Comscore Tracker

5 Lulusan Terbaik Akademi Manchester United dalam 1 Dekade Terakhir

Jadi pilar utama di tim utama #IDNTimesSport

Manchester United adalah klub yang dikenal dengan akademi yang cukup baik. Beberapa talenta sudah diorbitkan ke tim utama dan meraih kesuksesan. Salah satu yang paling diingat adalah class of 92' yang diorbitkan oleh Sir Alex Ferguson.

Dalam satu dekade terakhir, ada juga beberapa lulusan akademi United yang tak kalah sukses. Pada Desember 2019 lalu tercatat pertandingan ke-4000 bagi lulusan akademi di tim utama Setan Merah. Berikut beberapa pemain terbaik lulusan akademi Manchester United dalam satu dekade terakhir.

1. Dean Henderson

5 Lulusan Terbaik Akademi Manchester United dalam 1 Dekade TerakhirDean Henderson (goal.com)

Dean Henderson bergabung dengan akademi Manchester United pada usia 14 tahun. Sebelum menjadi kiper, ia sempat bermain sebagai bek. Perjalanan ke tim utama tidaklah mudah untuk kiper asal Inggris ini. Ia dipinjamkan ke banyak klub dan belum tampil di tim utama.

Stockport County, Grimsby Town, Shrewsbury Town, hingga Sheffield United adalah tim-tim yang pernah meminjamnya. Setelah perjalanan panjang dan melelahkan, Henderson kini bersaing ketat dengan David De Gea untuk menjadi kiper utama Manchester United.

2. Jesse Lingard

5 Lulusan Terbaik Akademi Manchester United dalam 1 Dekade TerakhirJesse Lingard (eurosport.com)

Jesse Lingard memulai karirnya di akademi Manchester United pada tahun 2011. Setelah dipinjamkan ke Leicester City, Birmingham dan Brighton, ia melakukan debut untuk Manchester United pada musim 2014/15. Lingard telah mencetak banyak gol yang mengesankan di United. Ia membantu Setan merah meraih trofi Piala FA, Piala Liga hingga Europa League.

Lingard telah menjadi pemain penting dari skuad United. Tetapi sejak kedatangan Bruno Fernandes, waktu bermainnya telah berkurang secara signifikan. Dia pindah ke West Ham dan telah menghidupkan kembali performanya sejak saat itu. Kini, ia siap kembali untuk bersaing di tim utama United.

Baca Juga: 10 Fakta Raphael Varane, Bek Tangguh Baru Manchester United

3. Mason Greenwood

5 Lulusan Terbaik Akademi Manchester United dalam 1 Dekade TerakhirMason Greenwood (eurosport.com)

Mason Greenwood telah menjadi bintang akademi Manchester United hingga akhirnya masuk tim utama. Kepercayaan yang diberi oleh Ole Gunnar Solskjaer telah dibuktikan dengan baik. Greenwood dianggap sebagai finisher alami terbaik di United, dengan bakatnya ia bisa bersaing dengan pemain top United lain.

Dia sangat kuat di kedua kaki yang membuatnya sangat sulit untuk dikawal. Greenwood saat ini bermain di sayap kanan tetapi ia digadang-gadang sebagai striker masa depan United. Dengan lebih banyak waktu bermain, Greenwood jelas merupakan bintang untuk masa depan.

4. Marcus Rashford

5 Lulusan Terbaik Akademi Manchester United dalam 1 Dekade TerakhirMarcus Rashford (bleacherreport.com)

Marcus Rashford melakukan debutnya di Europa League menyusul cederanya Anthony Martial. Tanpa striker di bangku cadangan, Louis van Gaal terpaksa memainkannya sebagai starter. Dia mencetak dua gol pada debutnya, hingga akhirnya terus diberi kepercayaan. Rashford kini telah berkembang menjadi penyerang kelas dunia yang diberkati dengan kecepatan yang luar biasa.

Dia juga pemain besar, mencetak gol melawan tim seperti Manchester City, Chelsea dan Spurs. Dia telah memantapkan dirinya sebagai pemain reguler di tim. Lulusan akademi United ini telah memenangkan Piala FA, Europa League dan Piala Liga. Masih berusia 23 tahun, dia memiliki banyak waktu dan potensi untuk menjadi lebih baik dan menjadi legenda Manchester United.

5. Paul Pogba

5 Lulusan Terbaik Akademi Manchester United dalam 1 Dekade TerakhirPaul Pogba (skysports.com)

Paul Pogba tidak diragukan lagi adalah lulusan akademi Manchester United yang paling sukses belakangan ini. Dia juga satu-satunya lulusan akademi yang menghabiskan banyak uang. Semuanya dimulai ketika Pogba pergi sebagai pemain gratis setelah perselisihan antara Sir Alex Ferguson dan agennya, Mino Raiola.

Pogba bergabung dengan Juventus, di mana ia membuktikan diri sebagai gelandang muda kelas dunia. Manchester United akhirnya masuk, membayar dengan nilai tinggi saat itu. Namun, performanya di United dinilai belum terlalu maksimal. Ia juga terus dirumorkan dengan kepindahan ke klub lain.

Manchester United memang menjadi klub yang tak ragu memberikan kesempatan untuk para pemain akademinya. Selain pemain di atas, masih ada beberapa pemain lulusan akademi United yang tak kalah berkualitas.

Baca Juga: 6 Pemain Prancis yang Juara Premier League di Manchester United

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya