Comscore Tracker

5 Momen Terbaik dalam Karier Lionel Messi, Bawa Argentina Juara!

Menurut kamu, mana yang paling spesial? #IDNTimesSport

Lionel Messi adalah salah satu pesepak bola terbaik yang pernah ada. Anggapan itu tak bisa disangkal lagi, melihat berbagai prestasi yang pernah diraihnya. Kini, sang megabintang asal Argentina itu telah berusia 34 tahun. Ia juga kemungkinan besar akan melanjutkan masa baktinya di Barcelona.

Selama hampir dua dekade bergabung dengan Blaugrana, ia telah mencetak gol dan memenangkan banyak trofi. La Pulga telah menyumbangkan 672 gol dan 305 assist dalam 778 pertandingan. Di level internasional, Messi juga menjadi tumpuan negaranya. Sepanjang kariernya, Messi tentu saja memiliki banyak momen mengesankan. Namun paling tidak, lima momen ini bisa jadi yang paling mengesankan untuk Messi.

1. Mencetak hattrick ke gawang Real Madrid pada tahun 2007

5 Momen Terbaik dalam Karier Lionel Messi, Bawa Argentina Juara!Lionel Messi (twitter.com/ChampionsLeague)

Lionel Messi mungkin saat ini sudah terbiasa mencatatkan hattrick. Tapi tak banyak yang tahu hattrick pertama yang ia cetak. Messi muda memilih pertandingan dan momen yang tepat untuk mencatatkan hattrick pertamanya. Tepatnya, saat laga super seru melawan Real Madrid di tahun 2007. Saat itu, Barca dan El Real tengah bersaing dalam perburuan gelar LaLiga yang ketat.

Dua kali Los Blancos mencetak gol, dan dua kali pula Messi menyamakan kedudukan. Barcelona kehilangan satu pemain, Real Madrid memimpin untuk ketiga kalinya. Tapi saat Messi datang dengan catatan hattrick pertamanya sekaligus menyelamatkan timnya dari kekalahan. Saat ini ia telah mencatatkan lebih dari 50 hattrick, tetapi yang satu ini akan tetap istimewa.

2. Menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan Liga Champions tahun 2012

5 Momen Terbaik dalam Karier Lionel Messi, Bawa Argentina Juara!Lionel Messi (uefa.com)

Momen kedua ini juga tak kalah spesial bagi seorang Lionel Messi. Tepatnya saat pertandingan 16 besar Liga Champions menghadapi Bayer Leverkusen. Setelah menang 3-1 di leg pertama, satu kaki Barcelona melaju ke perempat final Liga Champions 2011/12.

Meskipun demikian, Blaugrana tetap trengginas dengan Messi menjadi aktor utama. La Pulga sukses menggelontorkan 5 gol sekaligus dalam satu pertandingan. Dan itu adalah yang pertama dalam sejarah Liga Champions. 

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Secara Terang-terangan Mengidolakan Lionel Messi

3. Mencetak gol sundulan melawan Manchester United di final Liga Champions tahun 2009

5 Momen Terbaik dalam Karier Lionel Messi, Bawa Argentina Juara!Lionel Messi (talksport.com)

Lionel Messi telah mencetak banyak gol luar biasa selama karirnya. Namun golnya melawan juara bertahan Manchester United di final Liga Champions tahun 2009 di Roma, menjadi salah satu gol yang spesial. Memimpin 1-0 setelah Samuel Eto'o mencetak gol, Barcelona harus menunggu hingga menit ke-70 untuk mencetak gol keduanya.

Xavi mengirim umpan silang ke tiang jauh, mengarah pada Messi yang sukses menggeliat dari penjagaan Rio Ferdinand. Tampak menggantung di udara, Messi menyundul bola melewati Edwin Van der Sar. Gol itu tentu saja sangat langka karena Messi jarang mencetak gol melalui sundulan. 

4. Messi menjadi pemain pertama yang memenangkan empat Ballon d'Or berturut-turut

5 Momen Terbaik dalam Karier Lionel Messi, Bawa Argentina Juara!Lionel Messi (skysports.com)

Dari tahun 2009 hingga 2012, Lionel Messi adalah pemain terbaik di dunia. Messi memenangkan penghargaan Ballon d'Or yang didambakan semua pesepak bola selama empat tahun berturut-turut. Sebelumnya hanya pemain Prancis, Michel Platini, yang pernah meraih Ballon d'Or tiga kali beruntun, dari tahun 1983 hingga 1985.

Lionel Messi meraih Ballon d'Or keempat beruntun pada tahun 2012. Saat itu, ia mencetak rekor 91 gol di semua kompetisi untuk klub dan negara. Cukup luar biasa, namun Barcelona hanya meraih Copa del Rey. 

5. Messi meraih gelar pertamanya bersama Argentina di tahun 2021

5 Momen Terbaik dalam Karier Lionel Messi, Bawa Argentina Juara!Lionel Messi membawa Argentina juara Copa America 2021 (eurosport.com)

Lionel Messi akhirnya memutus penantian panjang untuk meraih trofi internasional perdananya bersama Argentina. Ia membawa La Albiceleste meraih trofi Copa America 2021. Sebelumnya, Messi selalu kalah dalam empat final turnamen besar berturut-turut. Tiga kali di Copa America (2007, 2015, dan 2016) dan sekali di Piala Dunia 2014.

Mencatatkan penampilan kesepuluhnya di turnamen besar, La Pulga turut menyumbangkan empat gol dan lima assist serta merasakan trofi pertamanya. Pada usia 34 tahun, Messi mendekati akhir kariernya, tetapi trofi internasional perdana bersama negaranya sangat spesial.

Lionel Messi memang tak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya. Capaian di luar maupun di dalam lapangan sudah terbukti dengan jelas.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Menjadi Tandem Messi di Barcelona pada Musim Depan

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya