Comscore Tracker

5 Klub dengan Raihan Gelar Ballon d'Or Terbanyak Sepanjang Sejarah

Barcelona ungguli Real Madrid! #IDNTimesSport

Ballon d'Or adalah penghargaan individual paling bergengsi di sepak bola. Penghargaan ini dimulai pada tahun 1956. Awalnya, hanya untuk penghargaan pemain Eropa, namun akhirnya diperluas ke semua pemain di klub Eropa pada tahun 1995. Kemudian, diperluas lagi ke setiap pemain di seluruh dunia pada tahun 2007.

Hingga saat ini ada 38 pemain dalam sejarah yang pernah memenangkan penghargaan bergengsi tersebut. Termasuk di antaranya beberapa legenda yang menampilkan penampilan individu yang luar biasa untuk membantu tim mereka meraih banyak gelar. Klub mana saja yang mencatatkan gelar Ballon d'Or hingga saat ini? Berikut ulasannya.

5. Bayern Munich (5 Gelar) 

5 Klub dengan Raihan Gelar Ballon d'Or Terbanyak Sepanjang SejarahFranz Beckenbauer (worldfootballindex.com)

Salah satu klub dengan raihan trofi Ballon d'Or terbanyak hingga saat ini adalah Bayern Munchen. Namun dari kelima gelar tersebut, hanya tiga pemain yang menenangkannya saat berseragam Munchen. Ketiga pemain tersebut adalah Gerd Muller, Franz Beckenbauer dan Karl-Heinz Rummenigge.

Muller menjadi pemain pertama Die Bayern yang raih penghargaan Ballon d'Or, tepatnya pada tahun 1970. Beckenbauer menyusulnya pada tahun 1972 dan mengulanginya pada tahun 1976. Rummenigge juga meraih trofi Ballon d'Or dua kali bersama Bayern. Ia meraihnya dua tahun beruntun, yakni 1981 dan 1982.

4. AC Milan (8 Gelar) 

5 Klub dengan Raihan Gelar Ballon d'Or Terbanyak Sepanjang SejarahAndriy Shevchenko (twitter.com/jksheva7)

AC Milan menjadi klub yang diperhitungkan di Eropa. Faktanya, telah ada delapan pemain yang meraih penghargaan Ballon d'Or saat berseragam Rossoneri. Gianni Rivera adalah pemain Milan pertama yang memenangkan penghargaan Ballon d'Or, yakni tahun 1969. Berikutnya, ada Ruud Gullit tahun 1987 serta Van Basten tahun 1988 dan 1992.

Tahun 1995, giliran George Weah yang meraihnya, sekaligus menjadikan ia sebagai pemain non-Eropa pertama yang raih Ballon d'Or. Andriy Shevchenko, setelah dua kali menjadi nominasi, akhirnya meraihnya pada tahun 2004. Ricardo Kaka menjadi pemain terakhir AC Milan yang raih Ballon d'Or pada tahun 2007. 

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Berhasil Mengubah Sepak Bola, Siapa Saja?

3. Juventus (8 Gelar) 

5 Klub dengan Raihan Gelar Ballon d'Or Terbanyak Sepanjang SejarahPavel Nedved (90min.com)

Juventus menjadi klub Italia paling sukses dalam sejarah. Mereka memiliki enam pemain yang memenangkan delapan penghargaan Ballon d'Or. Paolo Rossi adalah pemain Juventus pertama yang memenangkan penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1982.

Kemudian disusul Michel Platini yang mencetak rekor dengan tiga kemenangan berturut-turut dari 1983 hingga 1985. Dalam dekade berikutnya, Roberto Baggio dan Zinedine Zidane memenangkan penghargaan Ballon d'Or. Pavel Nedved adalah satu-satunya pemain Juventus yang memenangkan penghargaan di abad ke-21, tepatnya pada tahun 2003.

2. Real Madrid (11 Gelar) 

5 Klub dengan Raihan Gelar Ballon d'Or Terbanyak Sepanjang SejarahCristiano Ronaldo (goal.com)

Hingga saat ini Real Madrid telah mencatatkan sebelas kali meraih Ballon d'Or. Tetapi hanya tujuh pemain yang memenangkan penghargaan itu saat berseragam Los Blancos. Dimulai dari Ferenc Puskas pada tahun 1957. Selama dua tahun berikutnya, penghargaan tersebut dimenangkan oleh para pemain Madrid, dengan Raymond Kopa pada tahun 1958, sebelum Puskas merebutnya kembali pada tahun 1959.

Klub harus menunggu hingga pergantian abad ke-21 untuk kembali meraih Ballon d'Or. Luis Figo, Ronaldo Nazario, Fabio Cannavaro, Cristiano Ronaldo dan Luka Modric menjadi pemain yang meraihnya. CR7 telah meraih Ballon d'Or lima kali, dengan empat di antaranya saat membela Real Madrid.

1. Barcelona (12 Gelar) 

5 Klub dengan Raihan Gelar Ballon d'Or Terbanyak Sepanjang SejarahLionel Messi (skysports.com)

Klub dengan raihan trofi Ballon d'Or terbanyak hingga saat ini adalah Barcelona. Total ada enam pemain Barca yang telah bergabung untuk memenangkan 12 penghargaan Ballon d'Or. Lionel Messi menjadi pemain paling ikonik Barcelona dan ​​catatkan rekor Ballon d'Or keenam pada tahun 2019.

Pemain Barcelona pertama yang memenangkan penghargaan Ballon d'Or adalah Luis Suarez pada tahun 1960. Johan Cryuff mengikutinya tiga tahun kemudian dengan kemenangan beruntun. Pada era 90-an, Hristo Stoichkov dan Rivaldo masing-masing memenangkan satu penghargaan Ballon d'Or. Sementara pemain Brasil lainnya, Ronaldinho, mengumpulkan penghargaan bergengsi itu pada 2006.

Patut kita nantikan siapa yang akan menjadi peraih penghargaan Ballon d'Or tahun ini. Dari klub-klub tersebut, adakah tim jagoanmu?

Baca Juga: 10 Pemain Sepak Bola Top Ini Berasal dari Keluarga yang Kaya

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya