana, Agama Pemuja Diego Maradona

di Argentina ada tempat ibadah untuk para pemuja Maradona

Publik sepak dunia berkabung dengan meninggalnya salah satu legenda sepak bola asal Argentina, Diego Armando Maradona. Ia memang sudah tiada, namun kenangannya akan terus diingat pencinta sepak bola. Tak bisa dipungkiri, Maradona adalah sosok ikonik dalam dunia sepak bola. Tak heran jika pemain berkebangsaan Argentina itu memiliki banyak penggemar di seluruh dunia.

Tak hanya menyukai sebagai pesepak bola, beberapa dari penggemarnya bahkan ada yang menganggapnya sebagai Tuhan maupun Dewa. Khususnya di Argentina ada tempat ibadah khusus untuk para pemuja Diego Maradona. Tempat tersebut disebut Iglesia Maradoniana atau gereja Maradona. Terdengar berlebihan memang, namun mereka nyatanya mereka ada.

1. Maradona dianggap sebagai Tuhan

5 Fakta Menarik Iglesia Maradoniana, Agama Pemuja Diego Maradonatwitter.com/Buchi_Laba

Umumnya nama pesepak bola hanya akan tertulis di jersey sang pemain. Namun berbeda dengan Diego Maradona, di mana pemain berjuluk El Pibe de Oro itu dipuja layaknya dewa. Pada Rabu (25/11/2020) waktu setempat, sang legenda menghembuskan nafas terakhir. Para penggemarnya di Argentina berduka hingga pemerintah mengumumkan hari berkabung nasional selama 3 hari.

Para pengikut Iglesia Maradoniana tentu saja menjadi yang terpukul dengan kabar ini. Iglesia Maradoniana sendiri merupakan tempat ibadah untuk aliran yang mempercayai Maradona adalah pesepak bola terbaik di dunia. Aliran ini sering menyebut sang idola dengan D10S, atau Dios yang dalam bahasa Spanyol berarti Tuhan.

2. Sejarah terbentuknya Iglesia Maradoniana

5 Fakta Menarik Iglesia Maradoniana, Agama Pemuja Diego Maradonafutbolred.com

Iglesia Maradoniana bukanlah tempat yang baru baru saja di bangun. Aliran ini mendirikan Iglesia Maradoniana pada 30 Oktober 1998, atau setahun setelah Maradona gantung sepatu. Pendirinya adalah tiga penggemar Maradona, yaitu Hector Campomar, Alejandro Veron dan Hernan Amez di Rosario, Argentina. 

"Agama kami adalah sepak bola, dan sebagaimana agama lainnya, harus punya tuhan. Kami tidak akan pernah lupa dengan keajaiban yang Maradona ciptakan di atas lapangan dan semangat yang ia bangun dalam diri kami." Kata Alejandro Veron, dilansir The Guardian, 2008.

Baca Juga: 6 Pesepak Bola Terbaik dalam Sejarah Argentina, Messi Hingga Maradona!

3. Ritual dan hari khusus

5 Fakta Menarik Iglesia Maradoniana, Agama Pemuja Diego Maradonamarca.com

Dilansir dari 90min.com, pengikut Iglesia Maradoniana diperkirakan telah mencapai 120.000-200.000 orang yang tersebar di 130 negara. Sama halnya dengan agama lainnya, Iglesia Maradoniana juga memiliki ritual hingga hari khusus untuk dirayakan. Mereka memiliki lagu-lagu pujian yang mirip dengan lagu di Gereja, hanya saja beberapa liriknya diganti.

Untuk hari khusus, tanggal 22 Juli diperingati sebagai hari Paskah, di mana tanggal tersebut merupakan terjadinya gol 'Tangan Tuhan' Maradona ke gawang Inggris. Sementara tanggal 30 Oktober diperingati sebagai hari Natal, karena bertepatan dengan kelahiran 'Tuhan' mereka.

4. Perintah wajib bagi para pengikut

5 Fakta Menarik Iglesia Maradoniana, Agama Pemuja Diego Maradonaespn.com

Para pemuja Maradona benar-benar menyerupai seperti sebuah agama. Selain ritual dan hari khusus, mereka juga memiliki perintah wajib bagi para pengikutnya. Setidaknya ada 10 perintah khusus yang harus dilakukan pengikutnya.

  1. Bola tidak pernah kotor.
  2. Cintai sepak bola di atas segalanya.
  3. Nyatakan cinta tanpa syarat untik Diego dan keindahan sepak bola.
  4. Jaga kostum Argentina.
  5. Sebarkan berita keajaiban Diego ke seluruh alam semesta.
  6. Hormati kuil tempat dia bermain dan kostum sucinya.
  7. Jangan menyatakan Diego sebagai anggota tim mana pun.
  8. Mengkhotbahkan dan menyebarkan prinsip-prinsip gereja Maradona.
  9. Jadikan Diego sebagai nama tengah anda dan beri nama putra pertama Diego.
  10. Jangan hidup terasing dari kenyataan dan jangan menjadi sia-sia. 

Perintah-perintah itu tentu saja terdengar konyol, namun mereka benar-benar mengikutinya.

5. Tak direstui Maradona

5 Fakta Menarik Iglesia Maradoniana, Agama Pemuja Diego Maradonathesefootballtimes.co

Bagi warga Argentina, kesuksesan Maradona membawa La Albiceleste menjuarai Piala Dunia 1986 membuat Maradona terus dipuja. Apalagi dengan insiden gol 'Tangan Tuhan' yang hingga kini masih menjadi misteri. Namun anggapan Maradona sebagai Tuhan tetap saja terdengar terlalu berlebihan, karena Maradona hanyalah pesepak bola biasa seperti pada umumnya.

Hal itu juga diamini oleh sang legenda yang tak ingin dianggap sebagai dewa. Hingga akhir hayatnya, Maradona juga dikabarkan belum pernah mengunjungi Iglesia Maradoniana. Namun anjuran dari 'Tuhan' mereka tak diperhatikan dan dianggap angin lalu, bahkan mereka terus memuja Maradona.

Aliran pemuja Diego Maradona memang terdengar konyol bahkan menggelitikan. Namun pada hakikatnya, setiap manusia memiliki haknya masing-masing. Bagaimana pendapatmu?

Baca Juga: 6 Klub yang Pernah Dibela Diego Maradona Selama Kariernya, Sudah Tahu?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya